Penggunaan Machine Learning Algoritma Support Vector Machine (SVM) Untuk Mengidentifikasi Kadar Pasir Besi di Kabupaten Aceh Besar

Muhammad Rizki Kana, Nadhiratur Rahmi, Mulkal Mulkal

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi eksplorasi berkembang dengan sangat pesat. Salah satunya ialah penerapan machine learning dalam kegiatan eksplorasi. Penggunaan machine learning memungkinkan untuk mendapatkan sebaran mineral pasir besi pada lokasi tertentu dengan menambahkan berbagai parameter yang berpengaruh sehingga mendapatkan output berupa keputusan terkait keterdapatan dan kadar mineral pasir besi pada daerah tersebut. Dalam hal ini, penelitian yang dilakukan hanya berfokus pada algoritma Support Vector Machine (SVM). SVM merupakan salah satu algoritma machine learning yang digunakan untuk tugas-tugas klasifikasi dan regresi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan model algoritma SVM yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kadar pasir besi dengan menambah beberapa parameter pendukung seperti data jarak titik sampel terhadap pantai, jarak titik sampel terhadap sungai, jarak titik sampel terhadap sesar, nilai pixel, data ketinggian, temperatur, data curah hujan, dan jenis batuan penyusun. Hasilnya grafik regresi linear menunjukkan hubungan nilai kadar Fe prediksi dari model SVM dan kadar Fe aktual, dimana nilai Root Mean Square Error (RMSE) adalah 0,076 dan nilai r2 adalah 0,705. Artinya nilai model algoritma SVM yang dibuat memiliki tingkat kesalahan yang kecil dan korelasi antar data yang kuat sehingga algoritma tersebut dapat dijalankan untuk mengidentifikasi kadar pasir besi.


Keywords


teknologi eksplorasi, SVM, machine learning, pasir besi

Full Text:

PDF

References


Abdulmaleki, M., Rasmussen, T. M. & Pal, M. K., 2020. Exploration of IOCG Mineralization Using Integration of Space-Borne Remote Sensing Data with Airborne Geophysical Data. Remote Sensing and Spatial Information Sciences, Volume XLIII-B3-2020, pp. 9-16.

Fathurohman, A. (2021). Machine Learning Untuk Pendidikan: Mengapa dan Bagaimana. Jurnal Informatika Dan Tekonologi Komputer (JITEK), 1(3), 57-62.

Harlan, J., 2018. Analisis Regresi Linear, Depok: s.n.

Ichwan, M. & Dewi, I. A., 2018. Klasifikasi Support Venctor Machine (SVM) untuk Menentukan Tingkat Kemanisan Mangga Berdasarkan Fitur Warna. MIND (Multimedia Intelligent Networking Database) Journal, 3(2), pp. 16-23.

Jumeilah, F. S., 2017. Penerapan Support Vector Machine (SVM) untuk Pengkategorian Penelitian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Informasi Teknologi), 1(1), pp. 19-25.

Jung, D. & Choi, Y., 2021. Systematic Review of Machine Learning Applications in Mining: Exploration, Exploitation, and Reclamation. Minerals, 11(2), p. 148.

Kumar, A., 2023. Mean Squared Error or R Square - Which One to Use?. [Online]

Available at: https://vitalflux.com/mean-square-error-r-squared-which-one-to-use/

[Accessed 09 Februari 2023].

Lillesand, T. M. & Kiefer, R. W., 1994. Remote Sensing Interpretation, Chichester: s.n.

Shirmard, H., Farahbakhsh, E., Muller, R. D. & Chandra, R., 2022. A Review of Machine Learning in Processing Remote Sensing Data for Mineral Exploration. Remote Sensing of Environment , 268(112750).

Zandiyyeh, F., Shayestefar, M. R., Ranjbar , H. & Saadat, S., 2016. Prospectivity Mapping of Iron Oxide-Copper-Gold (IOCG) Deposits using Support Vector Machine Method in Feyzaabad Area (East of Iran). Journal of Himalayan Earth Sciences, 49(2), pp. 50-62.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpl.v5i1.23216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PERTAMBANGAN DAN LINGKUNGAN

Creative Commons License

Jurnal Pertambangan dan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.