PEMBELAJARAN NILAI AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DI TK ABA PANTO DAENG SUMBAWA BESAR DAN TK ABA TALIWANG SUMBAWA BARAT

Mardiyah Hayati, Aqodiah Mardiyah Hayati, Aqodiah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai pembelajaran, materi, strategi dan model pembelajarannya Al Islam dan Kemuhammadiyahan di TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar dan TK ABA Taliwang Sumbawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan jenis pendekatan yang digunakan adalah bersifat kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Beberapa kesimpulan dari hasil penelitian dilapangan; Pertama, perlu adanya pendalaman pada penulisan sejarah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat. Kedua, dalam pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan di TK ‘Aisyiyah Panto Daeng Sumbawa Besar dan TK Aisyiyah Taliwang Sumbawa Barat ditemukan adanya kesamaan pola pembelajaran. Kesamaan ini dipengaruhi oleh persamaan penguasaan guru terhadap materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Ketiga, masih minimnya strategi pembelajaran yang menarik dalam penanaman nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga perlu adanya pola dan model strategi pembelajaran AIK bagi anak usia Taman Kanak-kanak. Keempat, perlu adanya pelatihan bagi guru terkait pemahaman mendalam terhadap konsep ibadah berdasarkan manhaj Muhammadiyah sehingga dalam pembelajaran AIK acuan utamanya adalah Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah.

 

Abstract:  The purpose of this research is to know how the values of learning, materials, strategies and models of teaching Al Islam and Kemuhammadiyahan in TK ABA Panto Daeng Sumbawa Besar and TK ABA Taliwang West Sumbawa. This research is a field research, and the type of approach used is qualitative with methods of interviews, observations, and documentation. Some conclusions of the research in field; First, there has to be a deepening of the history of Muhammadiyah and Aisyiyah in Sumbawa Besar and West Sumbawa. Secondly, in the study of Al Islam and Kemuhammadiyahan in TK Aisyiyah Panto Daeng Sumbawa Besar and TK Aisyiyah Taliwang Sumbawa Barat found a common pattern of learning. This similarity is influenced by the teacher's mastery equality to the Al Islam material and the Kemuhammadiyahan. Thirdly, there is still a lack of interesting learning strategy in the planting values of Al Islam and Kemuhammadiyahan so there needs to be a pattern and model of AIK learning strategy for children of kindergarten. Fourth, there needs to be training for teachers regarding the deep understanding of the concept of worship based on Muhammadiyah Manhaj so that in the study of AIK main reference is the association of the decision Tarjih Muhammadiyah.

Keywords


Materi Al Islam Kemuhammadiyahan; Strategi dalam pembelajaran AIK; masa keemasan perkembangan seorang anak.

Full Text:

PDF

References


Fasli, Jalal. (2010) Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini,Makalah Dalam Semiloka Nasional Anak Usia Didi Berbasis Keluarga Dalam Membangun Karakter Bangsa, Universiats Negri Yogyakarta.

MB.Miles dan AM Hubermen (2012), Analisis Data Kualitatif,Jakarta: Alfabeth.

Mohammad Ali dan Marpuji Ali, (2015) Mazhab Al Ma’un Tafsir Ulang Praksis Pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta dan Surakarta : Kerjasama antara Aperon-Philotes dan SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat.

Moh Fadilah dan Lilif Mualifatu (2013) Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,Yogyakarta: Ar Ruzz.

Mulyana (2016),Metode Penelitian Kualitatif,CV Tarsito,Bandung.

Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Bagian Dikdasmen (2013)Pengembangan Al Islam Taman Kanak Kanak Bustanul Athfal ‘Aisyiyah,Jakarta: Zikrul Hakim.

Mappanyompa, Husnan: (2019) Pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan Terhadap Sikap Perilaku Siswa, 4 (1) 17-29

______(2017) Pengembangan Keaisyiyahan – Kemuhammadiyahan Taman Kanak Kanak Bustanul Athfal. Jakarta

Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah (2012) Pedoman dan Model Pembelajaran PAUD ‘Aisyiyah Bustanul Athfal,Jakarta.

______Sejarah Pertumbuhan danPerkembangan ‘Aisyiyah,Yogyakarta.

______(2010) Himpunan Qoi’dah Pedoman dan Peraturan Organisasi ‘Aisyiyah, Yogyakarta.

Rof’ah (2016) Posisi dan Jatidiri ‘Aisyiyah Perubahan dan Perkembangan: 1917-1998,Yogyakarta.

Suara ‘Aisyiyah,No 3 Maret 2018

Sugiyono. (2012). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto (2006), Metodologi Penelitian Teori dan Praktek, Bandung: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE