PERAN DIGITALISASI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP LITERASI INFORMASI MAHASISWA DI SULAWESI SELATAN

Andi Ahmad Chabir Galib, Muhammad Nasrul, Ismaya Ismaya, Muh Faizaldi, Muh Nur Ihsan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran digitalisasi perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi mahasiswa di Sulawesi Selatan. Objek penelitian mencakup tiga institusi, yaitu Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis Kalla Makassar, American Corner Library, dan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sinjai. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pustakawan dan mahasiswa pengguna layanan perpustakaan digital. Data dianalisis menggunakan pendekatan analisis tematik, dengan proses reduksi data, kategorisasi, dan interpretasi temuan berdasarkan tema-tema utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi perpustakaan berperan penting dalam mempermudah akses informasi, meningkatkan keterampilan pencarian dan evaluasi sumber, serta mendorong kemandirian belajar mahasiswa. Setiap perpustakaan menunjukkan pendekatan digitalisasi yang berbeda, namun secara umum penggunaan e-library, katalog online, serta platform referensi digital telah memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi informasi mahasiswa. Meski demikian, tantangan seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan pengguna, dan hambatan teknis masih ditemukan di beberapa lokasi. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus kajian terhadap digitalisasi perpustakaan di wilayah Sulawesi Selatan yang masih jarang diteliti secara mendalam, khususnya terkait kontribusinya dalam membentuk keterampilan literasi informasi mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa digitalisasi perpustakaan secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan literasi informasi mahasiswa, dan implikasinya mendorong perlunya kebijakan penguatan infrastruktur digital, peningkatan kompetensi pustakawan, serta penyediaan pelatihan literasi informasi bagi pengguna secara berkelanjutan.


Full Text:

PDF (239-255)

References


American Library Association (ALA, 1989). Literasi Informasi.

Atmi, R. T., Gunarti, E., Mutia, F., & Prihatini, I. C. (2022). Peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 486-497.

Deha, D. (2024). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Lemondial Business School, 10(2).

Ilhami, I., Fadil, M. S. R., Ferina, R., & Assabilla, S. A. (2024). Analisis Tantangan dan Peluang yang dihadapi Perpustakaan di Era Digital. Blantika: Multidisciplinary Journal, 3(2).

Ismaya, I., Syahdan, S., & Galib, A. A. C. (2023). Peranan Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial Guna Peningkatan Literasi Komunikasi Masyarakat di Kabupaten Enrekang. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 5(1).

Jamridafrizal, J., Zulfitri, Z., & Wajdi, M. F. (2024). Perpustakaan Sebagai Institusi Perspektif Organisasi dan Regulasi.

Mailin, M., Rambe, G., Ar-Ridho, A., & Candra, C. (2022). Teori media/teori difusi inovasi. JGK (Jurnal Guru Kita), 6(2), 168-168.

Mathar, T. (2024). Overview of the Library Automation System in South Sulawesi Libraries. Information Technology and Libraries, 43(1).

Nareswari, A. Z. (2025). Integrasi Teknologi Informasi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia; Pendekatan Teori Difusi Inovasi M. Rogers. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 129-137.

Oktavia, A. (2024). Transformasi Manajemen Perpustakaan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Al-Ma'arif: Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 4(2), 147-166.

Putrayasa, I. M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2024). Transformasi literasi di era digital: tantangan dan peluang untuk generasi muda. Education and Social Sciences Review, 5(2), 156-165.

Ridwan, M. M., Nur, R., Marsabessy, S., Premiwati, E., & Ayuni, E. (2024). Implementasi Aspek Hukum Dan Etika Dalam Pengembangan Perpustakaan Digital: Studi Kasus Repository Perpustakaan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), 6(2).

Rustiono, M. P. (2018). Peran Pustakawan Pendidikan Jarak Jauh Di Era Disrupsi: Studi Kasus Di Perpustakaan Universitas Terbuka. Jurnal Pustakawan Indonesia, 17(2).

Saputra, A. (2020). Peran Pustakawan Perguruan Tinggi Dalam Melaksanakan Bimbingan Literasi Digital Di Era Work From Home. Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan, 2(1), 41-56.

Solihin, H. H., Kom, S., Kom, M., Hasan, F. N., Kom, S., Kharisma, I. L., ... & Abdullah, S. S. (2024). Konsep Sistem Informasi di Era Digital. Kaizen Media Publishing.

Sumithra, S. (2024). Exploring the Factors Influencing Usage Behavior of the Digital Library Remote Access (DLRA) Facility in a Private Higher Education Institution in India. Indian Journal of Information Sources and Services, 14(1), 78-84.

Sun, X. (2022). Recent digitalization development of Buddhist libraries: A comparative case study. Digital Folklore of Cyberculture and Digital Humanities, 251-266.

Yu, P.Y. (2023). Operation management of academic libraries in Hong Kong under COVID-19. Library Hi Tech, 41(1), 108-129.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v7i2.33526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2716-0432       

-------------------------------------------------------------------------

Licengcing:

This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.                                                                                                            

-------------------------------------------------------------------------

Indexing by: