HUBUNGAN KARAKTERISTIK DENGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI

Ana Pujianti Harahap, Aulia Amini, Catur Esty Pamungkas

Abstract


Abstrak: Penikahan merupakan pertalian yang sah antara seorang lelaki dan seorang perempuan yang hidup bersama dan tujuannya membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan. Pernikahan dini merupakan salah satu masalah keluarga yang belum terpecahkan dan sampai saat ini angkanya cukup tinggi. Perempuan muda di Indonesia dengan usia 10-14 tahun menikah sebanyak 0,2 % atau lebih dari 22.000 wanita muda berusia 16-20 tahun di Indonesia sudah menikah. Desain penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan cross sectional, dilaksanakan di Kelurahan Gunung Sari. Sampel penelitian ibu yang memiliki anak remaja umur 16-20 tahun di Kelurahan Gunungsari berjumlah 43 orang. Teknik pengambilan sampel secara total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan p< 0,05.Analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara hubungan yang bermakna secara statistik antara pendidikan ibu dengan pengetahuan tentang dampak pernikahan dini pada kesehatan reproduksi (p value 0,038 < 0,05). Pendidikan ibu yang rendah dapat menyebabkan pengetahuan ibu rendah tentang dampak pernikahan dini pada kesehatan reproduksi.


Kata Kunci: Pernikahan dini; Kesehatan Reproduksi


Full Text:

PDF

References


. Irne, D. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan terhadap Pernikahan Dini Pada Pasangan Usia Subur. JIKMU. Vol 5 No 2 April 2015 : Manado

. Mubasaroh. (2016). Analisis Faktor Pernikahan Dini dan dampaknya Bagi Pelaku.YUDISIA Vol 7 No2 Desember 2016

. Nursalam.SP. 2008.MetodologiRisetKeperawatan. Jakarta: CV SagungSeto

. Nandang.M,Irjun.2007.Faktor-faktor yang berhubungan dengan Menikah Usia Muda pada Wanita Dewasa Muda di Kelurahan Mekarsari.Jurnal Kesehatan.Kartika STIKES Ahmad Yani.

. Notoatmodjo, S. 2010. IlmuKesehatanMasyarakat. Jakarta: RinekaCipta




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ulul Albab