PEMANFAATAN WISATA VIRTUAL TOUR SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PENYEBARAN INFORMASI DI MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA PADA MASA PANDEMI
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penyebaran informasi di masa pandemic yang dilakukan oleh Museum Konferensi Asia Afrika dengan pemanfaatan media komunikasi digital seperti, instagram, facebook, twitter, youtube dan virtual tour. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan komunikasi digital di Museum Konferensi Asia Afrika serta untuk mengetahui penyebaran informasi dengan penggunaan wisata virtual tour di masa pandemic. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Museum Konferensi Asia Afrika telah memanfaatkan media komunikasi digital sebagai penyebaran informasi terutama di masa pandemic Covid-19, hal itu dapat dilihat konsistennya konten-konten yang diunggah pada platfrom media komunikasi digital Museum Konferensi Asia Afrika. Konten-konten yang diunggah pada platform media komunikasi digital memiliki kesamaan yang signifikan agar tidak terjadinya ketimpangan penyebaran informasi antara platform yang satu dengan yang lainnya. Proses penyebaran informasi pada Museum konferensi Asia Afrika melalui 3 tahapan yaitu pengumpulan informasi, pengolahan data, dan publikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah transformasi digital dalam penyebaran informasi kepada penggunanya menjadi solusi terbaik dengan kondisi seperti ini. Museum Konferensi Asia Afrika sangat mengedepankan pengembangan media komunikasi digitalnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan Virtual tour. Hingga saat ini Museum Konferensi Asia Afrika terus membuat inovasi baru dan berkembang dalam media komunikasi digitalnya. Pemanfaatan media komunikasi virtual tour menjadi solusi bagi pengguna untuk memenuhi kebutuhan informasinya mengenai museum KAA. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan untuk melakukan penelitian lebih mendalam mengenai teknologi informasi virtual tour Museum Konferensi Asia Afrika sehingga dapat mengetahui mengenai sistem kerja dibalik bekerjanya website virtual tour Museum Konferensi Asia Afrika.
Full Text:
PDF (23 - 46)References
BUKU
Ade, I., & Wan, R. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Trans Infro Media.
Deddy Mulyana. (2016). Suatu Pengantar Ilmu Komunikasi. PT REMAJA ROSDAKARYA
ARTIKEL JURNAL
Andhika, A. (2019). PENGGUNAAN VIDEO PROMOSI WISATA MELALUI YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN KE PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (2).
Attaymini, R. (2020). Pemanfaatan Facebook selama Masa Pandemi Covid-19 Di Masjid Nurul Huda, Ngoto, Sewon, Bantul, Yogyakarta. PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 3 (1), 34–46.
Ayun. (2015). Fenomena Remaja Dalam Menggunaakan Media Sosial. Jurnal Channel, 3 (2), 1–16.
Bawden, D. (2017). Information and digital literacies : a review of concepts. April 2001. https://doi.org/10.1108/EUM0000000007083
Berthon, Pitt, P. & S. (2015). Marketing meets Web 2.0, social media, and creative consumers: Implications for international marketing strategy. Business Horizons, 55 (3), 261–271. doi:https://doi.org/10.1016/j.bushor.2012.01.007%0D
Chandra. (2018). Pengguna Facebook Terbanyak ke 4. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2018/0%0A3/02/08181617/indonesia-pengguna%02facebook-terbanyak-ke-4-di-dunia/
DWi, D. (2011). A2-10 - DIDIK_DWI_P - VIRTUAL TOUR BERBASIS WEB.pdf.
Fauzi, S. (2021). Pemanfaatan Twitter Sebagai Media Penyebaran Informasi Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 13 (1), 52–58.
Frommer. (2010). Here’s how to use Instagram. Retrieved from Business Insider.
Musiin, & Eko, R. (2020). Literasi Digital Nusantara (R. Giovanny (ed.)). ANDI.
Nurrudin. (2012). Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi. Buku Litera.
Siregar, M. S. (2020). Universitas Sumatera Utara.
Sukaesih1, Khadijah1, U. L. S., Rukmana1, E. N., Ningsih1, A. . R., Ariyan1, P. M., Angelina1, R. B., Syifa1, R. N., & Yuliani1. (2020). Wisata Virtual Pada Perpustakaan Digital Selama Masa Pandemi Covid-19. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research, 2 (3), 63–77.
Wulandari, Y. F., Caesariano, L., Murtiadi, & Bastian, Y. (2021). Virtual Tour Sebagai Media Komunikasi Digital Dalam Pelayanan Museum Kehutanan Di Masa Pandemi Covid-19. Media Penyiaran, 1 (1), 9–15.
Yulianti Fajar Wulandari, Lymbarski Caesariano, Murtiadi, Y. B. (2021). Virtual Tour Sebagai Media Komunikasi Digital Dalam Pelayanan Museum. 01, 9–15.
Inta Leliana, Gogali, Vannesa Agusta. (2019). Strategi Humas Kementerian Perindustrian Dalam Menginformasikan Layanan Publik Melalui Youtube. 110-119
Fatmawati, endang. Kebutuhan Informasi Pustaka Dalam Teori Dan Praktek.
Mayasari Silvina, Clavinda. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museun Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat. 9 (2)
DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.8714
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing: