CAPACITY BUILDING MELALUI BIMBINGAN PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DESA

Iskandar Iskandar, Amin Saleh

Abstract


Perpustakaan Nasional melalui program trasformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial siap mewujudkan keberadaan perpustakaan sampai ke setiap desa melalui pembimbingan pengembangan perpustakaan desa dengan cara pendampingan dan penerapan program di perpustakaan desa.

Perpustakaan desa menjadi bagian dari sistem sosial yang berperan untuk mengembangkan karakter, kompetensi dan literasi masyarakat yang dapat dijadikan sebagai daya saing masyarakat pedesaan untuk mengimbangi terjadinya percepatan program pembangunan pemerintah pusat

Program perpustakaan desa di dukung oleh Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Provinsi, Perpustakaan Kabupaten sebagai strategi perpustakaan untuk mewujudkan pelayanan tanpa membedakan status, pekerjaan, ekonomi, jabatan, pendidikan dan sosial budaya sehingga perpustakaan tersedia untuk menjadi kebutuhan setiap masyarakat sepanjang hayat yang terdekat.

Full Text:

PDF (38-44)

References


Perpustakaan nasional Ri. 2011. Standar perpustakaan desa/kelurahan SNP005:2011 Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2011.

Perpustakaan Nasional Repoblik Indonesia. 2007. Naskah akademik undang-undang perpustakaan (naskah tidak diterbitkan). Jakarta: PNRI.

Panduan Trasformasi Perpustakaan yang berkelanjutan. 2019. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Sutarno NS. 2004, Tanggun Jawab Perpustakaan; jakarta, Bandar buku.

Basuki Sulistiyo, 1993, Pengantar ilmu Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v2i1.2221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: