PERSONAL DOKUMENTASI MASYARAKAT MELALUI INSTAGRAM

Hirma Susilawati, Widiastuti Furbani, Iwin Ardyawin

Abstract


Selain menjadi kebutuhan, fenomena penggunaan media sosial online masyarakat memiliki kompleksitas tersendiri dalam tatanan masyarakat. Perubahan fungsi media sosial berdasarkan platform bawaan menandakan banyak alternatif lain yang dapat digunakan masyarakat dalam mencapai sebuah tujuan. Instagram merupakan salah satu media sosial online yang pada platform awalnya ditujukan untuk mengelola dokumen dalam bentuk gambar dan video.  Tujuan tersebut mulai bergeser seiring kebutuhan masyarakat dan pengembangan media sosial itu sendiri. Masyarakat telah menggunakannya guna mencapai tujuan ekonomi, sosial dan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal dokumentasi yang dilakukan masyarakat melalui media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif.  Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa deskripsi penggunaan media sosial Instagram oleh masyarakat sebagai media personal dokumentasi.

Kata Kunci: personal dokumentasi; Instagram; dokumen

Full Text:

PDF

References


Andreans, K. M., & Michael, H. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities od Social Media. 53(1), 61.

Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia? | Databoks. (t.t.). Diambil 23 November 2019, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia

Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: Elex Media.

Daftar Pengguna Instagram Terbanyak di Dunia, Indonesia di Urutan Berapa? | Teknologi. (t.t.). Diambil 23 November 2019, dari Bisnis.com website: https://teknologi.bisnis.com/read/20190629/84/939306/daftar-pengguna-instagram-terbanyak-di-dunia-indonesia-di-urutan-berapa

Hidayanti, R., & Yahya, M. (2017). Peran Media Baru Dalam Membentuk Komunitas Virtual (Studi pada Mahasiswa yang Bergabung Dalam Komunitas Acehvidgram di Instagram). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 2(2), 47–66.

Indonesia Digital 2019: Media Sosial. (2019, Maret 7). Diambil 23 November 2019, dari Websindo website: https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/

Jumlah Pengguna Instagram dan Facebook Indonesia Terbesar ke-4 di Dunia—Tekno Liputan6.com. (t.t.). Diambil 23 November 2019, dari https://www.liputan6.com/tekno/read/3998624/jumlah-pengguna-instagram-dan-facebook-indonesia-terbesar-ke-4-di-dunia

Nurudin. (2004). Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Press.

Pendit, P. L. (2015). Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Suatu Pengantar Diskusi Epistimologi dan Metodologi. Jakarta: Elex Media.

Pengorganisasian Dokumen dalam Kegiatan Kepustakawanan | Nugrohoadhi | Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. (t.t.). Diambil 23 November 2019, dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/584

Saverin, W. J., & Tankard, J. W. (2008). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terpaan di dalam Media Massa. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo-Basuki. (2001). Dasar-Dasar Dokumentasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supradono, B., & Hanum, A. N. (2011). PERAN SOSIAL MEDIA UNTUK MANAJEMEN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PADA LAYANAN E-COMMERCE. VALUE ADDED | MAJALAH EKONOMI DAN BISNIS, 7(2). Diambil dari https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/vadded/article/view/696

What Is Web 2.0. (t.t.). Diambil 23 November 2019, dari https://oreilly.com{file}




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v4i2.11168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: