EFEKTIFITAS PEMASARAN POLITIK (PULL MARKETING) TERHADAP KEMENANGAN ABM-ENNY PADA PEMILIHAN GUBERNUR SULAWESI BARAT TAHUN 2017

sadar bahtiar, rifaid rifaid

Abstract


Information Communication Technologi (ICT) merupakan sarana yang sangat berperan atas perubahan kehidupan masyarakat. Kebisaan masyarakat kini bergeser masuk kedalam pemanfaatan TIK, meninggalkan cara lama menuju cara baru. Demokrasi digital adalah salah satu bentuk penggunaan TIK dalam area politik. Demokrasi digital merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan media internet dalam ruang lingkup politik. Pemanfaatan media internet dengan beberapa jenis platform kini menjadi wadah bagi pelaku politik praktis untuk melakukan kampanye politik. Pengunaan media internet dalam ranah politik bukan hanya dilakukan oleh para kontestan politik melainkan juga dilakukan oleh para penyelenggara dan pengwas pemilihan seperti KPU, BAWASLU dan beberapa Lembaga lain dengan peran dan koridor masing-masing. Media internet dengan beberapa jenis platform media sosial adalah wadah dalam menyampaikan pesan politik kepada masyarakat. Penelitian ini menggunankan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data derskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pemasaran politik (pull marketing) terhadap kemenangan ABM-Enny. Hasil penelitian menunjukkan bahawa pemasaran politik Pull marketing ABM-Enny bersama timnya dalam kemenangan pada pemilihan gubernur Sulawesi Barat tahun 2017 cukup efektif. Hal itu tercapai karena kemampuan aktivitas pemasaran politik yang dilakukan, dengan menggunakan strategi pull marketing yang dikombinasikan dengan strategi pemsaran politik yang lainnya seperti startegi push marketing dengan pass marketing. Yaitu pemanfaatan media sosial dalam mobilisasi massa yang sebelum melakukan kunjungan langsung kelapangan (pull marketing). Pemasaran politik yang dilakukan melalui media sosial juga dimanfaatakna dengan strategi menghadirkan para figur yang dianggap berpengaruh sehingga dapat pula mempengaruhi pilihan masyarakat (pass marketing).


Full Text:

PDF

References


Ardha, B. (2014). Sosial Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 Di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi Volume 13, No. 01, Mei 2014: 105-120

Firmanzah. (2018). Marketing Politik .Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Haroen, D. (2014). Personal Branding: Kunci Sukses Berkiprah Di Dunia Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, L, J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2014). Media Sosial Dan Partisipasi Sosial Di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Visi Komunikasi Volume 13, No. 01, Mei 2014: 50-68

Nurfalah, F. & Wihayati, W. (2013). Persepsi Khalayak Dalam Penggunaan Media Jejaring Sosial Untuk Kampanye Politik. Jurnal SIGNAL Vol 4, No 1 (2016)

Nursal, A. (2004). Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pangeman, M. J. (2013). Pemasaran Politik Pada Pemilukada (Studi Pemasaran Politik Pasangan Hanny Sondakh dan Maximiliam Jonas Lomban, SE, M. Si Pda Pemilukada di Kota Bitung Tahun 2010),. Jurnal Politico, 1 (3).

Ratnamulyani, I. A. & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. Vol . 20, No. 2, Juli 2018: 154 – 161

Riciani, A. A. (2016). Peran Komisi Pemilihan Umum Raya Melalui Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Pemilu Raya Prodi PPKN Unesa Periode 2016-2017. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 03 Nomor 04 Tahun 2016, 1810 – 1824

http://www.transtipo.com/news/agus-ambo-djiwa-pasangan-abm-enny-unggul-70-persen-matra/

https://8enam.com/hadir-kampanye-abm-enny-aas-jadikan-mambi-lautan-manusia/

http://makassar.tribunnews.com/2017/02/27/ini-hasil-akhir-rekap-suara-pilgub-sulbar

http://news.rakyatku.com/read/39111/2017/02/18/inilah-hasil-akhir-real-count-pilgub-sulbar-2017

https://www.antaranews.com/berita/434118/golkar-sulbar-unggul-suara-demokrat-menang-kursi

http://news.rakyatku.com/read/32123/2016/12/20/jumlah-dpt-pilgub-sulbar-840-091-ini-sebarannya




DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v8i2.2664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: