MODEL KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN MELALUI KAJIAN TEMATIK

Hidayatussaliki, Tutik Hamidah Hidayatussaliki, Tutik Hamidah

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah guna mengetahui Tafsir tematik tentang konsep, dan model kepemimpinan Islam yang dijabarkan lebih lanjut dalam beberapa tujuan antara lain: Untukmmendeskripsikan konsep, dan model kepemimpinan Islam dalam kajian tafsir tematik. Dengan demikian, metodologi yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah metodologi penelitian kualitatif, kategori penelitian deskriptif-kritis berdasarkan tujuannya. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah studi literatur dan teks Al-Qur'an. Ayat-ayat Al-Qur'an di jadikan sebagai data primer dan sekunder. Adapun hasil penelitian ini memposisikan: 1). Konsep kepemimpinan dalam Islam sebagai suatu konsep interaksi, hubungan, kegiatan yang mempengaruhi, kegiatan yang mengarahkan sekaligus berkoordinasi baik secara horizontal maupun vertical, berazaskan nilai-nilai ke-Islaman. Dalama al-Qur’an, terkait pemimpin diuraikan dengan berbagai macam istilah antara lain: Khalifah Imam, Uliaal-Amri dan Malik. Makna keempat istilah ini terkait dengan makna "pemimpin", para ulama menawarkan interpretasi konsep kepemimpinan berdasarkan ayat-ayat yang menyatakan bahwa makna kepemimpinan mencakup pemimpin risalah, pemimpin khalifah, dan pemimpin doa, serta kepemimpinan dalam manajemen pendidikan. 2). Model kepemimpinan dalam Islam mengacu pada model kepemimpinan “khalifah”, yakni Pendidikan Islam orientasinya padattujuan dan tugasppokok manusia, yaitu sebagai ’abdddan khalifahffilaardh. Sehingga orientasi kehidupan ideal Islami dapat dicapai melalui model kepemimpinan yang Nabi Muhammad SAW terapkan yaitu model kepemimpinan kenabian (prophetic leadership) dan ini merupakan kepemimpinan ideal dalam Islam.

 Abstract: The purpose of this study in general is to find out thematic interpretations of concepts and models of Islamic leadership which are further elaborated into several objectives, including: To describe concepts and models of Islamic leadership in the study of thematic interpretations. Thus, the methodology that the authors use in this study is a qualitative research methodology, a descriptive-critical research category based on its objectives. While the method used in collecting data is the study of literature and the text of the Qur'an. The verses of the Qur'an are used as primary and secondary data. The results of this study position: 1). The concept of leadership in Islam is a concept of interaction, relationship, influencing activities, activities that direct and coordinate both horizontally and vertically, based on Islamic values. In the Qur'an, leaders are described in various terms, including: Caliph Imam, Uliaal-Amri and Malik. The meanings of these four terms are related to the meaning of "leader", scholars offer an interpretation of the concept of leadership based on verses which state that the meaning of leadership includes treatise leaders, caliph leaders, and prayer leaders, as well as leadership in education management. 2). The leadership model in Islam refers to the "khalifah" leadership model, that is, Islamic education is oriented towards the goals and main tasks of humans, namely as 'abdd and khalifahffilaardh. So that the ideal Islamic life orientation can be achieved through the leadership model that the Prophet Muhammad SAW applied, namely the prophetic leadership model and this is the ideal leadership in Islam.


Keywords


Tematik tematik; Model kepemimpinan Rasulullah; Kepemimpinan Islam dalam Al-Qur’an; Thematic thematic; The leadership model of the Messenger of Allah; Islamic Leadership in the Qur'an

Full Text:

PDF

References


Amrozi, S. R. 2019. Formulasi Kepemimpinan Pendidikan (Perspektif Teori Kepemimpinan dalam Dokrtin Al-Qur’an. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(1), https://doi.org/ 10.35719/jieman.v1i1.9

Abd al-Hayy Al-Farmawi, 2002. Metode Tafsir Maudhu‘I dan Cara Penerapannya, terj. Rosihon Anwar Bandung: Pustaka Setia.

Uun Yusufa. 2015. Journal of Qur’an and Hadist Studies, Kerangka Paradigmatis Metode Tafsir Tematik Akademik: Kasus Disertasi UIN Yogyakarta dan Jakarta. Vol. 4, No. 2.

M. Quraish Shihab. 2001. Wawasan Al Qur’an: Tafsir Maudhu’I atas Pelbagai Persoalan Umat. Jakarta: Mizan, Cetakan XII.

Fakih, Aunur Rahim, dkk. 2001. Kepemimpinan Islam. Yogyakarta: UII Press.

M. Dawam Raharjo. 2002. Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Jakarta: Paramadina, Cet. II.

M. Quraish Shihab.2003. Tafsir al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati.

Ahmad Hatta. 2009. Tafsir Quran Perkata. Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Baharuddin dan Umiarso. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam “Antara Teori dan Praktik”. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Said Agil Husin Al-Munawar. 2002. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, Jakarta: Ciputat Press.

Zakariyya, Abi al-Husain Ahmad Ibn Faris. 1989. Mu’jam Maqayis alLughah Juz II. Dar al-Fik.

Abudin Nata. 2008. Kajian Tematik Al-Qur’an Tentang Kemasyarakatan, Bandung: Angkasa.

Salim, Abd. Muin. 2004. Konsepsi Kekuasaan Politik dalam al-Qur’an. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abu al-Qasim al-Qusyairi. 1998. Risalah Qusyairiyah, Pen. Umar Faruq, Jakarta: Pustaka Amani.

Veitzhal Rivai dan Arifin. 2009. Islamic Leadership. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad Harfin Zuhdi. 2014. Jurnal Akademika, IAIN Mataram, Konsep Kepemimpinan Dalam Perspektif Islam, Vol. 19, No. 01, Januari -Juni.

M Dawam Raharjo. 2002. Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Jakarta: Paramadina.

Abdullah Yusuf Ali. 1938. The Hily Quran, Text, Translation and Comentary. Lahore: Shaikh Muhammad Ashraf.

Ali Rif’an & Akhmad Said. 2022. Relevansi Makna Kata "Khalifah" Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam: Kajian Tafsir Tematik, piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5 No. 1 September 2022.

Muhammad Harfin Zuhdi. Jurnal Akademika, IAIN Mataram, Konsep Kepemimpinan Dalam Perspektif Islam, Vol. 19, No. 01, Januari -Juni 2014.

Arifin, 2010. Kepemimpinan dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Teras.

http://taufiqsuryo.wordpress.com/2009/02/21/ prophetic- leader- sebuah -konsepkepemimpinan-dalam-islam/ diakses tanggal 24 Oktober 2022.

http://ichwanishakblog.wordpress.com//prophetic-leadership/ diakses tanggal 21 Oktober 2022.

Jhon L. Esposito. 2001. Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern. Bandung: Mizan.

Michael H. Hart. The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History. first published in 1978, reprinted with minor revisions 1992. ISBN 978-0-8065-1068-2.

Fazzalur Rahman. 2012. Ensiklopedi Muhammad Sebagai Negarawan. Bandung: Mizan.

W. Montgomery Watt. 1968. Islamic Political Thought. Edinburgh: Edinburgh University Press, h. 94.

Creswell, J.W. 2016. Research Design (Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Locke, L, Spirduso, W & Silverman, S. 1987. Proposals That Work: A Guide forPlanning Dissertations and Grant Proposals. Sage Publications: NewburyPark, CA.

Nazir, M.A., AlGhamdi, L., AlKadi, M., et al. 2018. The Burden of Diabetes, Its Oral Complications and Their Prevention and Management.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i2.12276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE