PRESERVASI KOLEKSI KASET VIDEO LANGKA KE DALAM BENTUK DIGITAL MELALUI PROSES ALIH MEDIA (Studi Kasus di UPT Perpustakaan ISI Surakarta)

Eko Sulistyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemindahan media koleksi kaset video ke dalam bentuk digital sebagai pengawet dan untuk mengetahui pengawetan kaset video menggunakan salah satu software. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan dokumen. Selain menggunakan metode kualitatif, peneliti juga menggunakan metode partisipatif untuk melestarikan digitalisasi, pustakawan akan terlibat langsung dan berpartisipasi dalam perencanaan proses pelestarian berdasarkan analisis sosial atau permasalahan di lapangan. Cara pengawetan ini berbeda, karena objek yang dipelajari atau  dipindahkan adalah kaset video langka yang terdapat di Perpustakaan ISI Surakarta. Proses pengawetan memerlukan penanganan khusus, harus melalui tahapan pra transfer media yang biasa dilakukan dalam persiapan, antara lain: 1) Menyiapkan daftar koleksi kaset video yang akan diawetkan 2) Memilih prioritas atau koleksi prioritas yang sangat urgen sebagai media pembelajaran di ISI Surakarta. 3) Memilih sumber daya manusia yang ahli di bidang pelestarian. 4) Diperlukan peralatan yang lebih baik terutama pada komputer dengan spesifikasi tinggi 5) Persiapan Infrastruktur. Strategi preservasi yang dilakukan UPT Perpustakaan ISI Surakarta adalah dengan mentransfer media dari koleksi kaset video ke dalam bentuk digital, media transfer ini terdiri dari 9 tahap dan menggunakan Software VEGAS Pro 16.0. Tahapan dalam transfer media kaset video adalah sebagai berikut: 1) Membuka program  software VEGAS Pro 16.0. 2) Capture koleksi video yang ditransfer. 3) Pemilihan Format Video. 4) Proses Pengambilan Video. 5) Mengedit Proses Pembuatan Menu. 6) Proses Impor Data Video. 7) Pengambilan File Dokumen Video. 8) Proses Pengeditan Video. 9) Proses Rendering Video.


Full Text:

PDF

References


Darmono. Kebutuhan dan Perilaku Pencarian Informasi Penunjang Studi Mahasiswa Pascasarjana: Studi Kasus di Dua Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Pasca Sarjana di Malang. Dalam Buletin FK2PT, Th. VI,No.1-2. 2001.

Ervina Rutami Raja Guk-guk, Kegiatan Preservasi dan Konservasi Bahan Pustaka Pada Perpustakaan Universitas HKBP Nomensen Medan, Skripsi, Medan: Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Univ. Sumatera Utara Fak. Ilmu Budaya, 2018.

Indonesia, Departemen Pendidikan nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Ed. Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Ibrahim, Andi. Pelestarian Bahan Pustaka. Makassar: Alauddin University Press.

Lasa. Hs. Kamus Kepustakawanan Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2009.

Moleong, Lexy J. Metodelogi Penelitian

Nurjananh, “Preservasi dan Konservasi Bahan Pustaka dan Arsip Pasca Tsunami di Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh”, Tesis. Yogyakarta : Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2014.

Pendit, Putu Laxman. Perpustakaan Digital dari A sampai Z. Jakarta : Cita Karyakarsa Mandiri, 2008.

PP. Nomor 88 Tahun 1999 Tentang Tata Cara Pengalihan Dokumen Perusahaan ke dalam mikrofilm atau media lainnya

Sarah B. WatsteinPascal V. CalarcoJames S. Ghaphery, "Digital library: keywords", Reference Services Review, Vol. 27. 1999. Iss 4 pp. 344 – 352.

Sutarno. HS Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto, 2006.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed. Ke-4, Jakarta : badang Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Sumber Internet

Daryono, Preservasi Perpustakaan Digital(Kelebihan Dan Kekurangan Cara Preseravasi Digital), dalam http://daryono.staff.uns.ac.id/2011/12/08/preservasi-perpustakaan-digital-kelebihan-dan-kekurangan-cara-preseravasi-digital-4/, diakses pada, tanggal 1 April 2019.

Elvina, Irma. Mengapa koleksi digital harus dipreservasi?, dalam http://irma.staff.ipb.ac.id/2010/04/07/ diakses pada hari Sabtu, tanggal 16 Mei 201

http://digilib.pnri.go.id diakses pada, tanggal 3 April 2019

http://www. perpusnas.go.id diakses pada, tanggal 3 April 2019

http://www.badanperpusda-diy.go.id diakses pada, tanggal 1 April 2019




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v3i2.4373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: