Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah

Sustia Ananda, Mulhamah Mulhamah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan tinjauan pustaka sistematis yang bertujuan untuk menyelidiki penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa sekolah menengah. Sumber literatur diperoleh dari berbagai database akademik seperti Google Scholar, DOAJ, dan Scopus, dengan rentang terbitan antara tahun 2018 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Meskipun demikian, terdapat beberapa kekosongan yang perlu diteliti lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman dan efektivitas PBL. Salah satu kekosongan utama adalah kurangnya penelitian yang secara khusus mengeksplorasi integrasi PBL dengan kurikulum yang ada dan metode pembelajaran lainnya. Penelitian yang lebih mendalam tentang bagaimana PBL dapat terintegrasi secara efektif dalam berbagai konteks kurikulum dan dampaknya terhadap pencapaian tujuan pembelajaran menjadi sangat penting. Topik penelitian yang mendesak adalah mengenai pengaruh faktor-faktor kontekstual, seperti lingkungan belajar dan dukungan guru, terhadap keberhasilan implementasi PBL. Penelitian yang lebih komprehensif tentang bagaimana faktor-faktor ini memengaruhi efektivitas PBL dan strategi terbaik untuk mengoptimalkannya akan memberikan wawasan berharga bagi praktisi pendidikan.

Abstract: This research is a systematic literature review that aims to investigate the application of Problem-Based Learning Approach (PBL) in improving the problem-solving skills of secondary school students. Literature sources are obtained from various academic databases such as Google Scholar, DOAJ, and Scopus, with publications ranging from 2018 to 2024. The results showed that PBL has been shown to be effective in improving students' problem-solving skills. However, there are some gaps that need further investigation to improve the understanding and effectiveness of PBL. One major void is the lack of research that specifically explores the integration of PBL with existing curricula and other learning methods. More in-depth research into how PBL can be effectively integrated across different curriculum contexts and its impact on achieving learning objectives is crucial. An urgent research topic is the influence of contextual factors, such as the learning environment and teacher support, on the success of PBL implementation. More comprehensive research into how these factors affect the effectiveness of PBL and the best strategies to optimize them will provide valuable insights for education practitioners.


Keywords


Problem based learning; Problem-based learning approach; Problem solving skills; Secondary school students.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Allimah, C. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada pelajaran IPS Kelas VIIIA SMP Negeri 9 Kota Mojokerto. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(2), 76–90. https://doi.org/10.52620/jeis.v3i2.30

Apsari, M. R., Supardi, Z. A. I., Puspitawati, R. P., & Budiyanto, M. (2023). Improving Problem-Solving Skills With Problem-Based Learning Models in Optical Wave Courses. International Journal of Current Educational Research, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.53621/ijocer.v2i1.206

Arningsih Nainggolan, W., Sipahutar, M., Ramadhani, N. A., Thania, O. E., & Tanjung, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Genetika di MAS 1 Yaspi Labuhan Deli. BIODIK, 9(1), 79–86. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.19206

Aswarliansyah, A. (2020a). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1134–1141. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.509

Aswarliansyah, A. (2020b). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1134–1141. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.509

Aulia, H. R., Laeli, A. F., & Ulwiyah, S. (2023a). Problem Based Learning As A Method To Improve Senior High School Student’s Reading Comprehension In English. ELTR Journal, 7(2), 77–85. https://doi.org/10.37147/eltr.v7i2.171

Aulia, H. R., Laeli, A. F., & Ulwiyah, S. (2023b). Problem Based Learning As A Method To Improve Senior High School Student’s Reading Comprehension In English. ELTR Journal, 7(2), 77–85. https://doi.org/10.37147/eltr.v7i2.171

Aulia, H. R., Laeli, A. F., & Ulwiyah, S. (2023c). Problem Based Learning As A Method To Improve Senior High School Student’s Reading Comprehension In English. ELTR Journal, 7(2), 77–85. https://doi.org/10.37147/eltr.v7i2.171

Aulia, H. R., Laeli, A. F., & Ulwiyah, S. (2023d). Problem Based Learning As A Method To Improve Senior High School Student’s Reading Comprehension In English. ELTR Journal, 7(2), 77–85. https://doi.org/10.37147/eltr.v7i2.171

Azura, R. M., & Selaras, G. H. (2023). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Cara Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pelajaran Biologi. ANWARUL, 3(4), 697–709. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1305

Bayron, A. (2023). Teachers’ Challenges on Self-directed Modular Distance Learning (SML): Basis for Extension Program Development. Sprin Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 2(05), 12–20. https://doi.org/10.55559/sjahss.v2i05.101

Bintang Astama, P., & Minsih. (2023). Environment Based Ecosystem Thematic Teaching Materials: Using Problem Based Learning to Improve Learning Effectiveness. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 63–70. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.60742

Cañabate, D., Serra, T., Bubnys, R., & Colomer, J. (2019). Pre-service teachers’ reflections on cooperative learning: Instructional approaches and identity construction. Sustainability (Switzerland), 11(21). https://doi.org/10.3390/su11215970

Dewi, N., & Novianti, N. (2023). Upaya Meningkatkan Kompetensi Afektif Peserta Didik Peduli Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Vol. 4, Issue 1).

Dharma, J. A., Pengabdian, J., Masyarakat, K., Masripah, I., Amelia, L., Nurhayati, S., Salsyabila, S. M., & Solehah, S. (2023). Kuliah Kerja Mahasiswa: Pemanfaatan Potensi Bambu Sebagai Kemasan Ramah Lingkungan Pada Sektor Umkm Guna Mendorong Perekonomian Di Kelurahan Cisarua. 2(1).

Dosen, N., Islam, M. P., & Dosen, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Manajemen Kelas.

Eka Putri, F., & Kartikowati, S. (2023). The Application Of The Problem-Based Learning Teaching Model In Improving Students’ Ability To Solve Higher Order Thinking Skills Questions. International Journal of Educational Best Practices (IJEBP), 7(1). https://doi.org/10.32851/ijebp.v7n1.p117-131

Ekasari, A., Diantoro, M., & . P. (2023a). The Ability of Problem-based Learning (PBL) to Improve Problem-solving Skills on Heat Topic Among High School Students. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13454

Ekasari, A., Diantoro, M., & . P. (2023b). The Ability of Problem-based Learning (PBL) to Improve Problem-solving Skills on Heat Topic Among High School Students. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13454

Ekasari, A., Diantoro, M., & . P. (2023c). The Ability of Problem-based Learning (PBL) to Improve Problem-solving Skills on Heat Topic Among High School Students. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13454

Ermanto SMAN, P., Timur, J., Raya Situbondo, J., & Wongsorejo, K. (2020). Model pembelajaran kooperatif sebagai upaya penerapan layanan bimbingan konseling belajar siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Wongsorejo. Electronic) Pusat Kajian BK Unindra-IKI, 114(3), 114–119. https://doi.org/10.26539/teraputik.33278

Faizal Amir, M., & Darmawan Kusuma, M. W. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives, 2(1), 117–128. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/538

Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6623

Ferrer, F. J., Reyes, D., & Caballes, D. G. (2022). Students’ Views on Self-Directed Learning Approach: Exploring the Challenges and Implications to Teaching and Learning. https://doi.org/10.47119/IJRP5

Hadibarata, T., Hidayat, T., & Kwabena, J. (2023). Problem Based Learning in Engineering Course in Malaysia. Acta Pedagogia Asiana, 2(2), 95–105. https://doi.org/10.53623/apga.v2i2.234

Harapan, U. P., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi COVID-19 Dyah Lukita. 145 | Akademika |, 10(1). https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01

Ilma, S., Adhani, A., & Sarira, N. T. (2023). Hybrid project-based learning for problem-solving skils and student creativity in plant anatomy and physiology courses. Biosfer, 16(1), 138–151. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.33888

Judrah, M. (2019). Konsep Pembelajaran Tuntas. In Pendidikan Dasar dan Keguruan (Vol. 1, Issue 1).

Jurnal, H., Nataliano, E., Pendidikan, B., Sosial, I., & Humaniora, D. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. 2(2).

Karlina, R., & Wirdati, W. (2023). Pelaksanaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 7 Padang. AS-SABIQUN, 5(3), 738–751. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3306

Khairi, Samsukdin, & Hairoh. (2023). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatakan Kedisplinan Siswa. 1.

L. Benilan, M., E. Cagape, W., P. Cajes, R., Mae R. Pineda, C., & Krizza G. Quibod, A. (2023). Problem-Based Learning Strategy Integration: Increasing Students’ Motivation in Doing Scientific Research. International Journal of Research Publications, 127(1). https://doi.org/10.47119/ijrp1001271620235111

Marhadi, H., Sapriya, S., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2023a). The role of the problem-based learning approach in optimizing student involvement in the learning process. Cypriot Journal of Educational Sciences, 18(3), 544–555. https://doi.org/10.18844/cjes.v18i3.8760

Marhadi, H., Sapriya, S., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2023b). The role of the problem-based learning approach in optimizing student involvement in the learning process. Cypriot Journal of Educational Sciences, 18(3), 544–555. https://doi.org/10.18844/cjes.v18i3.8760

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Muda Sakti Raja Sihite, & Lena Rosdiana Pangaribuan. (2023). Implementation of Problem Based Learning By Using Authentic Assessment to Improve Students’ Activity and The Ability of The Students to Solve Problem. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 344–349. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.895

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0.

Munawati, S. (2021). Konsep Integrasi Pembelajaran PAI.

Munawiroh, H., & Pd, M. (2019). Keberhasilan Pesantren Salafiyah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Dasar.

Munfiatik, S. (2023). Collaborative Learning sebagai Model Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran.

Muthoharoh, M. (2022). Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah dalam Mata Pelajaran Fikih di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Nasution, E. Y. P., & Putri Yulia. (2023). The Effect of Problem Based Instruction Modelusing Telegram Quiz Bot on Students’ Learning Motivation. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 359–372. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i2.391

Nur Azizah, H., Tri Oktoviana, L., & Harini, S. (2023). The Implementation of Problem-based Learning (PBL) to Improve Contextual Mathematics Problem-solving Ability in Students XI-B3 Senior High School 3 Malang. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13457

Nuraini, S., Rihatno, T., Mariani, A., Safitri, D., & Sujarwo. (2023). Pemberdayaan Kelompok Guru dalam Penggunaan Gamifikasi untuk Meningkatakan Kemampuan Berfikrikir Kritis Siswa.

Nurdin, N. N., & Uleng, B. P. (2023). The Implementation of Problem-based Learning Activity through Online School Field Practice-111 The Implementation Of Problem-Based Learning Activity Through Online School Field Practice.

Paud Lectura, |, & Lectura, ; | Paud. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7603

Rahmadani, P. N., Arthur, R., & Maulana, A. (2023). Integrasi Konsep Literasi Vokasional untuk Mengembangkan Berpikir Kritis pada Siswa SMK: Sebuah Kajian Pustaka Article Info ABSTRAK. In Jurnal Pendidikan West Science (Vol. 01, Issue 12).

Rian Wulandari, E., Listiani, I., Khotijah, S., & Negeri, S. (2023). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Pandak.

Rif’an, M. G. (2023). Developing IT-Based Mathematics Learning TAPPS Model to Improve High School Student’s Problem-Solving Skills. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 6(1), 71. https://doi.org/10.21043/jpmk.v6i1.16469

Santika, G. N., Suastra, W., Bagus, I., & Arnyana, P. (207 C.E.). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA.

Saputro, M. I., Prihanta, W., & C3, S. (2023a). Problem Based Learning: Upaya Strategis Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dalam Pembelajaran PKn Materi Kewajiban di Rumah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 11(1), 33–43. https://doi.org/10.22219/jp2sd

Saputro, M. I., Prihanta, W., & C3, S. (2023b). Problem Based Learning: Upaya Strategis Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dalam Pembelajaran PKn Materi Kewajiban di Rumah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 11(1), 33–43. https://doi.org/10.22219/jp2sd

Simangunsong, A. D. (2023). Implementation of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model To Improve Skills Creative Thinking of Students on The Material Coligative Properties of Solutions. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 483–494. https://doi.org/10.51276/edu.v4i2.396

Smith, G., Putri Liowardani, A., Permadi, H., & Anita, Y. (2023). Application of Problem-based Learning in Efforts to Build Mathematical Literacy Skills. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13435

Syafi’, M. I. (2023). Analisis Konseptual Dasar Ilmu Pendidikan dalam Teori Pembelajaran Modern.

Wahyuningtias, T., Azzahra, N. A., Sodik, M. J., & Muizzah, U. (2023). Eksplorasi Penerapan Kurikulum Berbasis Teknologi bagi Siswa MI Nurul Huda Kabupaten Kediri. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.58578/ajecee.v1i1.2025

Wisnu, D. A., Sekolah, W., Hindu, T., Klaten, D., & Tengah, J. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa Oleh (Vol. 4).

yohanes, santoso, rudi. (2021). Strategi Mengenalkan Matematika Kelas Tinggi kepada Siswa Kelas Rendah Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah. 4.

Yunior Erlangga, S., Poort, A., Winingsih, P. H., Manasikana, O., & Dimas, A. (2023). Compton (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) Meta-Analisis: Effect size Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Fisika. 9(2), 185–198.

Zai, S., Mendrofa, R. N., & Zega, Y. (2023). Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia Application of the Problem Based Learning Learning Model to Improve the Mathematical Problem Solving Ability of State Junior High School Students 4 Hilissekai for the 2021/2022 Academic Year. Universitas Nias, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v27i1.23323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sustia Ananda, Mulhamah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 878-6400-3847

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram already indexed: