PENCEGAHAN PENYEBARAN HIV/AIDS DI KAWASAN WISATA SENGGIGI

Siti Mardiyah WD, Catur Esty Pamungkas

Abstract


Angka prevalensi infeksi HIV/AIDS di Kabupaten Lombok Barat setiap tahun jumlahnya meningkat, dilihat dari data komulatif tahun sampai tahun Oktober 2018 ditemukan kasus HIV 148 dan AIDS 109. Peningkatan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Lombok Barat yang sangat mengkhawatirkan, memerlukan tindakan  yang cepat dan tepat dalam mengatasinya. Implementasi prgram penanggulangan HIV/AIDS oleh Pokja KPA di Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan melalui Promosi, Pencegahan, PDP (Perawatan, Dukungan dan Pengobatan) dan Mitigasi Dampak. Tujuan penelitian adalah mengetahui secara mendalam Implementasi Program Penanggulangan HIV/AIDS oleh Pokja KPA di Kabupaten Lombok Lombok Barat.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian adalah KPA, petugas LSM. Triangulasi penelitian adalah dokumentasi kegiatan dan popupasi kunci (waria). Subyek penelitian diambil secara purposive. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam.

Hasil penelitian menunjukkan Pemda mendukung program penanggulangan HIV/AIDS melalui diterbitkannya Perda tentang pelaksanaan pemberian kartu kunjungan kesehatan. Komitmen terhadap penanggulangan HIV/AIDS sudah ada dilihat dengan adanya RAD (Rencana Aksi Daerah). KPA sebagai pemegang kendali dalam pelaksanaan program dengan bekerjasama lintas sektor.

Disarankan perlu partisipasi aktif dari stakeholders dalam kebijakan untuk menjadikan isu HIV/AIDS sebagai kasus yang harus segera ditangani dan menjadi salah satu target pembangunan daerah sesuai dengan target SDG’s. Serta komitmen antara semua pihak dalam mendukung dan melaksanakan peraturan tersebut.

Keywords


Pencegahan Penyebaran HIV/AIDSPencegahan Penyebaran HIV/AIDS

Full Text:

PDF

References


. Azwar, A. Pengantar Administrasi Kesehatan, Edisi Ketiga, Binarupa Aksara. Jakarta, 2010.

. Bungin B. 2008. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Kencana Predana Media Gru: Jakarta.

. Departemen Kesehatan RI. Lampiran KepMenKes RI no.567/Menkes/SK/VIII/2006 tentang pedoman pelaksanaan pengurangan dampak buruk narkotika, psikotropika dan zat adiktif. Jakarta, 2006.

. Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Laporan Sero Survey Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mataram, 2012.

. Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Nasional Manajemen Program HIV dan AIDS. Jakarta, 2010.

. Kementerian Kesehatan RI. Rencana Strategi Pengendalian HIV/AIDS di Indonesia 2002-2007. Jakarta, 2007.

. Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Pedoman Nasional Monitoring, Evaluasi & Pelaporan HIV dan AIDS. Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Jakarta, 2017.

. Miles, MB. Analisis Data Kualitatif. UI Press. Jakarta, 2007.

. Nasroudin. HIV & AIDS, Pendekatan Biologi Molekuler, klinis dan social, Airlangga University Press. Surabaya, 2007.

. Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 21 tahun 2013 tentang penanggulangan HIV dan AIDS, 2013.

. PP&PL D. Laporan Perkembangan HIV/AIDS Maret 2017. 2017; Available from:http://www.infopenyakit.org/def_menu.asp?menuId=14&menuType=1 diakses tanggal 6 jli 2017.

. Sugiono. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: AlfaBeta, 2008.

. Instruksi bupati Lombok Barat. Pelaksanaan pemberian kartu kunjungan kesehatan. 2017




DOI: https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ulul Albab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.