ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TUGAS MATA KULIAH MENYIMAK MAHASISWA PBSI SEMESTER I UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN 2017

Ahyati Kurniamala Niswariyana, Nina Nina

Abstract


Abstrak: Bahasa Indonesia mempunyai 2 “slogan keramat” yang selama ini sering kita ucapkan yakni bahasa yang baik dan bahasa yang benar, akan tetapi pada prakteknya ternyata sulit, hal ini tergambar dari bahasa lisan maupun tulisan kita pada umumnya.  Tak terkecuali kita sebagai penggiat akademik, baik pengajar maupun peserta ajar tak luput dari kesalahan.  Pada penelitian ini, penulis menganalisis kesalahan berbahasa pada tugas mata kuliah menyimak mahasiswa PBSI (Program Bahasa dan Sastra Indonesia) semester I.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan berbahasa pada tugas mahasiswa semester I dalam mata kuliah menyimak, untuk selanjutnya memperbaiki kesalahan tersebut dengan merujuk pada buku pedoman penulisan yang benar.  Penelitian ini fokus pada tugas mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif.  Dalam penelitian ini, peneliti akan fokus pada kesalahan bahasa tulis sebagai hasil simakan pada tugas mahasiswa semester I.  Subjek penelitian adalah mahasiswa PBSI semester I. Data diperoleh melalui metode simak dan metode catat. Analisis data dilakukan dengan reduksi data yang kemudian dilanjutkan dengan penyajian data, dan terakhir verifikasi. Penelitian kualitatif menekankan pada proses, bukan hasil atau produk.  Peneliti merupakan instrumen kunci atau pokok dalam penelitian kualitatif.


Kata Kunci: Kesalahan; Berbahasa; Keterampilan; Menyimak; Mahasiswa

 


Full Text:

PDF

References


. ------------- Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat tahun 2012. Jakarta : PT Gramedia.

. Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

. Arifin, Zainal. 2004. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademi Presindo.

. Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial (Format-format Kuantitatif dan Kualitatif). Surabaya: Airlangga University Press.

. Ebtanastiti, Dyah Fajar & Muis Tamsil. 2014. Survey Pilihan Karir Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya.

. Surabaya: Jurnal Mahasiswa UNESA.

. Farchan, Ahmad Sudaryanto. 2013. Analisis Kesulitan Menyimak Mahasiswa Semester II Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Semarang :Skipsi.

. Nawangsasi, Endah. 2015. Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa S1 Manajemen Tahun 2011 STIE AUBSurakarta. Surakarta: Jurnal Ilmiah.

. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.

. Tarigan, Henry Guntur. 1986. Keterampilan Menyimak. Jakarta :

. Karunia Wirastuti, Intan. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Latar Belakang Skripsi Mahasiswa Non Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammaiyah Surakarta. Surakarta: Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ulul Albab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.