ANALISIS E-GOVERNMENT DALAM PENERAPAN APLIKASI SAPO RANCAK DI DPMPTSP KOTA PADANG

Ahmad Rusdi, Roni Ekha Putera, Kusdarini Kusdarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan e-government dalam pelayanan aplikasi Sapo Rancak di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori balanced e-government scorecard sebagai alat analisis pemerintah menerapkan e-government dalam pelayanannya dengan lima dimensi yaitu, manfaat, efisiensi, partisipasi, transparansi, dan manajemen perubahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan penelitian ini ditentuknan dengan teknik purposive sampling dan menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-government dalam penerapan aplikasi Sapo Rancak untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi perizinan belum maksimal. Hal ini dikarenakan masih belum terlaksanannya beberapa indikator yang terdapat pada dimensi penerapan e-government oleh pemerintah pada DPMPTSP Kota Padang. Hal ini dibuktikan pada dimensi manfaat, yaitu indikator kemudahan akses oleh stakeholders. Pada indikator tersebut, masyarakat masih datang ke Mal Pelayanan Publik Kota Padang untuk di ajarkan cara menggunakan layanan aplikasi Sapo Rancak. Kemudian pada dimensi partisipasi, masih belum terpenuhinya dua indikator yang dapat mendukung keterlibatan dan membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan perizinan, yaitu indikator tersedianya fasilitas chatting, forum, mils, dan akses langsung masyarakat melalui web terhadap orang berkepentingan.


Keywords


e-government; sapo-rancak; pelayanan publik

Full Text:

PDF

References


Lexy J. Moleong, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Aylordan Bodgan, (2006). Metode Penelitian Sosial, beberapa alternatif pendekatan, Jakarta, Kencana.

AfrizaL, (2014). Metode Penelitian Kualitatif; Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu, PT Rajawali Grafindo Persada, Jakarta,

Singarimbun, Masri. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono, (2010). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Indrajit, Richardus Eko, (2006). Elektronic Government : Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital, Yogyakarta: Andi Offset.

Indrajit, Richardus Eko, Dudy Rudianto & Akbar Zainuddin, (2007). Electronic Government in Action: Strategi Implementasi di Berbagai Negara, Yogyakarta: Aptikom

Insititut Teknologi Sepuluh Nopember, (2019) Smart City : konsep, Model, & Teknologi, Surabaya: AISINDO

Artikel Jurnal

Booz, Allen, & Hamilton. (2001). Balanced E-government : E-government Connecting Efficient Administration and Resposive Democracy, Gütersloh, Jerman, Bertelsmann Foundation Publishing House.

Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24-37.

Nur Fadhilah, A. N. I. S., & Prabawati, I. (2019). Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Online Single Submission (Oss) Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Nganjuk. Publika, 7(4).

Rahaju, T. (2018). Analisis Kesiapan Inovasi Layanan Sistem Informasi Manajemen Dan Pelayanan Perizinan Elektronik (Simppel) Di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban. Publika, 6(5).

Husnia, F. N., Hidayat, K., & Dewantara, R. Y. (2016). Analisis Penerapan Elektronik Pajak Bumi Dan Bangunan (E-Pbb)(Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 9(1).

Arief, V., & Yuardani, A. M. (2018). Efektivitas Penerapan Konsep E-Government Dalam Bentuk Aplikasi Elektronik Kelurahan Pada Kelurahan Sungaibangkong Kecamatan Pontianak Kota Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat. Transformasi: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 155-163.

Raihan, A. H., Amin, M. J., Si, M., Dama, M., Sos, S., & Si, M. (2017). Efektivitas Kebijakan Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Desa Dan Kelurahan (Si-Daleh) Di Desa Rapak Lambur Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara.

Halaman Web

https://kominfo.go.id/content/detail/13373/izin-berusaha-kini-lebih-mudah-pemerintah-meluncurkan-sistem-oss/0/artikel_gpr diakses pada 4 Desember 2020, pada pukul 07.20

https://klikpositif.com/baca/58216/lewat-sapo-rancak-urus-10-perizinan-di-kota-padang-ini-sudah-bisa-secara-online diakses pada 5 Desember 2020 pada pukul 13.20

https://sumbar.antaranews.com/berita/319432/dpmptsp-padang-akui-akses-menuju-mal-pelayanan-publik-cukup-sulit diakses pada 10 Desember 2020 pada pukul 13.00

http://www.topsumbar.co.id/mengurus-perizinan-secara-online-sapo-rancak-diluncurkan/ diakses pada tanggal 2 September 2020 pada pukul 12.40

https://dpmptsp.padang.go.id/ diakses pada tanggal 28 November 2020, pada pukul 20.00

Dokumen

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan Dan Strategi Pengembangan E-Government.

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Peraturan Wali Kota Padang Nomor 63 Tahun 2020 tentang Pendelegasian Kewenangan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Kepada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Peraturan Wali Kota Padang Nomor 106 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perizinan Secara Elektronik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Laporan Kegiatan Pengembangan Aplikasi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Padang 2020.

Surat Perjanjian Kerja (SPK) Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Padang dengan CV. 6000 Group tahun 2020.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v10i1.6650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: