PERAN PKBM LINGKARAN SEBAGAI SARANA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA DENAI LAMA

Wiwik Wifebianti, Abdul Karim Batubara, Abdi Mubarak Syam

Abstract


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat hadir agar masyarakat dapat mendapatkan pendidikan yang setara dengan yang lainnya. Pusat Kegiatan Belajar masyarakat menyajikan program pemberdayaan masyarakat dengan upaya membantu masyarakat terbebas dari permasalahan pendidikan dan perekonomian. Program pemberdayaan masyarakat juga diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat serta dapat memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia agar memiliki nilai ekonomis. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggali lebih jauh peran PKBM Lingkaran sebagai sarana Pemberdayaan Masyarakat Desa Denai Lama. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data penyajian, dan data verifikasi. Data yang telah didapat kemudian diseleksi dan dipilah, selanjutnya data-data yang dipilih disajikan ke dalam tabel dan narasi agar memudahkan untuk menarik kesimpulan dari penelitian tersebut. Setelah penelitinya menyimpulkan data sesuai dengan rumusan masalah agar hasil yang didapat menjadi relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pusat kegiatan belajar masyarakat Lingkaran sangat berperan terhadap pemberdayaan masyarakat dan perubahan ekonomi yang hadir di amsyarakat. Dengan adanya program pemberdayaan masyarakat maka terciptalah masyarakat yang mandiri, kreatif dan inovatif. Desa Denai Lama juga dapat menjadi desa wisata yang meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Kata Kunci: desa wisata, ekonomi kreatif, pkbm, pemberdayaan masyarakat


Full Text:

PDF (268-284)

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cv. Syakir Media Press.

Arifah, M. (2020). Peranan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Karangmlati Dalam Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah (Ikm) Batik Demak Tahun 2009–2017. Universitas Diponegoro.

Dr. Nursapia Harahap, M. . (2020). Penelitian Kualitatif (Dr. Hasan Sazali M.A (Ed.)). Wal Ashri Publishing.

Emzir, M., & Pd, M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143.

Fujiaturrahman, S., Muhdar, S., Qudus, M., Mariyati, Y., Winata, A., Milandari, B. D., Sari, N., Bilal, A. I., & Muttaqin, Z. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Tutor Pkbm (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Jces (Journal Of Character Education Society), 5(3), 848–855.

Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif. Ar Rehla: Journal Of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, And Creative Economy, 1(2), 82–110.

Hasrin, D., Fakhri, M., Hidayati, D., & Setiawati, Y. (2023). Peran Pkbm Ulil Absor Dalam Meningkatkan Life Skill Masyarakat Di Desa Jago Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Tamaddun: Jurnal Ilmu Sosial, Seni, Dan Humaniora, 1(1), 38–51.

Iskandar, A. H. (2020). Sdgs Desa Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan. Yayasan Pustaka Oborindonesia.

Juniadi, M., & Heriyanto, H. (2021). Strategi Perpustakaan Umum Dalam Mendukung Program Sustainable Development Goals. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(4), 569–578.

Nazir, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Warga Belajar Pada (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Pkbm Cipta Tunas Karya. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 268–279.

Nurlaella, E. I., & Desmawati, L. (2022). Peran Pkbm Cemerlang Wonosobo Dalam Memberdayakan Perempuan Menuju Kemandirian Berwirausaha. Lifelong Education Journal, 2(1), 33–41.

Peraturan Perpustakaan Nasional Ri No. 7 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Perpustakaan Nasional Tahun 2020-2024. (2020). Perpustakaan Nasional Ri.

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (19th Ed.). Alfabeta, Cv.

Razi, F. (2022). Peranan Pkbm Surya Amanah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12606–12612.

Safitri, A. Y. U. (2020). Peranan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Dalam Masyarakat Di Desa Bonde Kec. Cam Palagian Kab. Polewali Mandar. Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono, D. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif.

Yusuf, A. M. (N.D.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Gabungan. In Kencana (Vol. 59).




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v5i2.17063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: