Analisis Peran Dinas Pariwisata Dalam Kegiatan Promosi Pariwisata Di Kabupaten Lombok Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepala desa dalam meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat desa di desa meraran kecamatan seteluk kabupaten sumbawa barat), yang selama ini belum di ketahui, menyangkut Kemudahan syarat, Kelengkapan Sarana dan Prasaran, Informasi Akurat, peran pemimpin, Keramahan dan Kesopanan, Permasalahan, Kenyamanan, Faktor Penyebab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan narasumber terdiri dari pegawai pegawai kantor desa bagian penaksir dan masyarakat yang ada di Desa Meraran sebagai pengguna pelayanan di perum pegadaian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknis observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah teknis triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepala desa dalam meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat desa di desa meraran kecamatan seteluk kabupaten sumbawa barat menyatakan kualitas pelayanan sudah cukup memuaskan pada berapa aspek. Beberapa aspek yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik yang di berikan pegawai kantor desa kepada masyarakat, yaitu aspek Kemudahan syarat (sangat di permudah dan tidak berbelit-belit), aspek Kelengkapan Sarana dan Prasaran Kelengkapan Sarana dan Prasarana sudah cukup baik segi sarana (sepiker pemanggilan, toilet, ruang tunggu dan kursi tunggu yang yang banyak), Informasi Akurat , Keramahan dan Kesopanan (secara keseluruhan keramahan dan kesopanan pegawai kantor Desa sudah ramah dan sopan), Permasalahan (dalam pengumplan data), Kenyamanan (secara keseluruhan kenyamanan dalam pelayanan sudah cukup baik), Faktor Penyebab (Faktor kemampuan dan keterampilan setiap aparat pada bidangnya masing-masing merupakan salah satu penentu efektif atau tidaknya pelaksanaan tugas yang dibebankan kepada pegawai pada bidangnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Desky. 1999. Pengantar Biro Perjalanan Wisata. Yogyakarta: PT. Adicipta.Karya Nusa.
Fandy Tjiptono. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy Offset
Freddy Rangkuti. 2002. The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equitydan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Freddy Rangkuti. 2003. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: GramediaPustaka Utama
Freddy Rangkuti. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta: Gramedia.Pustaka Utama. Gerlach & Ely. 1996
Friedman, M. Marilyn. 1998. Teori Dan Praktik. Jakarta: EGC Hari Karyono. 1997. Kepariwisataan. Jakarta: Grasindo
Oka A. Yoeti. 1996. Anatomi Pariwisata. Bandung: Angkasa
Oka A. Yoeti. 2002. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata.Pradnya Paramita : Jakarta
Ricky Febriansyah dkk, (2017) “Peran Dinas Pariwisata Dalam Mempromosikan Wisata Alam Air Terjun Km 18 Di Kabupaten Bulungan”, Fisip Unmul.
Soekanto, Soerjono. 2003. Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta. Thoha, Miftah. 1997. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta:
PT. Raja Grafindo Perkasa.
Wahab, Salah. 2003. Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradnya Paramitha. https://text-id.123dok.com/document/ozlrr12rz-visi-dan-misi-pariwisata-
kabupaten-lombok-tengah.html
https://idalamat.com/alamat/kantor-pemerintahan/24955/dinas-kebudayaan-dan- pariwisata-kabupaten-lombok-tengah
https://lomboktengahkab.go.id/ https://lomboktengahkab.go.id/pariwisata/
https://lomboktengahkab.go.id/dinas-pariwisata/#tab-id-1 http://id.lombokindonesia.org/air-terjun-benang-kelambu/ https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Lombok_Tengah https://www.lomboktourplus.com/keunikan-desa-sade-lombok/
https://wisatalombokmurah.com/5-tempat-wisata-di-lombok-tengah-yang- memukau/
DOI: https://doi.org/10.31764/jgop.v1i2.3959
Copyright (c) 2021 Hamdan Hamdan, Yudhi Lestanata, Amil Amil
This publication is indexed by: