Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Era New Normal Di Min 17 Aceh Barat

Muliana A, Jailani Jailani, Abidah Abidah

Abstract


Abstrak: Peran guru merupakan sesuatu yang dilakukan guru dalam mendesain pembelajaran. Dalam masa new normal minat siswa dalam menjalankan aktivitas belajar di sekolah menjadi menurun karena pengaruh selama masa covid-19. Untuk itu ketika masa new normal ini guru harus mampu memotivasi siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan cara mengkreativitaskan proses pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini untuk mengetahui kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dan kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa MIN 17 Aceh Barat di masa new normal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi serta menempuh teknik analisis kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa dilakukan dengan mengembangkan strategi pembelajaran dengan penggunaan metode yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan dan juga melibatkan siswa belajar secara aktif. Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat siswa di MIN 17 Aceh Barat adalah tingkat daya serap siswa yang berbeda-beda, selain itu karena siswa kurang bimbingan dari orang tua di rumah sehingga menghambat proses guru dalam meningkatkan minat belajar di sekolah. Kendala tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dari diri siswa dan faktor eksternal dari siswa itu sendiri.

 

Abstract: The teacher's role is something the teacher does in designing learning. In the new normal period, students' interest in carrying out learning activities at school decreases due to the influence of the covid-19 period. For this reason, during this new normal period, teachers must be able to motivate students in increasing student interest in learning by being creative in the learning process. The aim of this research is to determine the creativity of teachers in increasing students’ interest in learning and the obstacles faced by teachers in increasing student interest in MIN 17 Aceh Barat in the new normal period. This research is field research with a qualitative method approach. In collecting data, the author used interview, observation and documentation techniques and used qualitative analysis techniques. From the research that has been done, it showed that the creativity of teachers in developing learning to increase students' interest in learning is done by developing learning strategies by using interesting methods according to the material being taught and also involving students in active learning. The obstacle faced in increasing student interest in MIN 17 Aceh Barat is the level of absorption of students who are different, in addition because students is lack of parent’s guidance at home, thus hampering the teacher's process of increasing interest in learning at school. These constraints are influenced by internal and external factors from students themselves.

Keywords


peran guru; minat belajar; minat siswa; new normal; teaching role; learning interest; students interest; covid

Full Text:

PDF

References


Abbas, A. . (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Arnawati. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sman 11 Sinjai. Jurnal Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, 1(1), 3.

Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Daradjat, Z. (1996). Metodologi Pengajaran Agama. Jakarta: Bumi Aksara.

Djumhur dan Moh. Surya. (2005). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV. Ilmu.

Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lusi Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 152.

Mustakim, U. . (2020). Efektivitas Pembelajaran di Era New Normal Terhadap Hasil belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Uniqbu Journal Of Exact Sciences (UJES), 1(1), 42.

Pentury, H. . (2017). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 266.

Slameto. (2008). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, D. . (2003). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i1.10315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE