MANAJEMEN KONFLIK DALAM ORGANISASI PERPUSTAKAAN SERTA PENANGANAN KELUHAN PEMUSTAKA DALAM LAYANAN INFORMASI

Ida Susilawati, Anis Masruri

Abstract


Penelitian berjudul “Manajemen Konflik Dalam Organisasi Perpustakaan Serta Penanganan Keluhan Pemustaka Dalam Layanan Informasi”, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konflik serta manajemen dalam menangani konflik serta untuk mengetahui keluhan dari pemustaka. Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dimana penulis melihat penelitian-penelitian terdahulu baik dari jurnal, buku, artikel, ataupun laporan-laporan yang berkaitan dengan tema yang diteliti. Hasil dari penelitian ini ialah ada beberapa langkah dalam manajemen konflik seperti Problem Solving, Superordinate Goals, Expansion of Resources, Avoidance, Smoothing, Compromise, Authoritative Command, Intergroup Training, Third Party Mediation. Selain itu ada beberapa keluhan yang diberikan pemustaka salah satunya seperti kurangnya layanan dalam mencari koleksi referensi.

Kata Kunci:

  1. Manajemen Konflik
  2. Keluhan Pemustaka
  3. Konflik

Full Text:

PDF (71-80)

References


Andani, M., Setiawan, F., Hadi, R. A.-… P. Al, & 2022, undefined. (n.d.). Managemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi Sekolah Di Smp Muhammadiyah Al-Manar Boarding School). Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id. Retrieved March 25, 2023, from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JMPD/article/view/6326

Anwar, K. (2018). Urgensi Penerapan Manajemen Konflik dalam Organisasi Pendidikan. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.30659/JSPI.V1I2.3206

Asteria, B., Romanza, M. R., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Wiwaha, W. (2022). Analisis Determinan Faktor Penentu Semangat Kerja Karyawan CV. Bina Inovasi Artha Sejahtera. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 14(1). https://doi.org/10.33747

Cahyadi. (n.d.). Cahyadi, I. N. (2017). Kegiatan Bimbingan Pemustaka Untuk Meningkatkan Layanan Di Perpustakaan - Search. Retrieved March 25, 2023, from

Dalimunthe, S. F. (Syairal). (2016). Manajemen Konflik Dalam Organisasi. Jurnal Bahas Unimed, 27(1), 78255. https://www.neliti.com/publications/78255/

Harahap, D. A. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung). https://www.researchgate.net/publication/353261172

Hasanah, R. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Menghafal Juz’amma Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadist Kelas IV di MIN 1 Pati.

Ilmu, S.-A. M. J. K., & 2019, U. (n.d.). Konflik Dalam Organisasi Perpustakaan; Faktor Penyebab Dan Upaya Pemecahannya. Ejournal.Iainbengkulu.Ac.Id. Retrieved March 25, 2023, from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/almaktabah/article/view/2036

Indriyani, F., Amir Program Studi, A. D., FKIP untan Pontianak, P., Amir Universitas Tanjungpura, A., Profesor Dokter Hadari Nawawi, J. H., & Kalimantan Barat, P. (2022). Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Referensi Di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Jurnal.Untan.Ac.Id, 11, 1789–1795. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.58550

Randi Muliardi, 170503123. (2019). Manajemen Konflik di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sari, & 2020, U. (n.d.). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Ejournal.Uinib.Ac.Id. Retrieved March 25, 2023,

Sudarmanto, E., Sari, D., Tjahjana, D., & Wibowo, E. (2021). Manajemen Konflik.

Sumaryati, N., Yusup, P. M., Khadijah, U. L. S., & Suminar, J. R. (2022). Kecerdasan emosional pustakawan dalam manajemen konflik di perpustakaan perguruan tinggi di Karawang. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 18(1),

Yuliana, C. P. (2018). Peran Pustakawan dalam Manajemen Konflik di Perpustakaan. LIBRIA, 9(2), 241–252. https://doi.org/10.22373/2408




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v5i1.14366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: