PERANAN BUMDES TERHADAP PENGELOLAAN ASET VITAL DESA PUKAT KECAMATAN UTAN KABUPATEN SUMBAWA

laelatun Nisa, Baiq Reinelda Tri Yunarni, Rahmad Hidayat

Abstract


ABSTRAK  Laelatun Nisa. NIM 218120063. Peranan Bumdes Terhadap Pengelolaan Aset Vital Desa Pukat Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa.  Keberadaan desa juga menentukan keberhasilan pemerintah dalam hal pembangunan baik itu dari tingkat daerah maupun pusat, Sehingga dalam hal ini kemajuan suatu desa sangat menentukan kemajuan suatu negara. Kesejahteraan masyarakat adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri. Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya di sebut BUMDes ialah suatu lembaga/badan perekonomian desa yang berbadan hukun dibentuk dan dimiliki oleh pemerintah desa, dikelola secara ekonomis mandiri dan profesional dengan modal seluruhnya dan sebagian besar merupakan kekayaan desa yang dipisahkan. Bumdes merupakan lembaga usaha yang bergerak dalam bidang pengelolaan aset desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran BUMDes Rizki Malonto dalam mengelola aset desa apa saja haambatan dalam mengelola aset desa. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : Peran BUMDes Rizki Malonto dalam mengelola desa masih dibilang belum maksimal karena sampe saat ini belum mengoptimalkan peran dalam mengelola aset desa yaitu aset finansial dan aset sarana dan prasarana sebenarnya dapat memberikan potensi agar masyarakat bisa menambah perekonomian dan meningkatkan kesejahteraannya. BUMDes Rizki Malonto sejauh ini masih memiliki hambatan dalam mengelola aset tetapi anggota BUMDes akan mencari solusi untuk menceegah hambatan yang di alami. 

Keywords


Peran BUMDes terhadap pengelolaan aset vital desa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badrudin. 2012. Ekonomi Otonomi Daerah. Bandung : UPP STIM YKPN.

Fahrudin. 2008. Pemberdayaan Paritipasi dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung : Humaniora

Fahrudin. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama

Ibnu. 2018. Pemjelasan (Explanation) Mengenai Tingkat Keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Lampung : Universitas Lampung.

Kamoaroesid. 2004. Tata Cara Pendirian dan Pengelolaan BUMDes. Jakarta : Mitra Wacana Media.

_________.2011. Pembangunan Desa Mandiri Melalui Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jakarta : Mitra Wacana Media.

Lorasa. 2017. Pengaruh Pelaksanakan Program Masyarakat Berkelanjutan (P2MB) Dalam Mendukung Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perpektif Ekonomi Islam (Study di Kelurahan Masyarakat Menurut Sukarame Bandar Lampung). Lampung : Jurusan Ekonomi Fakultas dan Bisnis Islam Negeri Raden Intan.

Maryunani. 2008. Pengembangan BUMDes dan Pemberdayaan Pemerintah Desa. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Miles, Matthew B. & A. Micheal Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI-Press.

Meleong. Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhan, H. 2020. Strategi Alternatif Pengembangam BUMDes di Nusa Tenggara Barat. NTB : Bakti News.

Sartika, R. 2018. Peran dan Kontribusi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Menurut Persektif Ekonomi Islam. Lampung : Universitas Islam Raden Intan.

Setiawan, B. (2020). Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaaan Perekonomian Masyarakat Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v3i1.7571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: