PENGEMBANGAN E-MODUL GEOGRAFI TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QURAN BERBASIS FLIPBOOK DI MAN 2 PONTIANAK

Ega Safira, Maria Ulfah, Nur Meily Adlika

Abstract


Abstrak: Minimnya ketersediaan media pembelajaran dalam pembelajaran geografi dapat mengakibatkan kesulitan belajar yang berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik terkait materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul geografi terintegrasi ayat-ayat Al-Quran berbasis flipbook di MAN 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan yaitu define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Data dihitung dalam perhitungan kuantitatif dan dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan e-modul hasil validasi ahli materi sebesar 97,66% yang dikategorikan sangat layak. Kelayakan kegrafikan oleh ahli media sebesar 84,66% dengan kategori sangat layak, dan kelayakan integrasi materi dengan Islam oleh validator agama sebesar 85,2% masuk kategori sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan kelayakan e-modul sebesar 86,42% dengan kualifikasi sangat baik. Pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase kelayakan sebesar 82% dengan kategori sangat baik, dan uji coba guru geografi diperoleh persentase kelayakan sebesar 92,66% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil keseluruhan uji kelayakan oleh 3 validator ahli dan uji coba produk, diketahui bahwa e-modul memiliki kategori yang sangat layak, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran maupun penelitian lanjutan.

 

Abstract:  The lack of availability of learning media in geography learning can lead to learning difficulties that affect students' understanding of the material taught. This study aims to produce a flipbook based integrated geography e-module of Al-Quran verses in MAN 2 Pontianak. The research method used in this study is Research and Development (R&D) with the 4D development model modified into 3 stages namely define, design and develop. The data collection technique used was a Likert scale questionnaire. The data were calculated in quantitative calculations and analysed in descriptive statistics. The results showed the feasibility of the e-module from the material expert validation of 97.66%, which was classified as very feasible. The feasibility of graphics by media experts is 84.66% with a very feasible category, and the feasibility of material integration with Islam by religious validators is 85.2% in the very feasible category. The results of the small group trial showed that the feasibility of the e-modules was 86.42% with very good qualifications. In the large group trial, the feasibility percentage was 82% with a very good category, and the geography teacher trial obtained a feasibility percentage of 92.66% with very good qualifications. Based on the overall results of the feasibility test by 3 expert validators and product trials, it is known that the e-module has a very feasible category, so it can be used in the learning process and further research.


Keywords


E-module; Geography; Integrated with Al-Quran Verses; Flipbook

Full Text:

PDF

References


Aksa, F. I., & Afrian, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kosmografi Berbasis Al Quran Untuk Meningkatkan Kecerdasanspiritual Mahasiswa. Media Komunikasi Geografi, 18(2), 117-127, DOI: https://doi.org/10.23887/mkg.v18i2.12497

Annisa, H. S., Istiningsih, S., Hidayati, V. R., Rahmatih, A. N. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3768-3780, DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8667

Aprileny Hutahaean, L., Siswandari, & Harini. (1019). Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED

Apriyeni, O., Alberida, H., & Laila Rahmi, Y. (2021). Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 8–13. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index

As-Syiba, G. N., Yudianto, S. A., & Kusumawaty, D. (2023). Pengembangan Modul Sistem Imun Terintegrasi Nilai Religi untuk Meningkatkan Sikap Spiritual dan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Lectura: Jurnal Pendidikan, 14(1), 15–27. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.10910

Astriani, A., Hadiati, S., Nofita Sari, I. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Discovery Learning Pada Praktikum IPA Materi Listrik Dinamis di kelas IX. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya (JPSA), 5(2), 51–58. https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4234

Ayu Wina Hastari, G., Gede Agung, A. A., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 7, Issue 1).

Hikmawati, Fenti (2017). Metodologi Penelitian. Depok: RAJAWALI PERS.

Delita, F., & Berutu, N. (2022). ONLINE LEARNING: The Effects of Using E-Modules On Self-Efficacy, Motivation And Learning Outcomes. Turkish Online Journal of Distance Education, 23(4), 93-107, https://doi.org/10.17718/tojde.1182760

Delvita Sari, S. (2019). Pengembangan E-modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Journal of RESIDU, 3(14). www.rc-institut.id

Dewi, A., Ayu, N., & Lestari, P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035

Dwi Anggriani, F., Arsih, F., Fuadiyah, diyatul, & Olvia Rahmi, F. (2024). Literature Review: Validity Of E-Module Development in Senior High School Biology Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah. 7(2), 130-137. https://mail.ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/310

Fahmi, A. N., Yusuf, M., & Muchtarom, M. (2021). Integration of Technology in Learning Activities: E-Module on Islamic Religious Education Learning for Vocational High School Students. Journal of Education Technology, 5(2), 282–290. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET

Fitriani, L., & Krisnawati, Y. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977

Latifah, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 155–164. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.89

Maghfiroh, A., Wahyudi, A., Mutia, T., & Putra, A. K. (2024). Development Of E-Ganer (Electronic Geography Corner) on Disaster Mitigation and Adaptation Materials. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Pendidikan, 12(2), 894-908. http://journal.ummat.ac.id/index.php/geography

Maulida, L., Eka Murtinugraha, R., & Arthur, R. (2023). Model Four-D Sebagai Implementasi Untuk Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Modul Mata Kuliah K3 Article Info ABSTRAK. In Jurnal Pendidikan West Science (Vol. 01, Issue 07). DOI: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.532

Nofrion. (2018). BAB II Karakteristik Pembelajaran Geografi Abad 21. https://belajarpedagogi.files.wordpress.com/2013/04/

Nur Hakim, L., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Electronic Module (E-Module) Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, JKTP, 3(3), 239–250. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p239

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187. DOI: 10.33511/misykat.v3i1.52

Prasetyono, R. N., Cipta, R., & Hariyono, S. (2020). Development of Flipbook using Web Learning to Improve Logical Thinking Ability in Logic Gate. In IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications (Vol. 11, Issue 1). www.ijacsa.thesai.org

Putri, N. M. (2020). Pengembangan Booklet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP di SMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8. DOI: https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p925-931

Rahmayani, S., Mahsul, A., & Sholehah, N. (2022). Pengembangan Modul Sistem Pencernaan Manusia dengan Mengintegrasikan Ayat-Ayat Al-Qur’an. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 6(1), 69–76. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/647

Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020.). Upaya Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Instructional Development Journal (IDJ). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ

Rohmadi, M., Yuliani, H., Syar, N. I., Supriatin, A., Azizah, N., Perriy, P., & Dinawati, N. C. (2022). Pengenalan Media Pembelajaran Exe-Learning Terintegrasi Nilai Keislaman pada Pelajaran Fisika. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 103. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2775

Seviana, R., Rosyida, F., & Atmoko, R. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Pembelajaran Geografi Materi Planet di Tata Surya. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 6(2), 198 208. DOI: https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6122

Wijayanto, B., Sumarmi, Utomo, D. H., Handoyo, B., & Aliman, M. (2023). Problem-Based Learning Using E-Module: Does It Effect on Student’s High Order Thinking and Learning Interest in Studying Geography? Journal of Technology and Science Education, 13(3), 613–631. https://doi.org/10.3926/jotse.1965

Yenny, N., Delita, F., & Sidauruk, T. (2022). Development Of E-Modules in Geography Subject to Improve Self-Regulation, Motivation and Learning Outcomes. In Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography EducationJune (Vol. 6, Issue 1). http://sjdgge.ppj.unp.ac.id/index.php/Sjdgge

Yusuf, M. (2023). Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Islam: Menjembatani Kesenjangan antara Sains dan Agama. In SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam (Vol. 4, Issue 2). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

Zahara, M. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem-Solving Pada Materi Pemanasan Global. IJSL: Indonesian Journal of Science Learning, 2023(2), 101. https://doi.org/10.15642/ijsl.v4i2.2582

Zeni Aprilia, L., & Sri Wahyuni, T. (2023). Uji Validitas dan Respon Siswa Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 13(2), 185. https://doi.org/10.21009/JRPK.132.11




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v13i1.28406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: