KAJIAN MATERI PAI DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI

Sunardin Sunardin, Faridi Faridi, Ismail Ismail

Abstract


Pendidikan Agama Islam sekarang ini dihadapkan  pada  tantangan  kehidupan manusia modern. Sehingga pendidikan Agama Islam harus diarahkan pada kebutuhan masyarakat modern. Dalam menghadapi suatu perubahan diperlukan suatu desain paradigma baru di dalam menghadapi tuntutan-tuntutan yang baru. Tujuan: Pendidikan Islam ingin menciptakam manusia yang memiliki kepribadian baik secara lahir dan batin, memiliki rasa persaudaraan yang besar, karena zaman sekarang sudah banyak umat Islam yang salah faham dalam memahami kajian agaman Islam. Pendekatan psikologi dalam pendidikan Islam pada akhirnya menjadi sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.  Metode: Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian menggunakan metode riset kepustakaan (library research) dengan menggunakan tahapan penelitian analisis deskriptif dan analisis isi. Pengumpulan data yang dilakukan melalui hasil mengidentifikasi buku, artikel jurnal, dan website maupun sumber lain yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil:  Penelitian ini yaitu menjelaskan pendekatan psikologi dalam pendidikan Islam guna mengetahui tingkat keimanan yang dihayati, dipahami dan diamalkan oleh seseorang. Kesimpulan:  Pendidikan Islam berkeinginan untuk melahirkan manusia yang memiliki pribadi baik secara lahir dan batin, memiliki rasa persaudaraan yang besar, karena zaman sekarang banyak ditemukan umat Islam yang salah faham dalam memahami kajian agama Islam. Pendekatan Psikologi dalam pendidikan Islam pada akhirnya menjadi sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.


Keywords


PAI, Pendekatan, Psikologi

Full Text:

PDF

References


Firman Mansir, Pendekatan Psikologi Dalam Kajian Pendidikan Islam, Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol. 4 No. 1Juni 2018:

Tobroni, Pendidikan Islam, Paradigma Teolagis, Filosofis dan spiritualitas (Malang: UMM, Press, 2008),

Faridi, Urgensi Pendidikan Inklusif: Studi Kasus pada Kegiatan B’Religi di SMA Negeri 3 Malang , J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 6 No. 2 Januari-Juni 2020.

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam ( Jakarta: Raja Grafindo, 2009),

Thobroni, Pendidikan Agama Multi Kultural, Dari Etika Religius, kajian Empiris, praksis implemetatif, Toleransi Beragama, UMM Preess, 2023.

Syaiful Anwar, Desain Pendidikan Agama Islam, Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran, Di Sekolah, Pustaka Nasional, CV, Idea Sejahtera, 2014,

Syaiful Anwar, Desain Pendidikan Agama Islam, Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran, Di Sekolah, Pustaka Nasional, CV, Idea Sejahtera, 2014

Abd Aziz, Orientasi Sistem Pendidikan Agama di Sekolah, (Yogyakarta: Sukses Offset, 2010),

Abd Aziz, Orientasi Sistem Pendidikan Agama di Sekolah, (download : 14.30 wib,22 Maret 2024).

H.M.Arifin,“Ilmu Pendidikan Islam”, dalam http: //wonk education network. blogspot. com/2007/03/pendidikan-agama-islam. Html. (download : 14.30 wib,22 Maret 2024).

Ancok, D., & Suroso, F. N. Psikologi Islam, Solusi Islam atas Problem- Problem Psikologi,. Jakarta: Pustaka Pelajar (2004).

Muhadjir, N. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasen. (1996).

Abdullah, T., & Rusli, K. Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana. (1989).

Firman Mansir, Pendekatan Psikologi Dalam Kajian Pendidikan Islam, Psikis : Jurnal Psikologi Islami Vol. 4 No. 1Juni 2018:

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: PT. Al-Ma’arif, n.d.).

Hasan Langgulung, Manusia Dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi, Falsafah Dan Pendidikan (Jakarta: Pustaka al Husna., 1986).

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).

Mubarak,, Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Banjarmasin Urgensi Psikologi Islam Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Studia Insania, November 2017, hal 215-228 Vol. 5, No. 2 ISSN 2355-1011, e-ISSN 2549-3019 DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1503.

Crow and Crow, Educational Psikology (America: Barner and Noble Books, 1978).

Ichsan, Muhammad. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016):

Putra, Roni, Muharrama Trifiriani, and Yuri Indri Yani. “Urgensi Psikologi Dalam Pendidikan.” IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology 3, no. 1 (2021):

Zakiyya abiba, Shofiatul Afifah2 , Hamidatun Nisa Tambak3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia1,2,3, Implementasi Pendekatan Psikologi Dan Pendekatan Sosiologi Dalam Kajian Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 11 November 2021 p-ISSN : 2745-7141 e-ISSN : 2746-1920 Pendidikan,




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i1.24379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ibtidaiy Stats

Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesiap-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE