Analisis Perbandingan Metode Peledakan Normal Dengan Peledakan Top Air Deck Pada Kolom Stemming Berdasarkan Fragmentasi dan Digging Time Di Pit Sentuk PT Multi Harapan Utama

Sitti Nur Amila, Lucia Litha Respati, Revia Oktaviani

Abstract


PT Multi Harapan Utama merupakan perusahaan pertambangan yang menerapkan teknik peledakan untuk membongkar lapisan batuan penutup (overburden). Pada pelaksanaannya di pit Sentuk terdapat dua metode peledakan yaitu peledakan normal dan peledakan top air deck. Perbedaan metode tersebut adalah secara geometrinya peledakan top air deck sebagian kolom stemming diganti dengan rongga udara dengan menggunakan media balldeck, yang berada diantara kolom isian dan stemming, yang bertujuan untuk mempercepat proses kegiatan peledakan tanpa menunggu waktu gassing dengan tetap menghasilkan fragmentasi batuan hasil peledakan yang baik dan mengurangi digging time Cat 6030 sesuai target perusahaan. Penelitian ini dilakukan masing-masing sebanyak 7 kali peledakan dengan membandingkan peledakan normal dan peledakan top air deck berdasarkan data aktual fragmentasi dan digging time. Pada peledakan normal didapatkan rata-rata fragmentasi yang lolos < 50 cm adalah 89.29 % yang berarti peledakan normal tidak mencapai target perusahaan yaitu fragmentasi lolos < 50 cm sebesar 90 %. Sedangkan rata-rata fragmentasi peledakan top air deck adalah 98.77 %. Fragmentasi peledakan top air deck dapat dikatakan lebih efektif dan mampu mencapai target perusahaan. Selain itu, juga dapat mengurangi digging time dimana peledakan normal adalah 11.56 detik dan peledakan top air deck adalah 10.88 detik.


Keywords


Top Air Deck, Balldeck, Fragmentasi, Digging Time

Full Text:

PDF

References


Chiapetta, F., 2004. New Blasting Technique to Eliminate Subgrade Drilling, Improve Fragmentation, Reduce Explosive Consumption and Lower Ground Vibrations, International Society of Explosives Engineer (ISEE) and Journal of Explosives Engineering

Hidayat, R., Asof, M., Mukiat., 2019. Kajian Aplikasi Bottom Air Deck Pada Peledakan Overburden Di PT Bukit Asam, Tbk., Jurnal Pertambangan, Vol. 3, No. 2.

Hustrulid, William, 1999. Blasting Principles for Open Pit Mining, Vol 1- Generally Design Concepts. 1999. A.A Balkema, Rotterdam

ISEE, 2011. Blasters’ Handbook 18th Edition, International Society of Explosives Engineering. Ohio, USA

Rian., Acnopha, Y., Juventa., 2021. Evaluasi Geometri Peledakan Overburden Terhadap Digging Time Alat Gali PT Artamulia Tatapratama Jobsite Kuansing Inti Makmur Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Jurnal Pertambangan dan Lingkungan Vol. 2, No. 2, Juni 2021, pp. 31-41.

Wahyudi, A.T., Kopa, R., 2020. Kajian Teknis Penentuan Geometri Peledakan Untuk Mengoptimalisasikan Perolehan Hasil Peledakan CV. Tekad Jaya Desa Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Jurnal Bina Tambang, Vol. 5, No. 5.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpl.v5i1.24402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PERTAMBANGAN DAN LINGKUNGAN

Creative Commons License

Jurnal Pertambangan dan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.