MEMAHAMI KANDUNGAN AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE ASBAB NUZUL, MUNASABAH, DAN SIYAQ

Melikai Jihan El-Yunusi, Tutik Hamidah Melikai Jihan El-Yunusi, Tutik Hamidah

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami kanduangan Al-qur’an dengan menggunakan metode asbab nuzul, munasabah dan siyaq. Mengingat Al-Qur'an sebagai petunjuk paling penting dalam Islam, yang mudah untuk dibaca oleh seorang muslim, namun sulit dalam memahami kandungannya. Penelitian ini termasuk Metode kualitatif (qualitative method) diman suatu metode yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok, peneliti akan berperan sebagai alat peneliti dan berupaya dalam mengumpulkan data, mendeskripsikan dan menganalisa data yang ada di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (library research), pengambilan data diperoleh dari al-Qur’an, artikel, jurnal, dan buku-buku, dengan cara mengumpulkan literatur atau bahan-bahan materi terkait dengan metode asbab an-nuzul, munasabah dan siyaq. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa; 1). Metode asbab an-nuzul  adalah; memahami al-qur’an dengan mengaitkan peristiwa yang terjadi ketika ayat tersebut diturunkan baik sebelum atau sesudahnya, sehingga memungkinkan isi ayat tersebut saling berkaitan. Selanjutnya untuk lebih memperkuat argumen yang muncul, maka cara yang paling mudah yakni mencari hadits yang terpercaya dari Nabi SAW. atau dari sesama pengikut Nabi SAW. Dengan mengetahui Asbab al-nuzul, maka seseorang memahami hikmah di balik legalisasi hukum, mengetahui maksud dan makna ayat-ayat yang diturunkan, serta menghindari salah tafsir. 2). Metode munasabah adalah hubungan sebagian AlQur’an dengan bagian yang lainnya, baik dalam satu ayat maupun dalam beberapa ayat, dalam satu surah maupun dalam beberapa surah, sehingga menjadi satu kalimat atau satu kesatuan yang utuh maknanya, teratur susunannya, dan jelas hikmahnya. 3) Metode siyāq dapat didefinisikan sebagai koherensi seperangkat kalimat atau situasi kata yang dapat menunjukkan atau memperjelas maksud seseorang, Siyaq mempunyai beberapa macam, di antaranya; siyaq ayat, siyaq maqhta’dan siyaq surat.

 

Abstract: The aim of this research is to understand the contents of the Qur'anby using the methodasbab nuzul, munasabahand siyaq. Remember Al-Qur'an as the most important guide in Islam, which is easy for a Muslim to read, but difficult to understand its contents.This research includes a qualitative method (qualitative method) in which a method is used to describe and analyze phenomena, events, social activities, attitudes, beliefs, perceptions, thoughts of people individually and in groups, the researcher will act as a research tool and attempt to collect data, describe and analyze data in the field. This study used a library research approach, data collection was obtained from the Koran, articles, journals and books.by collecting literature or materials related to the asbab an-nuzul method, munasabah and siyaq. Research resultthis explains that;1). Mthe asbab an-nuzul method is;understand the Qur'an by associating events that occurred when the verse was revealed either before or after it, so that the contents of the verses are related to each other. Furthermore, to further strengthen the arguments that arise, the easiest way is to look for a trusted hadith from the Prophet SAW. or from fellow followers of the Prophet SAW. By knowing Asbab al-nuzul, one understands the wisdom behind the legalization of law, knows the intent and meaning of the verses that were revealed, and avoids misinterpretation. 2). MethodMunasabah is the relationship between parts of the Qur'an and other parts, either in one verse or in several verses, in one sura or in several surahs, so that they become one sentence or one whole whose meaning is intact, the structure is orderly, and the lesson is clear.3) The siyāq method can be defined as the coherence of a set of sentences or word situations that can show or clarify one's intentions,SiyaqThere are several types, including; siyaq verses, siyaq maqhta' and siyaq letters.

Keywords


Metode asbab an-nuzul, Metode munasabah, Metode siyaq; Asbab an-nuzul method, Munasabah method, Siyaq method.

Full Text:

PDF

References


Abdul Fattah Mahmud, Al-Mutsanna. Nazhariyatu As-Siyaq. Oman: Dar al-Wail, 2008.

Ahmad, Syukraini. “Urgensi Siyaq Dalam Penafsiran Al-Qur’an.” Jurnal Ilmiah Syi’ar 17, no. 1 (2017): 119–128. https://ejournal. iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar/article/view/912.

Al-Qatthan, Manna. Mabahis Fiy ‘Ulum Al-Qur’An. Kairo: Maktabah Wahbah, 2015.

Al-Suyuti, Jalaluddin. Al-Itqan Fiy Ulum Al-Qur’an. Kairo: Dar al-Hadits, 2006.

AlBannani, Abdurrahman bin Jadullah. Khāshiyat Al-Bannānī ‘Ala Sharh AlJalāl Al-Mahallī Ala Jam’i Al-Jawāmi.’ Beirut:Dār al-Fikr, n.d.

Dahlan, Ahmad Zaini. Penjelasan Lengkap Makna Kosakata Asing (Gharib) Dalam Al-Qur‘An. Jawa Barat: Pustaka Khazanah, 2017.

Daqīq, Ibnu. Ihkām Al-Ahkām Sharh ‘Umdat Al-Ahkām. Cairo: Maktabah al-Sunnah, 1994.

Fauzi, M Rofi. “Munasabah Al- Qur ’ an Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dasar Islam Di Indonesia.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 177–190.

Mandzur, Muhammad bin Mukarrom Abul Fadlal Jamaluddin Ibnu. Lisān Al-‘Arab. Beirut: Dār Shaādir, n.d.

Munjin, Shidqy. “Konsep Asbab Al-Nuzul Dalam ‘Ulum Al-Quran.” Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 01 (2019): 65.

MUSTAMIAH, LILIK MURNI. “PENDIDIKAN AGAMA DALAM PLURALITAS: Upaya Membangun Sikap Toleransi Beragama Siswa Di SMK Mahadhika 4 Jakarta (Telaah Pemikiran Robert Jackson),” n.d.

Purwanti, Lia Dwi. “Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka.” Skripsi (2016).

Rudi Suryadi Ahmad. “Asbab Al-Nuzul Dalam Tafsir Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 11, no. 2 (2013): 105–122.

Shihab, M Quraish. Kaidah Tafsir. Lentera Hati Group, 2013.

Yanto, Edi. “Pentingnya Ilmu Munasabah Al-Qur’an.” Al-Fathonah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 2853 (2016): 39–54.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i2.12279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE