INOVASI PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 ENREKANG

Nurul Israwanti, Madinatul Munawwarah Ridwan, Ismaya Ismaya, Andi Ahmad Chabir Galib, Karmila Karmila

Abstract


Perpustakaan SMA Negeri 5 Enrekang merupakan pusat penyedia informasi yang diharuskan memberikan akses dan layanan informasi kepada pemustaka. Sebagai pustakawan yang profesional diharapakan mampu membuat sebuah terobosan atau ide–ide yang mampu menarik pengunjung ke perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, data yang yang dikumpumpulkan dengan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi yang diterapkan oleh pustakawan dalam meningkatkan minat kunjung siswa di Perpustakaan SMA Negeri 5 Enrekang. Tiga hasil penelitian utama yang diselidiki adalah inovasi layanan sirkulasi, promosi, dan komunikasi, serta pengelolaan koleksi.Pertama, inovasi layanan sirkulasi mempertimbangkan efektivitas pencatatan peminjaman dan pengembalian buku selama periode paling ramai di perpustakaan, terutama saat awal tahun ajaran baru. Kedua, strategi promosi yang dilakukan sekali setahun pada saat penerimaan siswa baru untuk meningkatkan kesadaran dan minat siswa dalam berkunjung ke perpustakaan. Terakhir, pengelolaan koleksi melalui kolaborasi antara pustakawan, guru, dan kepala sekolah untuk memastikan kebutuhan siswa terpenuhi dan bahan bacaan yang relevan tersedia.Melalui pengumpulan data kualitatif dan observasi langsung, penelitian ini menyoroti dampak inovasi-inovasi tersebut terhadap minat kunjung siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam frekuensi kunjungan siswa ke perpustakaan, serta peningkatan penggunaan layanan dan koleksi perpustakaan secara keseluruhan.Penemuan ini menegaskan pentingnya peran aktif pustakawan dalam mengembangkan inovasi-inovasi kreatif untuk mempromosikan perpustakaan sebagai pusat sumber daya yang vital bagi pendidikan di SMA Negeri 5 Enrekang dan mungkin dapat diterapkan di sekolah lain untuk meningkatkan minat baca siswa secara keseluruhan.


Full Text:

PDF (71-84)

References


Arsita, D. A., & Nurwidawati, D. (2016). Hubungan kepuasan layanan perpustakaan dengan minat kunjungan siswa ke perpustakaan sma negeri 3 Kota Mojokerto. Jurusan Psikologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 3, 1–6.

Arystison, R. (2021). No Title. Manejemen Inovasi Perpustakaan Dalam Meningkatakan Minat Baca Guru Dan Siswa, 7,No.3 202, 10.

Dantes. (2012). No Title. Penelitian Deskriftif, 51.

Direktorat Repositori Multimedia dan Penerbitan Ilmiah BRIN. (2022). Inovasi Pustakawan Lembaga Riset Dalam Transformasi Pengetahuan Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat Di Bidang Riset. Jipka, 2(1), 1–21.

fitria, A. (2018). Efektifitas tata tertib perpustakaan terhadap pola perilaku pengunjung di UPT Perpustakaan UIN AR-RANIRY BANDA ACEH, 101.

Hartono. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah :Menuju perpustakaan moderndan profesional (Yogyakarta :Ar -Ruzz Media).

Iztihana, A., & Arfa, M. (2020). Peran Pustakawan MTSN 1 Jepara dalam Upaya Mengembangkan Minat Kunjungan Siswa pada Perpustakaan. Ilmu Perpustakaan, 9(1), 93–103. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/29974/25002

Moleong. (2013). Lexy J. Metode penelitian kualitatif .

Munib, M., Afif, M., Farida, S., Magfiroh, H., & ... (2022). Inovasi Program Layanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Pelajar Di Perpusda Sampang. Kabillah (Journal of …, 7(14), 85–103. https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/242

Ridwan, R., Rohana, R., & Susilawati, H. (2023). REVITALISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MADRASAH ALIYAH (MA) HIDAYATULLAH MATARAM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2155-2160.

Rodin, R. (2018). Strategi Pustakawan Membagun Kreativitas Di Era Digital.

Rudiansyah. (2018). No Title. Inovasi Erpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Siswa Pada Perpustakaan Di Sekolah Man 1 Baraka Enrekang.

Sudijono, A. (2011). No Title. Evaluasi Pendidikan.Jakarta;Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). No Title. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D.Bandung:Alfhabeta.

Susilowati. (2020). No Title. Inovasi Pustakawan Dalam Pengembangan Perpustakaan Di Masa Covid-19, 12.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v6i1.22295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: