Evaluasi Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur untuk Akses Menuju Kawasan Pariwisata Gunung Pengsong

Fajrul Falah, Anwar Efendy, Hafiz Hamdani

Abstract


Gunung Pengsong merupakan salah satu bukit yang menjadi obyek wisata yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Area disekitar Gunung Pengsong juga terdapat bukit-bukit yang dijadikan sebagai quarry. Adanya quarry ini menyebabkan banyaknya lalu lintas truk pengangkut material. Bina marga 2024 (MDP 2024) digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini, dengan mengolah data LHR yang kemudian dikonversikan menjadi LHRT dengan umur rencana yang ditentukan sehingga didapatkan tebal perkerasan yang digunakan dari nilai CESA4 dan CESA5. Sehingga digunakan Perkerasan dengan improve subgrade stabilisasi semen dengan tebal perkerasan HRS WC, AC WC 50 mm, Lapis Fondasi Agregat Kls. A 300 mm, Lapis Fondasi Agregat Kls. B 200 mm, Stabilisasi tanah asli hingga mencapai CBR ekuivalen 6% 260 mm.

Abstract:  Mount Pengsong is one of the hills that is a tourist attraction in West Lombok Regency. The area around Mount Pengsong also has hills that are used as quarries. The existence of this quarry causes a lot of traffic of trucks transporting materials. Bina Marga 2024 (MDP 2024) is used as a reference in this study, by processing LHR data which is then converted into LHRT with a specified design age so that the thickness of the pavement used is obtained from the CESA4 and CESA5 values. So that the Pavement is used with improved subgrade cement stabilization with a pavement thickness of HRS WC, AC WC 50 mm, Aggregate Foundation Layer Class A 300 mm, Aggregate Foundation Layer Class B 200 mm, Stabilization of the original soil to reach an equivalent CBR of 6% 260 mm.

Keywords


Gunung Pengsong; Bina Marga 2024; LHR; Aksesibilitas Wisata

Full Text:

PDF

References


Salina, A. A. F. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pci Dan Bina Marga (Studi Kasus Jalan Gunung Pengsong Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat). Skripsi.PUPR. (2004). Pedoman Survai Pencacahan Lalu Lintas Dengan Cara Manual. 1-36

SNI 1744. (2012). Metode uji CBR laboratorium Badan Standardisasi Nasional. Badan Standardisasi Nasional, 1–28. www.bsn.go.id

SNI 1971:2011. (2011). “Cara uji kadar air total agregat dengan pengeringan.” Badan Standarisasi Nasional, 1–11.

Badan Standardisasi Nasional. (2008). Cara uji analisis ukuran butir tanah SNI 3423:2008. Sni 3423:2008, 1–27.

Manual Desain Perkerasan Jalan No. 03/M/BM/2024, 389 (2024).

PUPR. (2004). Pedoman Survai Pencacahan Lalu Lintas Dengan Cara Manual. 1–36.

SALWA, S. (2023). Evaluasi Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga 2017 (Studi Kasus Jalan Darul Hikmah, Terong Tawah, Kecamatan Labuapi). In 2023.

Sukirman, S. (1999a). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Nova.

Sukirman, S. (1999b). Tl I/ ,1. Perkerasan Jalan Lentur, 1–129.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.