MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) KARANG BARU MATARAM Aqodiah
Abstract
Mengenyam pendidikan merupakan suatu hal yang wajib bagi seluruh generasi bangsa ini, karena kita masih tergolong negara yang rendah dalam pendidikan, walaupun demikian halnya, masyarakat Indonesia pada umumnya dan khususnya di Mataram Nusa Tenggara Barat tidak putus harapan untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain. Dan yang menjadi cirri khas pendidikan yang paling penting sebagai corak pendidikan di Indonesia adalah adanya pendidikan madrasah ibtidaiyah (MI) yang sejajar dengan sekolah dasar (SD). Walaupun sekolah dasar lebih dahulu berdiri, tetapi madrasah ibtidaiyah mampu mengimbangi dengan berbagai macam kemajuan yang dicapai baik dari segi kualitas maupun kuantitas peserta didik.
Inilah yang menjadi kajian penting dalam artikel ini yakni motivasi orang tua yang menyekolahkan anaknya di MIN Karang Baru Mataram adalah terletak pada beberapa point di bawah ini:Kurikulum madrasah yang mengacu pada pembelajaran yang berbasis pada keterpaduan antara bidang studi umum dan agama yang berada di bawah naungan Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama RI. Sistim akademik yang menjadi nilai tambah bagi MIN Karang baru Mataram yaitu sistim Qiroaty yang diprogramkan sebagai wahana pembinaan pembacaan al-Qur’an sesuai tingkat atau kelas para siswa yang dilaksanakan tiga puluh menit sebelum pelajaran dimulai, dari pukul 07.00-07.30, dan dilengkapi dengan program praktek amal ibadah, disiplin dalam setiap aturan sekolah. Adapun yang menjadi harapan orang tua pada dasarnya tercermin dari sistem kurikulum madrasah dalam arti orang tua mengharapkan putra-putrinya memiliki ilmu agama dan umum yang menjadi bekal dasar untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan dapat menjaga diri dalam pergaulan di masyarakat.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abror, Abd Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: Tiara Wacana.
Anonim,1978.Al-Qur’an dan Terjemahnya.Jakarta : Depag RI.
Anonim, Tim Dosen FIP-IKIP Malang, 1988. Pengantar Dasar-dasar Penddikan.Surabaya : Usaha Nasional.
Anonim, 2003. Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). 2003. Jakarta :Redaksi Sinar Grafika.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian.Rineka Cipta: Jakarta.
Faisal, Sanafiah. 1990. Penelitian Kualitatif Dasar-dasar dan Aplikasi.Malang : Arruz Media.
Mansyur. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam / Depag RI.
Mukhtar.2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam.Jakarta : CV Misaka Galiza.
Moeslichatoen.1999. Metode Pengajarn di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution.2000. Didaktis Asas-asas Mengajar.Jakarta ; Bumi Aksara.
Rakhmad, Jalaluddin. 1994. Psikologi Komunikasi. Bandung :Remaja Rosda Karya Offset.
Singarimbun, Masri dk. 1983. Metode Penelitian Survei. Jakarta:LP3ES.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sukandarrumidi. 2002. Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Gadjah Mada Universti Press.
Syalthut, Muhammad. 1990. Tafsir Al-Qur’anul Karim.Bandung ; Diponegoro.
Tafsir, Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Prospektif Islam.Bandung ; Remaja Rosda Karya.
Syah, Muhibbin.1995. Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syarifuddin, Amir.2008.Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al Qur’an,Jakarta: Gema Insani.
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v3i1.1052
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE