Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Pendidikan (Studi di SDN 44 Mande Kota Bima)
Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 44 Mande Kota Bima, Kelurahan Mande, Kecamatan Mpunda, Kota Bima. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu: (a) Data primer atau data utama, dan (b) Data sekunder atau data pendukung.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) SDN 44 Mande Kota Bima dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) telah berjalan sesuai dengan petunjuk teknis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (JUKNIS BOS), (2) Faktor Pendukung, Adapun factor pendukung dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) adalah sebagai berikut: (a) Dukungan Pemerintah dengan memberikan petunjuk teknis pengelolaan dana BOS dan sosialisasi tentang tata cara pengelolaan dana bantuan operasional sekolah dari Dinas Pendidikan, (b) Terjalinnya bentuk kerjasama yang baik dari pihak pengelola dana BOS, Komite Sekolah dan para Guru, Pemerintah (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota bima), (c) Motivasi yang tinggi dan kinerja yang maksimal untuk mengembangkan kualitas pendidikan, (d) Dukungan dari para guru baik dengan sumbangan pemikiran maupun dengan dukungan tenaga. Sedangkan, Faktor penghambat, Adapun factor penghambat dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yaitu: (a) Waktu pencairan dana sering mengalami keterlambatan, (b) Anggaran yang diperoleh tidak sebanding dengan kebutuhan sekolah, (c) Sekolah dibatasi dalam melakukan perbaikan berat sehingga sekolah masih mengalami kekurangan ruangan, dan (d) Dana bantuan operasional sekolah belum mampu membiayai seluruh program sekolah secara merata/menyeluruh.
Abstract
School Operational Assistance (BOS) is a government program that is basically to provide funding for non-personnel operating costs for education units, targeting all SD / SDLB and SMP / SMPLB / SMPT schools, including One-Roof SD-SMP (SATAP) and Independent Learning Activities Sites (TKB Mandiri) organized by the public, both public and private in all provinces in Indonesia, BOS funds are issued in four quarters for one year (one period), based on existing procedures BOS funds need to be managed in a relevant and effective way. In the implementation of BOS funds , this is divided into 8 standards for the use or flow of BOS funds, namely: Development of Graduation Competencies, Development of Content Standards, Development of Process Standards, Development of Teachers and Education Personnel, Development of School Facilities and Infrastructure, Development of Management Standards, Development of Funding Standards, Development and Implementation of Assessment Systems This type of research uses a descriptive type of quality atif. The location of this study was conducted at SDN 44 Mande Kota Bima, Mande Village, Mpunda District, Bima City. data sources in this study consisted of two, namely: (a) Primary data or primary data, and (b) secondary data or supporting data. Based on the results of research and discussion, this study can be concluded as follows: (1) SDN 44 MandeBima City in the management of school operational assistance funds (BOS) has run according to the technical guidelines for managing school operational assistance funds (JUKNIS BOS), (2) Supporting Factors, The supporting factors in managing school operational assistance funds (BOS) are as follows: (a) Support The government by providing technical guidelines on the management of BOS funds and dissemination of procedures for managing school operational assistance funds from the Education Office, (b) Establishing good forms of cooperation from the BOS fund managers, School Committees and Teachers, Government (Education and Culture Office of the City of Bima ), (c) High motivation and maximum performance to develop the quality of education, (d) Support from pa The teacher is good with the contribution of thought and with the support of staff. Meanwhile, the inhibiting factors, the inhibiting factors in the management of school operational assistance funds (BOS), namely: (a) Time of disbursement of funds often experience delays, (b) The budget obtained is not proportional to the needs of the school, (c) Schools are limited in making heavy repairs so that schools still lack space, and (d) School operational assistance funds have not been able to fund all school programs equally / thoroughly.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon, dkk. 2015. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bafadal, Ibrahim. 2012. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fattah, Nanang. 2000. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Rosda Karya.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamiyah, Jauhar. 2015. Pengantar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Matin. 2014. Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Depok: PT Raja grafindo Persada.
Mulyono. 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ripley, Randall B. & Franklin, Grace A. 1986.Policy Implementation and Bureaucracy. The Dorsey Press. Chicago, Illinois.
Widjaya, A. W. 1987. Pengantar Bisnis “Manajemen dan Organisasi. Jakarta: Bina Aksara.
Artikel/Modul/Diktat
Ahmad, Lokman Mohd. 2014. School Operational Funding to Support School Activities.Jurnal Universitas Negeri Malaysia. Diakses melalui http://ijere.iaescore.com/index.php/IJERE/article/view/4463. pada 27 Februari 2019 pukul 21.40 WITA
Anggraini, Ristya Dwi. 2013. Transparansi, Partisipasi, dan Akuntabilitas PengelolaanAnggaran Dana BOS Dalam Program RKAS di SDN Pacarkeling VIII Surabaya. Jurnal. Universitas Airlangga.Diakses melalui http://journal.unair.ac.id/KMP@transparansi,-partisipasi,-dan-akuntabilitas-pengelolaan-anggaran-dana-bos-dalam-program-rkas-di-sdn-pacarkeling-viii-surabaya-article-9273-media-138-category-8.html pada 27 Februari 2019 pukul 21.13 WITA
Arifin. Barnawi.2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Artana, Made, dkk. 2014.Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah(BOS) Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada. Jurnal UniversitasPendidikan Ganesha. Diakses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/4118.pada 27 Februari 2019 pukul 21.20 WITA
Atmaja, R.M.T.E., Harun, C.Z.H., & Ibrahim,S. 2016. Analisis Penetapan Standar BiayaPendidikan Pada SMA Negeri 2 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Jurnal AdministrasiPendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (4)1 : 119 – 128. Diakses melalui https://www.neliti.com/id/publications/72549/analisis-penetapan-standar-biaya-pendidikan-pada-sma-negeri-2-kuala-kabupaten-napada 27 Februari 2019 pukul 21.40 WITA
Bachri, Bachtiar. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi padaPenelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10 (1): 46-62. Diakses melalui http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf pada 27 Februari 2019 pukul 21.40 WITA
Baharudin, dkk. 2013. Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep. Jurnal Universitas Hasanuddin.Diakses melalui http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/042d6c736ed24b30de6f322e11b9cfa6.pdfpada 27 Februari 2019 pukul 21.40 WITA
Baihaqi.2016. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pada SMK Negeri Di Kabupaten AcehBesar.Jurnal Pencerahan (6)1: 1- 9. Diakses melalui https://docplayer.info/30328608-Manajemen-pembiayaan-pendidikan-pada-smk-negeri-di-kabupaten-aceh-besar.htmlpada 27 Februari 2019 pukul 21.58 WITA
Fitri, Afrilliana. 2014. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SekolahDasar Negeri Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi..Jurnal Universitas Negeri Padang.Diakses melalui http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3753 pada 27 Februari 2019 pukul 21.45 WITA
Hasibuhan, Malayu. 2007. Manajemen dasar, Pengertian, dan Masalah.Jakarta: PT Bumi Aksara.Https:// andimpi.blogspot. com/2013/06/pembiayaan-pendidikan-di-indonesia.html.Diakses pada 27 Februari 2019 pukul 21.23 WITA.
Https://belajarpsikologi.com/pentingnya-pendidikan-bagi-kehidupan/. Diakses 27 Februari 2019 pukul 21.35 WITA.
Https://cnnindonesia.com/nasional/20160521103521-20-132385/penyimpangan-dana-bos-terjadi-karena-pelanggaran-regulasi. Diakses 13 Maret 2019 pukul 09.45 WITA.
Https://silabus.org/pengertian-pendidikan/. Diakses 27 Februari 2019 pukul 22.02 WITA.
Ismaya. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama Jakarta:Bumi
Aksara.
Kaswandi. 2015. Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SDN 027 Tarakan. Jurnal Universitas Sam Ratulangi. Diakses melalui http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2201 pada 27 Februari 2019 pukul 21.48 WITA
Kiprono, Faith J. Dkk. 2015.An Assessment Of School Management Committees’Capacity In The Implementation Of Fpe Funds In Public Primary Schools: A Survey Of Eldoret East District, Kenya. Diakses melalui http://ir.mu.ac.ke:8080/xmlui/bitstream/handle/123456789/1945/Joyce%20et%20al%2C%202014..pdf?sequence=1&isAllowed=y pada 27 Februari 2019 pukul 21.35 WITA
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Diakses melalui https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdfpada 27 Februari 2019 pukul 21.24 WITA
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelengaraan Pendidikan.Diakses melalui https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/PP-66-Tahun-2010.pdf pada 27 februari 2019 pukul 21.04 WITA
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Pengunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2013.Diakses melalui https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/11/bn1375-2012.pdf pada 27 februari 2019 pukul 21.10 WITA
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2017tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah. Diakses melalui http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2560/permendikbud-nomor-26-tahun-2017-petunjuk-teknis-bantuan-operasional-sekolah pada 16 agustus 2019 pukul 19.20 WITA
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.Diakses melalui https://kemenag.go.id/file/dokumen/PP1905.pdf pada 27 Februari 2019 pukul 20.44 WITA
Permendiknas No. 24 Tahun 2007tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).Diakses melalui https://disdik.tebingtinggikota.go.id/peraturan-menteri/25-permendiknas-no-24-tahun-2007 pada 27 februari 2019 pukul 19.55 WITA
Suyatmini. Widyatmoko, Subkhi. 2017. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SDN Kemasan I Surakarta. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses melalui http://eprints.ums.ac.id/52171/ pada 27 februari 2019 pukul 19.56 WITA
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.Diakses melalui https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/
UU_no_20_th_2003.pdf pada 27 februari 2019 pukul 19.59 WITA
Waluyo, Kiky Bagus. 2012. Efektivitas Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Pengelolaan Dana BOS di SDN Pacarkeling 1 Surabaya). Jurnal Universitas Airlangga. Diakses melalui http://repository.unair.ac.id/16347/ pada 27 februari 2019 pukul 20.20 WITA
DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v7i2.1269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:
EDITOR'S OFFICIAL: