PERAN RUMAH BACA PINISI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TERANG-TERANG KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA

Nasrullah Nasrullah, Hildawati Almah, Tawakkal Tawakkal, Nur Amalia Utari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peran Rumah Baca Pinisi terhadap pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Terang-terang Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba dan untuk mengetahui kendala Rumah Baca Pinisi dalam memberdayakan masyarakat di Kelurahan Terang-terang Kecamata Ujung bulu Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu peneliti berusaha untuk menggali data selengkap mungkin di lapangan yang berupa proses wawancara ataupun literatur lainnya yang mendukung terhadap penulisan penelitian ini. Sumber data yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pengelola dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukann bahwa ada beberapa poin yang menjadi strategi rumah baca yang pertama, melakukan kolaborasi dalam pengadaan koleksi mengadakan program dan kegiatan pengembangan masyarakat, melakukan kunjungan dan penyediaan bahan bacaan di daerah terpencil.  Adapun yang menjadi kendala rumah baca yakni koleksi bahan bacaan kurang update, jumlah pengelola rumah baca masih kurang dan  kurangnya anggaran.


Full Text:

PDF

References


Ambar, T. S. (2004). Kemitraan dan Model-Model Pemberdyaan. Yogyakarta: Gava Media.

Amrin. (2011). Cara Praktis Merintis Dan Mendirikan Taman Bacaan Masyarakat. Medan: Pustaka TBM MRD.

Arifin, Z. (2016). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mata Aksara Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Tegalmanding, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah, 5(1).

Hamjani M, S. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Denassa dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat di Borongtala Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Indriyani, I. (2017). Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Berbasis kekeluargaan dan Dampaknya terhadap Kemajuan Literasi Masyarakat (Studi pada Taman Bacaan Masyarakat Pondok Maos Guyub Desa Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal). Universitas Negeri Semarang.

Kalida, M. (2010). Menggalang Dana Melalui Taman Baca Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Mitsaq Pustaka.

Kalida, M. (2012). Fundraising Taman baca Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Cakruk Publishing.

Mardalis. (2007). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. (n.d.). Rumah Baca dan Youth Center di Solo Baru. Retrieved from https://eprints.ums.ac.id

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. , (2007).

Saraswati. (2012). Peran Taman Bacaan Masyarakat Guyub Rukun Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Bausasran Kecematan Danurejan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winoto, Y. (2017). Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment) melalui Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. Banten.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v3i2.4351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: