DAMPAK GADGET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI SDIT MADANI ISLAMIC SCHOOL PAYAKUMBUH

Nelfi Yanti, Silvianetri Nelfi Yanti, Silvianetri

Abstract


Abstrak: Penggunaan gadget berdampak bagi perubahan perilaku sosial anak.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dampak penggunaan gadget pada prilaku sosial di SDIT Madani Islamic School Payakumbuh. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara.Sumber data primer yaitu 15 orang siswa kelas 4-6 yang diambil acak 5 orang pertingkat kelas, walikelas dan orangtua. Dalam menganalisis data menggunakan beberapa tahapan diantaranya : a) reduksi data yang diguankan untk merangkum, memilih hal-hal yang penting selama penelitian, b) penyajian data untuk menyajikan data dari tahap pertama dalam bentuk teks naratif, c) kesimpulan untuk menggambarkan inti dari keseluruhan penenlitian yang sudah dilakukan dalam bentuk pernyataan kalimat. Hasil penelitian menyimpulkan dampak gadget pada perubahan prilaku diantaranya 1) timbulnya sifat individualisme, 2) anak cendrung lebih emosional, 3) susah bergaul, 4) obesitas.Dari hasil penelitian disimpulkan gadget mengakibatkan perubahan prilaku sosial pada anak. Saran dalam penelitian ini yaitu peran orangtua, guru dan lingkungan sangat penting sekali dalam mengembangkan kemampuan perkembangan sosial anak.

Abstract: The use of gadgets has an impact on changing children's social behavior. This study aims to describe the impact of using gadgets on social behavior at SDIT Madani Islamic School Payakumbuh. The research method uses descriptive qualitative methods. Data collection techniques are by observation and interview. Primary data sources are 15 class students 4-6 taken randomly 5 people per grade level, homeroom teacher and parents. In analyzing the data using several stages including: a) data reduction used to summarize, choose things that are important during the study, b) data presentation to present data from the first stage in the form of narrative text, c) conclusions to describe the essence of the entire research which has been done in the form of a sentence statement. The results of the study concluded the impact of gadgets on behavioral changes including 1) the emergence of individualism, 2) children tend to be more emotional, 3) difficult to get along with, 4) obesity. From the results of the study it was concluded that gadgets result in changes in social behavior in children . Suggestions in this study are that the role of parents, teachers and the environment is very important in developing children's social development abilities.

Keywords


Dampak gadget, Prilaku sosial siswa, Perubahan prilaku; The impact of gadgets, Social behavior of students, Changes in behavior.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing.

Geandra Ferdiansa, N. S. (2020). Analisis perilaku agresif siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol. 5, No. 2.

Herian Alpazara, M. H. (2018). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dalam Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresifremaja SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Universitas Jendral Ahmad Yani Jogjakarta.

Jenny Gabriela, B. M. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Prilaku Anak Remaja Masa Kini. Jurnal Excelsis Deo : Vol 5.

Midayana, E. D. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini . PERNIK Jurnal PAUD,VOL 2.

Rahmadani, F. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget (smartphone) terhadap keprinadian dan karakter

Ridwan, A. (2018). Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.

Silvianetri. (2021). Impact of Social Media Use on Community Psychology and Its Implications in Counseling. Alfuad Journal, 5 (1).

Suharyoto. (2021). Hubungan Tingkat Aktivitas Fisik Dengan Scor Indeks .Jurnal Keperawatan

Sulistyorini, Z. B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Siswa. Jurnal Exponential.

Yummi Ariston, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. . Guepedia. Use the "Insert Citation" button to add citations to this document.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. . Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, , 3150330.

Nasiliya, S. (2021). Hubungan Pemberian Waktu Bermain Gadget Terhadap Sikap . UIN Fatmawati Sukarno.

Yulsyofriend, Y. A. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 67-80.

Supriadi, D. Y. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perkembangan Sosial pada Remaja di SMP Wahid Hasyim, Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan.

Wahidah Fitriani (2020). Tingkat Stres Pengasuhan pada Ibu WFH (Work From Home) dalam masa pencegahan pandemi covid 19 pencegahan. Institut agama islam Batu Sangkar.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i2.12291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE