KAJIAN PERAN PERPUSTAKAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN DI INDONESIA: TINJAUAN LTERATUR SISTEMATIS
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai peran atau kontribusi Perpustakaan di sebuah Lembaga Pemasyarakatan Indonesia bagi Narapidana atau Warga binaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui sejauh mana peran dan manfaat perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan bagi penggunanya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode Systematic Literature Review merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada metodologi penelitian atau riset tertentu dan pengembangan yang dilakukan untuk mengumpulkan serta mengevaluasi penelitian yang terkait pada fokus topik tertentu. Penelitian SLR dilakukan untuk berbagai tujuan, diantaranya untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik, dengan pertanyaan penelitian tertentu dan relevan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan memiliki peran sebagai Literasi informasi, Rehabilitasi, Rekreasi, Pendidikan, Pembinaan, dan Modal sosial, serta Koleksi yang diberikan juga beragam yang sudah diseleksi yaitu berupa bacaan agama, hukum, keterampilan, Informasi terkini, dan karya fiksi.
Full Text:
PDF (81-96)References
Adiyatma, R. (2021). Pelayanan Perpustakaandalampeningkatanpembinaan Anak di LPKA Klas I Kutuarjo. Muqoddimah, 265-271.
Aisharahma, H. (2020). Modal Sosial Sebagai Sarana Meningkatkan Rasa Percaya Diri bagi Narapidana untuk Kembali Berbaur dengan Masyarakat. ANUVA, 441-452.
Ardy, H. K. (2021). PERAN PEMBINAAN LITERASI TERHADAP PERUBAHAN SIKAP DAN TINGKAH LAKU NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB TUBAN. widya Yuridika Jurnal Hukum, 475-484.
Bella, K. O., Indriyani, M., & Fajar, C. (2019). Peran Perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang dalam meningkatkan literasi informasi narapidana. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1). https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.19605
Ilham, B. A. (2020). PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KLAS IIA TANGERANG. Almaktabah, 40-46
Kamariah Tambunan. (2013). Kajian Perpustakaan Khusus Dan Sumber Informasi Di Indonesia. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 34(1), 29–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v34i1.172
Miladina, D. (2019). KONTRIBUSI PERPUSTAKAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PROSES REHABILITASI SOSIAL WARGA BINAAN. Jurnal Ilmu perpustakaan.
Pratama, I. W. (2021). FUNGSI LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM MELAKSANAKAN PEMBINAAN TERHADAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN (WBP) (Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Denpasar). Jurnal Preferensi Hukum, 166-171.
Purba, N. D. (2019). IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NO 31 TAHUN 1999 TENTANG PROGRAM PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A SAMARINDA. Sosiatri-Sosiologi, 1-17.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.
Widari, T. M. (2012). PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK. jurnal Ilmu Hukum, 28-47.
DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v5i1.14114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing: