EFEKTIVITAS PROGRAM RABU MEMBACA RABU MENULIS (RAME – RAME) TERHADAP MINAT BACA SISWA – SISWI UPT SMP NEGERI 27 MEDAN

Nadilla Ramadhani, Abdi Mubarak Syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program Rabu Membaca Rabu Menulis (RAME-RAME) terhadap minat baca siswa di UPT SMP Negeri 27 Medan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi UPT SMP Negeri 27 Medan kelas VIII sebanyak 310 siswa dengan sampel 76 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Uji prasyarat analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji homogenitas menunjukkan data tidak homogen, sehingga teknik analisis data menggunakan uji Welch’s ANOVA. Hasil penelitian menggunakan uji Welch’s ANOVA menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai signifikansi < 0,001. Temuan ini menunjukkan bahwa program RAME–RAME efektif terhadap minat baca siswa UPT SMP Negeri 27 Medan.

Kata Kunci: Minat Baca; Program Literasi


References


Al Muhandis, M. A., & Riyadi, A. (2023). Analisis Efektivitas Customer First Quality First Approach Pada Training Quality Dojo Dengan Metode Quasi Eksperimen One Group Pretest Posttest Design. Journal of Applied Multimedia and Networking, 7(2), 98–106. https://doi.org/10.30871/jamn.v7i2.6931

Amalia, A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2083–2091. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.558

Casfian, F., Fadhillah, F., Septiaranny, J. W., Nugraha, M. A., & Fuadin, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teori Kontruktivisme Melalui Media E-Learning. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 636–648. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Celik, N. (2022). Welch’s ANOVA: Heteroskedastic skew-t error terms. Communications in Statistics - Theory and Methods, 51(9), 3065–3076. https://doi.org/10.1080/03610926.2020.1788084

Fatimah, U., Aditya, F., Manullang, J. M., & Rachman, F. (2024). Jurnal basicedu. 8(4), 2831–2838.

Harahap, N. H. (2021). Analisis Program Baca Di Alam Terbuka (BADIKA) Terhadap Minat Baca Siswa-Siswi Kelas IX SMP Negeri 27 Kota Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=h-EdtugAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=h-EdtugAAAAJ:YsMSGLbcyi4C

Hasibuan, F. D., & Ain, S. Q. (2024). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Minat Baca pada Siswa Kelas IV di SDN 10 Kecamatan Kandis. 13(2), 1469–1478.

Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa Sd Lab School Fip Umj. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89.

Islam, N. F., & Adela, D. (2023). Implementasi Program Pojok Baca Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN Sawahlega. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2762–2769. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.587

Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.

Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R. E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 703–708. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4813

Lubis, L., Ardyawin, I., & Furbani, W. (2020). Strategi Promosi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Nusa Tengara Barat 2020. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 2(1), 33–37. https://doi.org/10.31764/jiper.v2i1.2220

Mardhiyah Mardhiyah, Nur Afni Dinilhaq, Yona Amelia, Adelia Arini, Rully Hidayatullah, & Harmonedi Harmonedi. (2025). Populasi dan Sampel dalam Penelitian Pendidikan: Memahami Perbedaan, Implikasi, dan Strategi Pemilihan yang Tepat. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(2), 208–218. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i2.1670

Mulyadi, M. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 7(2), 174. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4482

Nasrullah, R., & Surabaya, U. N. (2024). Meningkatkan Literasi Indonesia Melalui Optimalisasi. August.

Pramudita, A., Silvi Assania Turrohmah, Nurul Azmi Herdianti, Rifda Nur Azkiyah, Neng Nenis, Angga Shidiq, & Nastiti Novitasari. (2024). Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Peran Orang Tua Dan Rumah Baca Kita Di Dusun Kidul Desa Buniseuri. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 16–28. https://doi.org/10.62383/risoma.v3i1.443

Puspasari Dewi, R., Ramadhani, R., Amzi Rahayu, R., Media, A., Suriani, A., Hamka, J., Tawar, A., & Barat, S. (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang, Indonesia. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(2), 304–319. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Katalis

Rahmawati, A., Chumdari, C., & Karsono, K. (2021). Analisis penggunaan media dalam pembelajaran tematik ditinjau dari teori belajar konstruktivisme di kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 70–75. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.48975

Rizkiy, M., Siregar, B., Angelina, A. D., & Mohamad, D. N. (2022). Peran Literasi Baca Tulis Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Tsnawiyah Negeri. 3, 149–159.

Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775. www.perpusnas.go.id

Stitnu, C., Farabi, A., Sman, A., Vol, F., Penelitian, L., Masyarakat, P., & Pangandaran, S. A. (2024). Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMAN 1 Langkaplancar. 03(2), 406–413.

Tamansiswa, U. S., & Sambiroto, S. D. N. (2024). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 11, 255–267.

Yuliana, D., & Putri, O. A. W. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Storytelling Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 36–46. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.7




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v7i2.33551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2716-0432       

-------------------------------------------------------------------------

Licengcing:

This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.                                                                                                            

-------------------------------------------------------------------------

Indexing by: