ANALISIS KARAKTER YANG DAPAT DITUMBUHKAN DALAM MATERI PEMBELAJARAN GEOGRAFIS INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Mas'ad Mas'ad, Arif Arif, Anas Munandar, Nurin Rohayati

Abstract


Abstract:  Dalam konteks saat ini, terdapat sebuah isu yang menyoroti fenomena ketidaktepatan implementasi nilai-nilai karakter di kalangan siswa, khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Fenomena ini dapat dihubungkan dengan perubahan lingkungan global yang semakin merambah, yang kemungkinan besar berkontribusi terhadap kesulitan siswa dalam membangun fondasi karakter yang kokoh. Dengan demikian, kecenderungan siswa sekolah dasar untuk teralihkan perhatiannya kepada aspek-aspek yang tidak mendukung penanaman nilai-nilai karakter menjadi hal yang patut diperhatikan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap nilai-nilai karakter yang terakomodasi dalam pembelajaran geografi, terutama pada materi yang membahas kondisi geografi Indonesia, yang diajarkan kepada siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi metode studi kepustakaan, di mana pendekatan ini memungkinkan untuk mengumpulkan data dengan melakukan telaah terhadap berbagai sumber literatur yang relevan, termasuk buku-buku, jurnal, catatan, dan literatur lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini.

Keywords


karakter; siswa; geografi

Full Text:

PDF

References


Agustin, T. T., Wiranata, I. H., & Nursalim. (2022). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SMP Hasanudin Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 630–646.

Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Aspirasi, 3(1), 87–101.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

BUJURI, D. A., & BAITI, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3173

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Bangun Rekaprima, 3(2), 33. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i2.865

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1890

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026

Erna Mena Niman. (2019). Kearifan Lokal Dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 91–106. https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i1.139

Fitriana, E. (2021). Pendidikan siaga bencana: pendekatan dalam pembelajaran geografi. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 72–87. https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/204

Furqan, M. H., Yanti, S., Azis, D., Kamza, M., & Ruslan, R. (2020). Analisis Konten Nilai Cinta Tanah Air (Nasionalisme) dalam Materi Mata Pelajaran Kurikulum Geografi. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 48–63. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1882

Hanafi, M., & Rappang, S. M. (2017). Membangun Profesionalisme Guru Dalam Bingkai Pendidikan Karakter. 5(1), 2354–7294.

Hasanah, N. (2021). The Role of Madrasah Ibtidaiyah in Building Student Characters in The Era Of The 4.0 Industrial Revolution. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 310–319. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1304

Hastari, G., Agung, G., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 33–43.

Khamalah, N. (2017a). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Khamalah, N. (2017b). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Nisa’, F., Larasati, H. R., & Supratman, Y. B. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Pancasila Di Sekolah Terhadap Penerapan Implementasi Pancasila Pada Pelajar. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara, 1(1). https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4435

Nugraha, A. E. (2018). Relevansi Konsepsi Pendidikan Hamka Dengan Konsep Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 196–215. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.160

Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1). https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361

Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 116–124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191

Puspitasari, R. (2016). Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan Dalam Muatan Environmental Education Pada Pembelajaran Ips Di MI Darul Hikam Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.547

Putnarubun, A., Rengrengulu, W. C., & Suruan, Y. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. EIRENE Jurnal Ilmiah Teologi, 7(2), 519–542. https://doi.org/10.56942/ejit.v7i2.57

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif KEMENDIKNAS. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Raden Adinda Zalfa, Rizka Putri Ayuning, & Rustini, T. (2023). Pengembangan Spatial Literacy Untuk Meningkatkan Pembelajaran Geografi Di Sekolah Dasar. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 173–182. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.787

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 197–218. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.197-218

Sabil, N. F., & Diantoro, F. (2021). Sistem Pendidikan Nasional Di Pondok Pesantren. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 209–230.

Shunhaji, A., Sari, W. D., & Komalasari, R. (2021). Pembiasaan Positif Dan Keteladanan Di TK Tadika Puri Jakarta Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 117–125. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i01.156

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Suprapto, Y. (2016). Teori Dan Prinsip Ips Dalam Perspektif Geografi Di Sekolah Dasar. ADIALEKTIKA: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 11–23.

Tantowi, A. ; R. M. ; C. F. S. (2022). Integrasi Pendidikan Akhlak Dan Keilmuan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Dasar. 8(2), 505–522. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.285

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas dalam Pendidikan Karakter Siswa. Journal on Education, 5(3), 9768–9775. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1795

Tustiyana Windiyani, Resyi A. Gani, Yuli Mulyawati, Fitri Anjaswuri, N. S. (2024). Konsep Dasar IPS. DEEPUBLIKASH DIGITAL.

Ulfa Firdayani, C., Sunaryo, H., & Angela Rosalia, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Berbantuan Media Aplikasi Comica Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas V. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2141–2153. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8317

Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). KETELADANAN GURU SEBAGAI PENGUAT PROSES PENDIDIKAN KARAKTER. Untirta Civic Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801

Wijayanti, D., Anwar, S., Khairani, K., & Sukhaimi, N. A. (2022). Implementasi Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Kurikulum 2013. Journal on Education, 4(2), 837–843. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.496




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i1.24264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ibtidaiy Stats

Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesiap-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE