Inovasi Pemasaran dan Pengembangan UMKM Kerajinan Lokal Yang Berkelanjutan Melalui Digital Marketing (Studi Kasus: Ukir Kayu di Desa Sesela)
Abstract
Perkembangan teknologi digital membuka peluang baru bagi masyarakat desa dalam mengembangkan potensi ekonomi kreatif. Lokasi studi penelitian Desa Sesala yang memiliki potensi di bidang kerajinan tangan yang memiliki ciri khas lokal namun belum terekspos secara optimal dan mengalami kesulitan menjangkau pasar yang lebih luas. Desa Sesala memiliki potensi kerajinan tangan khas lokal namun terkendala pemasaran karena keterbatasan akses teknologi digital dan e-commerce. Penelitian ini bertujuan menganalisis inovasi pemasaran melalui digital marketing untuk mentransformasi penjualan dari pasar tradisional ke platform online. Dengan metode kualitatif deskriptif, ditemukan bahwa atraksi pengrajin kayu menjadi faktor pendukung, sedangkan minimnya pengetahuan digital marketing menjadi penghambat. Strategi yang direkomendasikan adalah inovasi pemasaran UMKM melalui digital marketing.
Abstract: The development of digital technology opens up new opportunities for rural communities in developing the potential of the creative economy. The location of the research study is Sesala Village, which has potential in the field of handicrafts that have local characteristics but have not been optimally exposed and have difficulty reaching a wider market. Sesala Village has the potential for local handicrafts but is constrained by marketing due to limited access to digital technology and e-commerce. This study aims to analyze marketing innovation through digital marketing to transform sales from traditional markets to online platforms. With a descriptive qualitative method, it was found that the attraction of wood craftsmen is a supporting factor, while the lack of digital marketing knowledge is an obstacle. The recommended strategy is MSME marketing innovation through digital marketing.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Muhamad Ngafifi, “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya” jurnal Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia, Volume 2, Nomor 1, 2014
Eris Dwi Retno, “Peranan Bmt Dalam Kemajuan Umkm Untuk Pembebasan Kemiskinan Pada Masyarakat”
Robi Setiawan, Fauziah Afriyani, Vhika Meiriasari, Mutiara Kemala Ratu, “Meningkatkan Omset Penjualan Umkm Di Desa Alai Selatan Kabupaten Muara Enim Melalui Pelatihan Strategi Pengembangan Sdm”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Volume 7, Nomor 3 September 2023.
Onesiforus Marbun, “Strategi Pengembangan Umkm Melalui Digital Marketing Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pengrajin Kriya Kayu Di Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara)”, 2022
Azhyqa Rereantica Martkliana, “E-Commerce: Pasar Digital Dan Barang Digital”, Tugas 11 Sistem Informasi Manajemen (Sim), 2021
Leni Sugiyanti, Melyona Zenia Rabbil, Kamilah Citra Oktavia, Mega Silvia, “Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm”, Vol.1 No.2, Bulan Desember Tahun 2022
Reggina Wike Anjani, “Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital”, Journal Of Qualitative And Quantitative Research, Vol. 1 No. 1 2024
Tirta Mulyadi, Abdul Wahab, Renny Lubis, Muhammad Asir, Hafidz Hanafiah,“Pemberdayaan Umkm Lokal Melalui Pelatihan Digital Marketing Dan E-Commerce”, Communnity Development Journal, Vol.4 No. 6 Tahun 2023
Rachmad Zainuri, Pompong Budi Setiadi, Tinjauan Literatur Sistematis: “Analisis Swot Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan”, Jurnal Maneksi Vol 12, No. 1, Maret 2023
Mahfudlah Fajrie, Bagaskara Adi Pradana, Muhammad Yusuf Rowi, Lutfi Nur Haryana Ihsan, Zaky Awaluddin Iskandar , Nur Faizin, “Pemanfaatkan Limbah Kayu Menjadi Kerajinan Fungsional Dan Bernilai Estetik Di Desa Bugel”, Journal Of Dedicator Community, Vol 6 No 3 Desember 2022
Annisa Wulandari, Abdul Gafaruddin, Wa Ode Yusria, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Industri Rumah Tangga”, Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media, Volume 1, No. 1, September 2023
Patrisius A. Fanataf, Sonny Tilaar, Esli D. Takumansang, “Analisis Keterjangkauan Masyarakat Terhadap Pasar Tradisional Di Kota Manado”, Jurnal Spasial Vol.7 No.2 2020
Elysa Septiana, Aji Damanuri, “Perubahan Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dan Generasi Z Terhadap Pembelian Consumer Goods Pada Era Digital Di Desa Beton”, Ournal Of Management And Accounting, 2024
Novita, Fahrul Riza, “Pengaruh Jangkauan Pasar, Skala Produksi Dan Panjang Saluran Pemasaran Terhadap Preferensi Petani Untuk Memiliki Sertifikasi Organik”, Jurnal Business Management, Vol. 14.2018
Terasne, Dira Permana, Ahmad Hanan, Sudirman,Baiq Sumarni, “Pelatihan Pembuatan Konten Web Dan Brosur Bagi Kelompok Ukm Kayu Ukir Desa Sesela”, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, Vol. 3, No.2 Desember 2022
Rizal Kurniansah, Ni Putu Ade Resmayani, Murianto, Lalu Masyhudi,I Gusti Ngurah Putu Dedy Wirawan, “Pkms Kelompok Usaha Pasar Seni Desa Sesela Kabupaten Lombok
Barat”, 2020
Slamet Subiyantoro, “Jaringan Proses Sosialisasi Nilai Seni Ukir Di Kabupaten Jepara”, 2020
Ahmad Fatoni, Nur Wakhid Hidayatno, S.Sn.,M.Sn, “Kreasi Motif Ukir Di Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek”, 2019
Andri Azaky, Elmustian, Syafrial, Dan Hasnah Faizah, “Ornamen Dan Ukiran Pada Jenjang An Dan Anjungan Rumah Adat Lontiok Desa Pulau Belimbing”, Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, Vol. 14, No. 2, September 2024
Ni Kadek Ayuniana Putri, “PENGEMBANGAN DIGITAL BRANDING PADA UMKM KERAJINAN UKIRAN KAYU MILIK BAPAK I KETUT MUDAYASA DI DESA SELAT KARANGASEM”, 2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.