ANALISIS MODEL RANCANG BANGUN LEMBAGA ARSIP UNIVERSITAS UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN SEBAGAI UPAYA PENGELOLAAN KEARSIPAN

Verry Mardiyanto, Ursa Agniya, Hirma Susilawati

Abstract


Penelitian ini menjelaskan mengenai analisis model rancang bangun lembaga arsip universitas UIN sultan maulana hasanuddin banten sebagai upaya pengelolaan kearsipan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan instrumen wawancara dan observasi secara langsung ke lokasi penelitian serta dengan media online. Hasil yang didapatkan dari analisis model rancang bangun lembaga arsip universitas ini adalah model yang dirancang berupa model yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan sarana prasarana yang dimiliki oleh UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Model yang digunakan berdasarkan istilah dalam keilmuan kearsipan adalah Combined Archives yang berarti arsip yang dikelola oleh arsip perguruan tinggi/universitas ini dapat dipublikasikan sebagai tujuan layanan yang diberikan kepada masyarakat. Model rancang bangun ini digambarkan dalam bentuk gambar model arah panah yang disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan dari arsip yang tercipta dalam kegiatan tersebut. Dampak dengan adanya lembaga kearsipan ini adalah terkelolanya arsip dalam bidang kearsipan baik itu arsip statis dan arsip vital serta arsip aktif dan inaktif dalam lingkungan universitas. Tindak lanjut agar terciptanya arsip universitas ini adalah dengan dukungan dari pimpinan universitas, tersedianya sumber daya manusia yang kualifikasi, anggaran, sistem dan jaringan serta sarana prasarana juga tempat kerja untuk melakukan pengelolaan kearsipan.

Full Text:

PDF (156-174)

References


Anowar Hussain. (2021). Scenario of Archives Management in Some Selected University Libraries of Bangladesh. Library Philosophy and Practice, Oktober, 1–21.

Barut, S. D., & Cabonero, D. A. (2021). Archives in an Academic Library: The Case of a Private University in the Philippines. Library Philosophy and Practice, 2021, 1–28.

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Aktualisasi Metodoligis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Rajawali Pers.

Damalita, S. (2009). Pentingnya Manajemen Arsip di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis (EMAS), 3(1), 1–10. http://library.um.ac.id/images/stories/arsiparis_um/pentingnya manajemen arsip di lingkungan perguruan tinggi - susiasih d.pdf

Handayani, T. (2019). Manajemen Arsip Perguruan Tinggi di Era New Public Service (Sebuah Pemikiran Untuk Arsip Perguruan Tinggi Universitas Diponegoro). Jurnal Kearsipan ANRI, 43, 28–61.

Humas Menpan RB. (2020). Pentingnya Pengelolaan Kearsipan di Perguruan Tinggi. 19 Oktober 2020. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/pentingnya-pengelolaan-kearsipan-di-perguruan-tinggi#:~:text=“Pengelolaan arsip di perguruan tinggi menjadi sangat penting.&text=Arsip tersebut dapat menjadi sumber,dan misi organisasi perguruan tinggi.

Ilmi, B., & Mayesti, N. (2020). Compliance with Functional Requirements for Electronic Records Management Systems in the Best Indonesian Academic Archives. Library Philosophy and Practice, 2020(December), 1–9.

Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Lingkungan Perguruan Tinggi, 54 (2011).

Lolytasari. (2015). Analisis University Archive Institut Pertanian Bogor sebagai Model Rancang Bangun Pusat Arsip Universitas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Al Kuttab Jurnal Perpustakaan Dan Informasi UPT Pusat Perpustakaan IAIN Padang Sidimpuan , 2(1), 91–123. https://doi.org/http://e-journal.perpustakaanstainpsp.net/index.php/alkuttab/article/view/55/pdf_18

Machmoed Effendhie. (2019). Organisasi Tata Laksana dan Lembaga Kearsipan (2nd ed.). Universitas Terbuka. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/asip4209-organisasi-tata-laksana-dan-lembaga-kearsipan-edisi-2/

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Oktaviana, D. (2014). Manajemen Arsip Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (Studi Kuantitatif Deskriptif pada Bidang Kearsipan Universitas Airlangga). 43, 1–19. http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/ln22903e8412full.pdf

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. (2012).

Saenal Abidin, Sitti Husaebah Pattah, A. T. (2022). Tantangan Pegawai Dalam Mengatasi Hambatan Pengelolaan Arsip Vital Pada Departemen Umum Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional IV. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 4 No. 2(September), 151–162. https://www.neliti.com/id/journals/jurnal-ilmu-perpustakaan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. (2009).

Zaenudin. (2013). Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi Indonesia: Bentuk, Tugas dan Kelengkapannya. Jurnal Kearsipan ANRI, 8(1), 36–58.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v5i1.14122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: