ANALISIS KEMAMPUAN CRUSHER PLANT AIR MERAH DALAM PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI DI PT. AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA (PT. AMNT)

Erwin Purnawansyah, Joni Safaat Adiansyah

Abstract


PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (PT. AMNT) mempunyai crusher plant untuk memproduksi material pendukung seperti base coarse.Crusher Plant ini di kenal dengan nama  Crusher Plant Air Merah. Dalam kegiatan operasionalnya, PT. AMNT mempunyai target produksi material yang disesuaikan dengan kemampuan crusher plant dan kebutuhan di lapangan. Adapun tujuan dari pengamatan ini yaitu, Untuk mengetahui produksi aktual dari unit crusher plant, mengetahui ketercapaian target produksi crusher plant, mengetahui hambatan yang mempengaruhi produksi crusher plant.Serta untuk mengetahui upaya dalam mengurangi hambatan untuk mencapai target produksi crusher plant.

Hasil produksi Pada bulan maret 2019 crusher plant sebesar 26.102 12 m3">   perbulan, dan untuk target produksi perbulannya adalah 28.730,88 12m3"> . Dari hasil perhitungan dapat dilihat bahwa target produksi belum tercapai sebesar 2.628,88 12m3">  ini disebabkan karena besarnya waktu hambatan yang diakibatkan Physical Availability (PA) dan Use of Availability (UA). Untuk meningkatkan produksi dari unit crusher plant dapat dilakukan dengan optimasi waktu hambatan, seperti mengoptimasikan waktu clean up area

Keywords


Crusher Plant; Base Coarse; Actual production;Production targets; Physical Availability; Use Of Availability

Full Text:

PDF

References


Syam, Alvin, M ddk. “Kajian Kerja Alat Crusher Plant Untuk Target Produksi’’ ISSN : 2460-6499. tahun akademik 2014-2015.

Wijaya, Agung dan Ansory. “Evaluasi Dan Optimalisasi Kinerja Crusher Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Batu Gamping PT. Semin Padang”. Jurnal Bina Tambang, Vol. 3, No. 4. (2018) ISSN: 1693-6922.

Bulo, Ryant, ddk. “Analisis Produktivitas Crusher Plant Untuk Mencapai Hasil Produksi Di PT. CMS Kalimantan Utama Kecamatan Samarinda Utara Provensi Kalimantan Timur’’. Jurnal Teknologi Mineral FT ULMUL,Vol. 5, No. 1, Juni 2017: 57-64




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v23i2.1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ulul Albab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.