Kajian Terhadap Kebijakan Pembangunan Infrakstruktur Jl. Gajahmada Mataram Dengan Metode Analityc Hierarchy Proses

Agus Partono, Titik Wahyuningsih

Abstract


Pembangunan infakstruktur Jalan Gajahmada Mataram yang baru saja selesai dilaksanakan, telah dirasakan manfaantnya, namun juga menimbulkan pro dan kontra karena kebijakan yang menetapkan desain elevasi permukaan jalan dan jembatan menjadi lebih tinggi mulai 50 CM sampai 3 meter dari kondisi semula.Dengan metode analytic hierarchy proses penentuan kebijakan tersebut dianalisis dan dinialai dari 8 kriteria yang lazim dipergunakan yaitu kriteria teknis (3), non teknis (4) dan biaya biaya (1). Penilaian melalui kuisioner oleh responden yang berasal dari tokoh masyarakat sekitar, pimpinan dari dinas PU (Bina Marga), para dosen pengampu bidang jalan raya, pimpinan asosiasi HPJI dan tenaga ahli konsultan yang sering merencanakan jalan.Hasil analisis perbandingan seluruh kriteria yang ditinjau diperoleh bahwa desain elevasi permukaan jalan tinggi lebih unggul dibanding  dengan desain elevasi permukaan jalan rendah, hal ini ditunjukan dari hasil pembobotan untuk desain elevasi  tinggi mencapai bobot sebesar (0,574), sementara bobot untuk desain elevasi rendah sebesar (0,426).


Keywords


Kebijakan;Infrstruktur;Jalan;Hirarki;AHP

Full Text:

PDF

References


Kumar & Ganesh, (1996b). An empirical analysis of the use of the AHP for estimating membership values in a fuzzy set and system.

Saaty, T.L., (1994), Decision Making for Leaders The Analytic Hierarchy Process for decisions in a complex world, Pittsburgh: Univ. of Pittsburgh.

Saaty, T.L., (2000), Fundamentals of Decision Making and priority theory. 2nd ed. Pittsburgh, PA: RWS Publications.

Sarhan, A. Z., (2011), Application Of Analytic Hierarchy Process (AHP) in The Evaluation and Selection Of an Information System Reengineering Projects.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpe.v2i1.829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Planoearth

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________________________________________

Jurnal Planoearth 
ISSN 2502-5031 (print) 2615-4226  (online) 
Email: [email protected]
Contact (WA): +62 813-2837-4359

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Planoearth Stats

 

Jurnal Planoearth telah terindeks di: