PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG KEPUTIHAN

Domas Nurchandra Pramudianti

Sari


Pengetahuan remaja mengenai masalah kesehatan reproduksi memang masih minim, banyak remaja yang tidak mengetahui dampak dari keputihan. Pentingnya remaja mengetahui tentang keputihan agar wanita khususnya remaja mengetahui tentang keputihan, tanda gejala, penyebab, dan pencegahan keputihan upaya yang dilakukan yaitu dengan pendidikan kesehatan menggunakan metode peer group. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunaan Metode Peer Group Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Keputihan (Fluor Albus) di SMP 1 Muhammadiyah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimental dengan rancangan pre-test and post-test without control dan menggunakan uji statistik paired t-test dengan teknik pengambilan sampel purposive Sampling. Jumlah sampel 30 responden. Hasil nilai pre-test dan pos-test pada kelompok intervensi 0,001, hasil pre-test dan post-test pada kelompok kontrol 0,251. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode peer group terhadap pengetahuan remaja putri tentang keputihan (fluor albus).

Adolescent knowledge about reproductive health issues is still minimal, many teenagers who do not know the impact of vaginal discharge. The importance of adolescents to know about vaginal discharge so that women especially teenagers know about vaginal discharge, signs, symptoms, causes, and prevention of vaginal discharge efforts undertaken namely by health education using peer group methods. This study aims to determine the effect of health education using the Peer Group Method on adolescent girls' knowledge about vaginal discharge (Fluor Albus) in SMP 1 Muhammadiyah Banjarmasin. This study used a quasy experimental design with a pre-test and post-test design without control and used a paired t-test statistical test with a purposive sampling technique. The sample size was 30 respondents. The results of the pre-test and post-test scores in the intervention group 0,001, the pre-test and post-test results in the control group 0.215. The results of the study have the effect of health education using peer group methods on the knowledge of young women about vaginal discharge (fluor albus)

Kata Kunci


peer group; pendidikan kesehatan; pengetahuan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrori, ”Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Keputihan Patologis Siswi Sman 1 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara”. Unnes Journal of Public Health 6 (1), 2017.

Darma, M, “Hubungan Pengetahuan, Vulva Hygiene, Stres, Dan Pola Makan Dengan Kejadian Infeksi Flour Albus (Keputihan) Pada Remaja Siswi Sma Negeri 6 Kendari”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol. 2/No.6, Mei 2017.

Imron, A.,”Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Ar-Ruzz Media”, Jogjakarta, 2014.

Irianto, K, Kesehatan Reproduksi Reproductive Health Teori Dan Praktikum. Alfabeta, Bandung, 2015.

Kusmiran, E, Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Salemba Medika, Jakarta Selatan, 2011.

Lestari, E,”Hubungan Peer Group Dan Lingkungan Pergaulan Dengan Perilaku Seksual Pranikah Pada Siswa” Disertasi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, 2012.

Nursalam, Metodologi penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba medika, Jakarta selatan, 2014.

Ramauli, S, dan Vindari, A. V, Kesehatan Reproduksi Buat Mahasiswi Kebidanan. Cetakan I. Yogyakarta: Penerbit Nuha Medika, 2011.

Rifai, A., “Hubungan Pengetahuan Kebutuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Dengan Resiko Luka Bakar Pada Petugas Pemadam Kebakaran Diwilayah Kerja Manggala Agni Banjarbaru” Disertasi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, 2014.

Romlah, T, Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UN, 2001.

Sari, P.”Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap RemajaDengan Kejadian Fluor Albus Remaja Putri Smkf X Kediri”. Jurnal Wiyata, Vol. 3 No. 1., 2016.




DOI: https://doi.org/10.31764/mj.v5i2.2295

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

_________________________________________________________

Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram
ISSN 2503-4340 (Print) | ISSN 2614-3364 (Online) 
Email: [email protected] | Kontak: 081329321276
Tel/fax: (0370)-633723 / (0370)-641906

_________________________________________________________

Creative Commons License
MIDWIFERY JOURNAL is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Web Analytics
View My Stats 

 

Midwifery Journal terindeks di: