PERANCANGAN APLIKASI YA ARABI BERBASIS ANDROID UNTUK PEMULA

Devi Suci Windariyah

Abstract


Abstrak: Bahasa Arab merupakan bahasa yang kaya akan kosa kata dan kaya akan aturan tata bahasa. Untuk dapat menguasai materi pelajaran bahasa Arab bagi pemula, dibutuhkan suatu latihan untuk terus mengasah kemampuan bahasa Arab pembelajar. Salah satu solusi untuk mempermudah seorang pembelajar pemula bahasa Arab untuk melatih kemampuan bahasa Arab yaitu dengan membuat rancangan aplikasi bahasa berbasis android. Tujuan dari penelitian adalah untuk membuat rancangan aplikasi latihan soal-soal bahasa Arab bagi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyyah kelas 6 dengan nama Ya Arabi yang dapat diakses melalui android. Dengan perancangan aplikasi Ya Arabi berbasis android ini, diharapkan dapat mengukur kemampuan bahasa Arab para siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyyah kelas 6 setelah memperoleh pelajaran bahasa Arab sejak kelas satu sampai kelas 6.


Keywords


Aplikasi; Android; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


AECT. (2008). Definisi Teknologi Pendidikan. CV. Rajawali Citra.

Aziz, S. (2012). Sekali baca langsung inget: Mengupas Lengkap All About Android. Kuncikom.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Gaya Media.

Dirktorat KSA Madrasah. (2019). KMA No.183 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Madrasah tahun 2019.

Herdiasah, & Suryono, S. (n.d.). Panduan Praktis Membuat Aplikasi Android dengan Android Studio. PT. Lauwba Techno Indonesia. https://id.wikipedia.org/android

Julia, Ro. P., M. Shohibul Kahfi, & Yunus, M. (2012). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X. Universitas Negeri Malang.

Mufidah, N., Isyaty, I., Kholis, N., & Saidna Zulfiqar Bin Tahir. (2019). ICT For Arabic Learning: A Blended Learning In Istima II. Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 8(2), 314323.

Nugroho, A. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak dengan Menggunakan UML dan Java. Andi Offset.

Nurlaelasari, D., Budiwati, S. D., & Yuningsih Yuningsing. (2016). Aplikasi Simulasi dan Pembelajaran TOEFL Berbasis Android. EProceedings of Applied Science 2 (1). openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id

Setiadi, A., Pitoyo Yuliatmojo, & Nurhidayat, D. (2018). Pengembangan Aplikasi Android untuk Pembelajaran Pneumatik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (JVoTE), 1(1), 15.

Suprayitno, A. (2013). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab DI MI Maarif Petet Enterpretif Kulon Progo. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Veri, J., Sefriani, R., & Aulia, L. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Client Server Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal KomtekInfo, 5(3), 6171.

Widodo, P. P., & Herlawati. (2011). Menggunakan UML. Informatika Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v8i2.14071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE