PENGARUH PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN TERHADAP SIKAP PERILAKU SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BERAU

Mappanyompa Mappanyompa Mappanyompa, Husnan Husnan Husnan

Abstract


Pengintegrasian pendidikan agama dan pendidikan sekuler yang dilakukan KH. Ahmad Dahlan disaat mayoritas masyarakat muslim menolak berbagai hal yang berbau kolonial  merefleksikan kesadaran pentingnya membangun Islam di atas fondasi kemajuan. Oleh karenanya, dalam sejarah perkembangan Muhammadiyah, pendidikan adalah lokomotif kemajuan dan itu sangat relevan dengan konteks dan tuntutan sosiologis bangsa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan tentang Pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan terhadap Sikap Perilaku siswa bidang studi Pendidikan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Berau. Dari penelitian ini diperoleh: Pertama: Dalam segala aspek-aspeknya bahwa pengaruh Pendidikan kemuhamadiyahan mempunyai pengaruh yang cukup (Cukup Berpengaruh) terhadap Sikap Perilaku Siswa di SMA Muhamadiyah Berau. Kedua: Dari hasil analisis dan dilaporkan secara deskriptif yang menampilkan hasil dalam dalam bentuk verbal kemudian dipersentasekan dengan menggunakan rumus, maka, hasil penelitian menunjukkan bahwa  pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan terhadap Sikap Perilaku Siswa SMA Muhammadiyah Berau adalah cukup berpengaruh. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang kemudian di tabulasi dengan menggunakan peresentasi di interpretasikan dengan menggunakan skala interpretasi yang ditetapkan, maka diketahui angka 2,210 termasuk kedalam kategori cukup baik. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan terhadap sikap prilaku Siswa khususnya kelas X dan XI yang diperoleh yakni dapat di kategorikan Cukup Berpengaruh.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Hatta, MA, Tafsir Qur’an Perkata Jakarta: Magrifah Pustaka 2009.

Ali Syari’ati, Tentang Sosiologi Islam, terj. Saifullah mahyudin, dari judul asli On The Sociologi Of Islam, (Yogyakarta: Amanda 1982).

Amir Hamzah Wirjosukarto, Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran Islam yang Diselenggarakan oleh Pergerakan Muhammadiyah, UP. Ken Mutia, Malang, 1968.

Asjmuni Abdurrahman, H. Moelyadi, Tanya Jawab Agama, Tim Majelis Tarjih Dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, (Yogyakarta, November 2003)

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam (Tarsito Bandung 2002).

Bambamg Soehendro, Pedoman Model Penilaian Kelas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan TK-SD-SMP-SMK-MI-MTs-MA-MAK, (Jakarta 2007), hal 3

Bambang Abu Abdirrohman, Al Atsary Al Bayaty Artikel: www.muslim.or.id

Daoed Yoesoef (1980)

Daoed Yoesoef, Paradigma Pendidikan, Jakarta: 1980

Djamal’uddin Ahmad Al Buni, Pendidikan Kemuhammadiyahan Sekolah Menengah Umum, (Surbaya:PT. Bina Ilmu 1996)

Mulyasa (2007), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fadhil Al-Jamil,Menerabas Krisis Pendidikan Dunia Islam, terj. H.M. Arifin (Jakarta: Golden Terayon Press, 1992).




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i1.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE