PENGEMBANGAN KOLEKSI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Rohana Rohana, Widiastuti Furbani

Abstract


Penelitian ini diarahkan pada pengembangan koleksi di UPT perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram. Proses pengembangan koleksi merupakan kegiatan penting di lembaga perpustakaan. Atas dasar itulah penelitian ini menjadi begitu penting guna mencapai ketersambungan informasi dan koleksi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Maka untuk focus penelitian ini diarahkan pada pengembangan koleksi yang meliputi pemilihan (seleksi), pengadaan, evaluasi koleksi, dan penyiangan (deseleksi) koleksi yang ada di UPT Perpustakaan UM. Mataram. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan studi kepustakaan sebagai pendukung. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara (interview). Sedangkan untuk mendapatkan data-data kepustakaan yang menyangkut pengembangan koleksi di UPT perpustakaan UMMAT yang merupakan tema pokok penelitian ini penulis menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini bahwa pengembangan koleksi di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram dilakukan dengan tahapan pengembangan yang mencakup pemilihan (seleksi), analisis pemakai, pembentukan tim seleksi, kriteria seleksi, sumber-sumber seleksi, pengadaan, dan penyiangan koleksi. Bebarapa hal yang belum maksimal seperti tim seleksi bersifat penunjukan atau tidak tertulis (ditunjuk) menjadi bahan evaluasi bagi pengembangan ke depan.


Full Text:

PDF

References


Babbie, Earl. 1980. The Practice of Social Research. California: Belfast.

Bakker, Anton dan Achmad Charis Zubair. 1997. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Basuki, Sulistyo. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Lasa Hs. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka book Publisher.

Lupone, George (ed.). 2009. New York: Routledge Taylor & Prancis Group.

Moeleong, Lexy. 1995. Penelitian Kualitatif, Fenomena Sosial dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Rosdakarya.

Nazir, Moh. 1981. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nakosteen, Mehdi. 1996. Kontribusi Islam atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad keemasan. Surabaya: Risalah Gusti.

Qalyubi, Syihabuddin, dkk. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI) Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Suprayogo, Imam dan Tobroni. 2003. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: Rosdakarya.

Sutarno NS. 2005. Tanggung Jawab perpustakaan. Jakarta: panta Rei.

Tim Panitia Teknis Bidang Perpustakaan Standar Nasional Indonesia. 2010. Standar nasional Indonesia (SNI) Bidang perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan nasional RI.

Undang-Undang republic Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v1i2.1741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: