IMPLEMENTASI WEBGIS BERBANTUAN MY MAPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SPASIAL SISWA KELAS X SMA DI KOTA SEMARANG MATERI INTERPRESTASI CITRA

Pradika Adi Wijayanto, Apik Budi Santoso, Juhadi Juhadi, M. Rifky Abu Zamroh, Aulia Syafira Fithri Syafira Fithri, Ika Nura Fina, Rafi Naufal Thariq Raihan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan WebGIS berbantuan My Maps guna meningkatkan kemampuan analisis spasial siswa kelas X SMA di Kota Semarang dalam pembelajaran materi interpretasi citra. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan analisis spasial siswa dan keterbatasan akses terhadap teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan siswa dari SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 5 Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada keterampilan analisis spasial siswa setelah penggunaan WebGIS berbantuan My Maps, ditunjukkan oleh peningkatan skor praktik keterampilan dari fase awal ke fase akhir pada seluruh sekolah. Selain itu, respons siswa terhadap penggunaan media ini sangat positif, dengan sebagian besar siswa menilai media mudah diakses, interaktif, dan sesuai dengan kurikulum merdeka. Temuan ini menunjukkan bahwa WebGIS berbasis My Maps efektif dalam mendukung pembelajaran geografi dan berpotensi untuk diterapkan secara lebih luas dalam pendidikan spasial di tingkat menengah.

 

Abstract: This study aims to implement WebGIS assisted by My Maps to improve the spatial analysis skills of 10th-grade high school students in Semarang City in the subject of image interpretation. The background of this research lies in the students' low spatial analytical abilities and limited access to Geographic Information System (GIS) technology in schools. A pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design was employed, involving students from SMAN 1, SMAN 3, and SMAN 5 Semarang City. Data were collected through observation, questionnaires, and documentation. The results showed a significant improvement in students' spatial analysis skills after using WebGIS assisted by My Maps, as evidenced by increased performance scores from the initial to final skill practice phases across all schools. Furthermore, student responses to the use of this media were overwhelmingly positive, with most students finding it accessible, interactive, and aligned with the independent curriculum. These findings indicate that WebGIS based on My Maps is effective in supporting geography learning and holds great potential for broader application in spatial education at the secondary school level.


Keywords


WebGIS, My Maps, Spatial Analysis, Image Interpretation

Full Text:

PDF

References


Dahlan, T., & Maulidiah, N. D. (2024). Integrasi Teknologi Gis Dalam Pengajaran Pendidikan Geografi: Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Spatial. Gletser Ilmu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi Dan Geografi Murni, 01(01), 1–5.

Denih, A., & Kurnia, E. (2020). Sistem Informasi Geografis Terintegrasi dengan Internet of Things (IOT) serta Penerapan Studi Kasus. Komojoyo Press.

Dewanti, P., Pengabdian, I. I.-S. J., & 2022, undefined. (2022). Pengenalan Sistem Informasi Geografis Sebagai Nilai Tambah Pembelajaran Geografi Di Sma Kristen Harapan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 1039–1045.

Elsa Frizani, D., Laila Nugraha, A., & Awaluddin, M. (2021). Pengembangan Webgis Untuk Informasi Kerentanan Terhadap Ancaman Banjir. Jurnal Geodesi Undip (JGUndip), 10(2).

Farihah, S. N., Irawan, L. Y., Febrianto, A. D., Utomo, D. S., Tan, I. G.-C., Hawa, N. N., & Begum, R. (2024). Geography teacher profile towards geospatial technology usage for geography learning in senior high school. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 29(2).

Ismail, J. R., Nandi, N., & Ridwana, R. (2023). The Development of Worksheet Based on Google My Maps Web Application to Attain Basic Competencies in High School Geography Learning. JURNAL GEOGRAFI Geografi Dan Pengajarannya, 21(1), 77–92.

Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Geografi SMA/MA.

Kurniati, N., Tampubolon, B., & Christanto, L. H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sig Dengan Aplikasi Qgis Pada Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1).

Kurniawan, B. (2015). Pengembangan media pembelajaran Geografi berbasis Web di MAN 3 Malang [Undergraduate thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Medani, Z. P., Suharto, Y., Taryana, D., & Sumarmi, S. (2022). Pengaruh model guided discovery learning berbantuan google my maps terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMAN 1 Singosari. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(6), 534–547.

Mubarak, S., Susilaningsih, E., & Cahyono, E. (2016). PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI. Journal of Innovative Science Education, 5(2).

Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510.

Nyokro, M., Lusi, S., Risklaritas, S., Muhammad, F., & Dedy Miswar, D. M. (2023). Teaching geography using Web-GIS to improve students’ spatial thinking ability. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 38–46.

Purwanto, P., Astuti, I. S., Hartono, R., & Oraby, G. A. E. M. (2022). ArcGIS story maps in improving teachers’ Geography awareness. Jurnal Pendidikan Geografi, 27(2), 206–218.

Putri, P. H., & Sriyanto, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Google Earth Dalam Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Keterampilan Geografi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 52 Jakarta. Edu Geography, 10(2), 15–34.

Rafsanjani, A. (2023). Pemanfaatan WebGIS sebagai Sumber Belajar Geografi pada Materi Potensi Fisik dan Sosial di Nagari Koto Sani [Doctoral dissertation]. Universitas Negeri Padang.

Rahayu, S. T., Handoyo, B., & Rosyida, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa melalui penerapan Project Based Learning dengan menggunakan platform google classroom. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(1), 68–80.

Santoso, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 6(2), 152–162.

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku penilaian berorientasi higher order thinking skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Somantri, L., & Hamidah, S. (2024). Effects of webGIS-based spatial intelligence training on Geography teacher’s spatial skills. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 28(1).

Sugandi, D. (2014). Pembelajaran Sistem Informasi Geografis Bagi Guru Geografi di Kabupaten Bandung Dan Bandung Barat. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 1–12.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Jakarta.

Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42–50.

Zahara, L., Munthe, I. R., & Ritonga, A. A. (2021). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Labuhanbatu Menggunakan WEBGIS. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 7(2), 187–194.




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v13i1.26699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: