Analisis Tentang Kebutuhan Kompetensi Guru Sejarah Di Era Digital
Abstract
This research aims to investigate and analyze the competencies needed by history teachers in facing the challenges of the digital era. The main focus is on mastery of technology, curriculum integration, and the ability to facilitate collaborative and technology-based learning. The method used is a systematic literature review to develop an in-depth understanding of the various approaches that have been applied to history education in history teachers which is crucial in preparing and facing the dynamics, modern learning. The implication of this research is the need for a holistic approach in training and professional development to ensure history teachers can effectively integrate technology into their teaching practices, thereby improving the quality of history learning and student academic outcomes in the digital era. 2020-2024 indexed in Scopus, DOAJ, and Google Scholar. to provide comprehensive insight into the important role of research-based learning in the context of history teaching.
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis kompetensi yang diperlukan oleh guru sejarah dalam menghadapi tantangan era digital. Fokus utama adalah pada penguasaan teknologi, integrasi kurikulum, dan kemampuan untuk memfasilitasi pembelajaran yang kolaboratif dan berbasis teknologi. Metode yang digunakan adalah systematic literature review untuk menyusun pemahaman mendalam terhadap berbagai pendekatan yang telah diterapkan pendidikan sejarah di guru sejarah menjadi krusial dalam mempersiapkan dan menghadapi dinamika pembelajaran modern. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan yang holistik dalam pelatihan dan pengembangan profesional untuk memastikan guru sejarah dapat efektif mengintegrasikan teknologi dalam praktik pengajaran mereka, sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah dan hasil akademis siswa di era digital. tahun 2020-2024 yang diindeks dalam Scopus, DOAJ, dan Google Scholar. untuk menyediakan wawasan yang komprehensif mengenai peran penting pembelajaran berbasis penelitian dalam konteks pengajaran sejarah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 1(1), 9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4813
Amar, S., Sulastri, A., & Murdi, L. (2019). Pentingnya Metode Pembelajaran Sejarah Berbasis Budaya Maritim untuk Siswa SMA. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 3(2), 109–117. https://doi.org/10.29408/fhs.v3i2.2147
Anuar Ahmad, & Nelson Jinggan. (2015). Pengaruh kompetensi kemahiran guru dalam pengajaran terhadap pencapaian akademik pelajar dalam mata pelajaran Sejarah. Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, Bil 3(2), 1–11.
Artikel, I. (2022). Workshop Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. 3(2), 627–633.
Hidayanti, P. N. (2021). Literasi Digital: Urgensi dan Tantangan dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 155–162. https://doi.org/10.17509/factum.v10i2.39203
Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4
Kompetensi, A., Guru, D., Dasar, S., Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 4600–4611.
Konsepsi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Di Era Disruptif Salman Alparis Sormin, Ali Padang Siregar, Cipto Duwi Priyono. (2017). 647–662.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.
Maulida, Y. (2022). Pentingnya Peran Guru Sejarah Dalam Berinovasi Menghadapi Ancaman Perkembangan Teknologi Informasi Di Abad Ke-21. 1–11.
Nurvita, A. I. (2018). Peran guru sejarah dalam meningkatkan karakter nasionalis pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang. Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University, 1(5), 1–75. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12862%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/12862/1/14130114.pdf
Parwati, N. P., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi guru sejarah dalam menghadapi tantangan pendidikan indonesia di era society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256
Pipit Widiatmaka. (2022). Strategi guru dalam membangun karakter nasionalisme pada generasi milenial di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 228–238.
Pramono, S. E. (2014). Kinerja Guru Sejarah: Studi Kausal Pada Guru - guru Sejarah SMA DI Kota Semarang. Paramita: Historical Studies Journal, 24(1), 114–125. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/paramita/article/view/2868%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/paramita/article/download/2868/2917
Rifky Maulani, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi digital dalam Pembelajaran. 2019, 1–8. https://ibnurafisite.wordpress.com/2019/09/22/pemanfaatan-teknologi-digital-dalam-pembelajaran/#more-6175
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Sofia, I., Nafla, S. A., Siraj, S., Situmorang, S., Wulandari, T., & Hidayatullah, T. Y. (2023). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. EDUCATIVO: Jurnal Pendidikan, 2(1), 183–188.
Sofiarini Andriana, & S. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajara perkembangan zaman. Guru sejarah dapat berkreativitas dengan memanfaatkan atau menciptakan sebuah media pembelajaran yang dibutuhkan peserta didik. Pem. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 4(2), 79–93.
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42–72. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.383
Suyanti, S. (2019). Peran Guru Sejarah Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0. Foundasia, 10(2), 33–44. https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.27924
Tanjung, S., & Supriatna, N. (2021). Literasi Kreatif: Membangun Keterampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal Kesultanan Langkat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i2.47999
Yunita, Y. (2023). Telaah Kompetensi Guru di Era Digital dalam Membangun Warga Negara yang Baik. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 4(1), 73–86. https://doi.org/10.21154/asanka.v4i1.5958
Refbacks
- There are currently no refbacks.