MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMDIYAH MATARAM

Mappanyompa Mappanyompa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini brtujuan untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learniang (PBL) pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan di SMA Muhammdiyah Mataram. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan observasi. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, obserfasi dan refleksi. Jenis instrumen yang di gunakan untuk menumpulkan data yang digunakan adalah Tes hasil belajar siswa dan lembar pedoman observasi guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian meneunjukan bahwa menerapan metode pembelajaran Problem Based  Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Abstract: This research aims to improve the results of the learning of students through the implementation of the model learning Problem Based Learniang (LBL) on the subject of Kemuhammadiyahan in the SMA Muhammadiyah Mataram. This type of research is the study of Sleep Class (PTK), the study was conducted collaboratively between teachers and observations. The research includes four stages namely, planning, implementation, obserfation and reflection. The type of instrument that is used to dull the data in use is the student study results test and the teacher and student observation sheet. The obtained Data is analyzed quantitatively to determine the individual's individuation and the classical dictates. The results of the research on the wave that the method of learning Problem Based Learning (LBL) is able to improve student learning outcomes.

Keywords


Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Meningkatkan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsmi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Peraktik, (Jakarta: Rinka Cipta, 2014).

Djamarah Bahri Syaiful. Prestasi Belajar dan Kopetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional, 2012).

Mappanyompa. (2019). Pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan Terhadap Sikap Perilaku Siswa , Ibtida’iy Journal PGMI, 4 (1),17-29.

Hajar. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar SKI Siswa Kelas V MI MW Langgalawe 02 Aik Buaka Tahun Pelajaran 2013/2014. (Skripsi IAIN MATARAM 2013).

Huda Miftahul. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis, (Yogyakarta: Celeban Timur, 2016).

Karlin. Wawancara Guru Kelas XI, SMA Muhammadiyah Mataram, 05 FebruarVi 2018.

Muhammad Nurman, Evaluasi Pendidikan, (Mataram: CV. Sannabil, 2015).

Martono Nanang. Model Penelian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010).

Nata Abuddin. Prespektif Islam Tentang Strategi Pebelajaran. (Jakart: Kencana 2011).

Pentiawati Yuni Hsamah,. Baelajar Dan Pembelajaran, (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2016).

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011).

Permendikbud No. 81A/2013 Tentang Implementasai kurikulum https//googelewebblighat. Com, di Akses Tanggal 13 /09/2018, Pukul 11:12 Pm.

Rusmono. Setrategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru, (Bogor: Gahalia Indonesia, 2014).

Ramayulis. Metodelogi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2014).

Rianto Yatim. Paradigam Baru Pembelajarn, (jakarta: Kencana, 2010). Suginono,Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017).

Susanto Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran ( Jakarta: Rawanangan, 2013).

Suci. Materi Pokok Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2017).

Suhardjono, Arikunto Suharismi. Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2017).

Sadirman, Interai dan Motifasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PTR Grafndo Persada 2017).

Snjaya Wina. Strategi Pembelajaran Berorentasi Setandar Peroses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2016).

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu (Jakkarta: Bumi Aksara, 2015)

Undang-Undang Republik Indonesia NO. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1-11.

Mappanyompa. (2019). Problematika Pengkaderan Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Mataram Dalam Perspektif Norma Pengkaderan Muhammadiyah, Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum, 10 (1), 82-98

Umar Husain. Metode Penlitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (Jakarta: Rajawali Pars 2011).




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i1.2626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE