IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS TEKNOLOGI MELALUI PEMBUATAN PETA DIGITAL DENGAN MICROSOFT EXCEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GONDANGLEGI

Corrie Teresia Purba, Purwanto Purwanto, Wijiyono Wijiyono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa SMA melalui pemanfaatan fitur 3D Map Excel dalam pembelajaran geografi berbasis Project-Based Learning (PjBL). Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keterampilan spasial siswa akibat dominasi metode konvensional dalam pembelajaran dan kurangnya pemanfaatan teknologi geospasial. Hal ini menyebabkan siswa memiliki keterbatasan dalam memahami konsep spasial secara kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PjBL yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Gondanglegi. Instrumen yang digunakan meliputi pre-test, post-test observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan berpikir spasial siswa, di mana pada siklus kedua sebanyak 91,18% siswa mencapai kategori tinggi dan seluruh siswa melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Fitur 3D Map Excel terbukti efektif memperkuat pemahaman konsep spasial, alat representasi visual, dan kemampuan analisis data geografis. Visualisasi tiga dimensi memudahkan siswa memahami distribusi spasial dan hubungan antarwilayah. Temuan ini menunjukkan bahwa teknologi sederhana dan mudah diakses seperti 3D Map Excel dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran geografi dan menunjang pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran abad-21.

 

Abstract: This research aims to improve the spatial thinking skills of high school students through the utilisation of 3D Map Excel feature in geography learning based on Project-Based Learning (PjBL). The background of this research comes from the low spatial skills of students due to the dominance of conventional methods in learning and the lack of utilisation of geospatial technology. This causes students to have limitations in understanding spatial concepts contextually. This study used the Classroom Action Research (PTK) method with the PjBL model which was carried out in two cycles on students of class X-6 SMA Negeri 1 Gondanglegi. The instruments used include pre-test, post-test, observation and documentation. The results showed a significant increase in students' spatial thinking ability, where in the second cycle as many as 91.18% of students reached the high category and all students exceeded the Minimum Completion Criteria (KKM). Excel's 3D Map feature proved effective in strengthening students' understanding of spatial concepts, visual representation tools, and geographic data analysis skills. The three-dimensional visualisation made it easier for students to understand spatial distribution and inter-regional relationships. This finding shows that simple and accessible technology such as 3D Map Excel can be an innovative solution in geography learning and support technology-based learning in 21st century learning.


Keywords


Spatial Thinking Skills; Project-Based Learning (PjBL); Microsoft Excel 3D Maps

Full Text:

PDF

References


Adzani, N., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2023). Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA Negeri di Kota Balikpapan. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v4i1.1687

Anggreni, D. P., & Sumarmi, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Geoliteracy (GIGL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Pada Pelajaran Geografi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 114–125. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.12259

Aulia, A. T., & Aji, A. (2024). Hubungan Antara Literasi Lingkungan Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan Pada Peserta Didik di Sekolah Adiwiyata SMA N 4 Semarang. Edu Geography, 11(3), 1–9. https://doi.org/10.15294/edugeo.v11i2.69710

Cholifah, N., & Alfi, C. (2022). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Spasial Mahasiswa Melalui Pembelajaran Sistem Informasi Geografi Sebagai Penguat Karakter Peduli Lingkungan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(3), 660. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1003

Curtis, M. D. (2019). Professional Technologies in Schools: The Role of Pedagogical Knowledge in Teaching With Geospatial Technologies. Journal of Geography, 118(3), 130–142. https://doi.org/10.1080/00221341.2018.1544267

Dahlan, Y., Picauly, V. E., & Rehalat, A. (2023). Analisis Kendala Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Oleh Guru Ekonomi Di SMA Negeri 31 Maluku Tengah. Jurnal Indopedia: Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan, 1(2), 310–318. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/40%0Ahttps://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/download/40/35

Dahlia, S., Putra, A. A., Geografi, P., Timur, J., Geografis, I., Digital, P., & Gis, A. (2019). 3149-Article Text-8364-1-10-20191023. 8(2), 248–257.

Dhiya Rahma, Nada Nupus Ihwani, & Nadila Sofia Hidayat. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 12–21. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.13298

Djoeaeriah, N. D., & Sofyan Iskandar. (2024). Implementation of the Independent Learning Curriculum in 21St Century Learning. Progres Pendidikan, 5(1), 32–38. https://doi.org/10.29303/prospek.v5i1.429

Duarte, L., Teodoro, A. C., & Gonçalves, H. (2022). Evaluation of Spatial Thinking Ability Based on Exposure to Geographical Information Systems (GIS) Concepts in the Context of Higher Education. ISPRS International Journal of Geo-Information, 11(8). https://doi.org/10.3390/ijgi11080417

Efendi, R., & Novia, H. (2024). Analysis of The Need for Using Geospatial Technology in Developing Electronic Student Worksheet. 27(2), 393–406.

Fikriyah, V. N., & Furoida, K. (2021). Peningkatan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pelatihan Software Pemetaan. Abdi Geomedisains, 1(2), 50–58. https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v1i2.211

Hamdan, A., Kurnia, A., & Tan, I. (2024). Geo-Virtual Reality ( GVR ): The creative materials to construct spatial thinking skills using virtual learning based metaverse technology. Thinking Skills and Creativity, 54(June), 101664. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101664

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA GEOGRAFI DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(1). https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2659

Hidayanti, I. H., Sumarmi, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1222. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12730

Hidayanti, N., Soekamto, H., & Masruroh, H. (2023). Model Project Based Learning berbantuan 3D Maps materi pola aliran sungai: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 3(4), 354–366. https://doi.org/10.17977/um063v3i4p354-366

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Jayanta, I. N. L., & Wibawa, I. M. C. (2024). PENGUATAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PENERAPAN. 9(November), 2270–2275.

Kartadireja, W. N., Somantri, L., & Sugito, N. T. (2024). Penggunaan Media Berbasis Sistem Informasi Geografis untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial dalam Pembelajaran. … Pendidikan Geografi, 9(3), 138–146. http://jppg.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/127%0Ahttps://jppg.uho.ac.id/index.php/journal/article/download/127/55

Khairurraziq. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI GEOSPASIAL SEBAGAI MEDIA. 8(September), 201–209. https://doi.org/10.29408/geodika.v8i2.27286

Manek, A. H., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2019). Pengaruh Model Spasial Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 440. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12245

Nandi kurniawan. (2022). Kemampuan Berpikir Spasial Mahasiswa Mata Kuliah Ilmu Perpetaan Di Prodi Pendidikan Ips. Edukasi IPS, 6(2), 39–46. https://doi.org/10.21009/eips.006.02.04

Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031

Oruikor, G. J., Ewane, H. D., Durotoye, M. P., & Akomaye, C. . (2023). The impact of classroom design on student learning: A case study of Cameron schools. Journal of Global Issues and Interdisciplinary Studies, 1(1), 21–40. www.instituteofhealthsc.com

Pahrijal, R., & Novitasari, S. A. (2023). Urgensi Menghadapi Hambatan Digital dalam Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Siswa di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan West Science, 1(10), 644–653. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i10.729

Pratama, H. (2024). Introduction To Geography Education Based On Exploration Of The Surrounding. International Conference on Education, Society and Humanity, 02(01), 95–101.

Purwanto, & Mellyana, I. M. (2024). Enhancing Spatial Thinking Awareness of World-Scale Geography with Excel Dynamic Map Charts and Virtual Globes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 18(1), 150–167. https://doi.org/10.3991/ijim.v18i01.45971

Purwanto, P. (2021). The Spatial Thinking Ability Students on the Character of Urban and Rural Environments in Solving Population Problems. 11(3).

Putra, A. K. (2021). The Effect of Blended Project-Based Learning with Stem Approach to Spatial Thinking Ability and Geographic Skill. 14(3), 685–704.

Raden Adinda Zalfa, Rizka Putri Ayuning, & Rustini, T. (2023). Pengembangan Spatial Literacy Untuk Meningkatkan Pembelajaran Geografi Di Sekolah Dasar. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 173–182. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.787

Rehani, A., & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 487–496. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/273

Ridha, S., Afriyani, M. P., Anja, A., & Padang, S. (2023). Rancangan Soal Geografi Menggunakan Taxonomy of Spatial Thinking Melalui Aplikasi Android. Jambura Geo Education Journal, 4(2), 112–120. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i2.18918

Ridha, S., & Kamil, P. A. (2021). The Problems of Teaching Geospatial Technology in Developing Countries: Concepts, Curriculum, and Implementation in Indonesia. Journal of Geography, 120(2), 72–82. https://doi.org/10.1080/00221341.2021.1872681

Rijal, S., Azis, A. A., Chusumastuti, D., Susanto, E., Nirawana, I. W. S., & Legito. (2023). Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Masyarakat. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 156–170. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1i03.123

S. Salam, R., Nurfaika, N., & Koem, S. (2023). Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik Menggunakan Citra Google Earth Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Gorontalo. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(2), 56–61. https://doi.org/10.37905/geojpg.v2i2.22569

Sejati, S. P. (2021). Teknologi Geospasial Sebagai Media Pembelajaran Geografi di Lingkungan Sekolah Tingkat Menengah. Geomedia Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 19(1), 15–25. https://doi.org/10.21831/gm.v19i1.37713

Selfiardy, S. (2022). Taksonomi Berpikir Spasial (Taxonomy of Spatial Thinking) Dan Kesesuaiannya Di Sman 1 Tomohon. GEOGRAPHIA : Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 3(1), 55–59. https://doi.org/10.53682/gjppg.v3i1.4578

Sudirman, S., & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60–72. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. 4, 1–19.

Wijayanto, B., Sutriani, W., Luthfi, F., & Studi Geografi, P. (2020). Kemampuan Berpikirspasial Dalam Pembelajaran Abad Ke-21. Jurnal Samudra GeografiP-ISSN: 2716-2737; E-ISSN: 2716-2001Vol.03No.02(2020)Available at Https://Ejurnalunsam.Id/Index.Php/Jsg/Article/View/2495, 03(02), 42–50. https://ejurnalunsam.id/index.php/jsg/article/view/2495

Xhomara, N. (2022). Critical thinking: Student-centred teaching approach and personalised learning, as well as previous education achievements, contribute to critical thinking skills of students. International Journal of Learning and Change, 14(1), 101–120. https://doi.org/10.1504/ijlc.2022.119513




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v13i1.29010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: