MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI MI AN-NAJAH SESELA
Abstract
Abstrak: Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar merupakan tanggung jawab seorang guru, guru dituntut untuk menggunakan berbagai model dalam proses pembelajaran di kelas dengan harapan supaya kelas tidak monoton dengan ceramah, salah satu model pembelajaran yang ditawarkan adalah Jigsaw. Jigsaw merupakan model pembelajaran yang dapat memacu keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana tujuan penelitian ini adalah memberikan solusi bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas VB MI An-Najah Sesela. Pengumpulan data diperoleh dengan lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya Peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I menunjukan kriteria keaktifan belajar siswa cukup nampak persentasi keaktifan belajar siswa 54 %, meskipun pada pelaksanaan pada siklus I sudah cukup nampak namun masih banyak hal yang harus diperbaiki pada siklus I. Selanjutnya siklus II peneliti mendapatkan peningkatan. Pada pelaksanaan siklus II memperoleh persentase keaktifan belajar siswa 79% dengan kriteria keaktifan belajar sangat nampak, Terlihat sangat jelas pada siklus II mengalami peningkatan. Hasil ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar akidah akhlak pada siswa kelas V B MI An-Najah Sesela.
Abstract: The activity of students in the teaching and learning process is the responsibility of a teacher, teachers are required to use various models in the learning process in class with the hope that the class is not monotonous with the lecture, one of the learning models offered is Jigsaw. Jigsaw is a learning model that can stimulate students ' active learning. This research uses class action research conducted in 2 cycles where the purpose of this research is to provide solutions for teachers to implement Jigsaw learning models in VB MI An-Najah Sesela class students. Data collection is obtained with teacher and student observation sheets. The results of this study showed that the increase in student learning activity in cycle I showed the criteria of student learning active enough to see a percentage of the student's learning activity at 54%, although on the implementation of cycle I was quite visible but still a lot of things to be improved on the I cycle. Next cycle II researchers get increased. In the implementation of the cycle II gained the percentage of active students learning 79% with the criteria of active learning is very visible, very clear in cycle II experienced improvement. This results showed that the application of the Jigsaw learning model can improve the activity of learning the morality of students in class V B MI An-Najah Sesela.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al- Qur;an. 2015, Al- Qur;an Penerjemah. Depok: Penerbit SABIQ
Anwar Rosihon, 2014, Akidah Akhlak, Bandung : CV Pustaka Setia
Arikunto Suharsimi, 2012, Penelitian Tindakan Kelas ,Jakarta: PT Bumi Askara.
Aqib Zainal, 2010, Penelitian Tindakan Kelas,Bandung: CV Yrama Widya.
Badar Ibnu Trianto, 2015, Mendesain Model Pembelajaran Inovatife, Progresif Dan Kontekstual,Jakarta: Pranada Media Group.
Mappanyompa. 2019, Pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan Terhadap Sikap Perilaku Siswa , Ibtida’iy Journal PGMI, 4 (1),17-29.
Hamdayana Jumanta, 2014, Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia.
Iskandar, 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Gaung Persada.
Mudjiono, 2009, Belajar Dan Pembelajaran,Jakarta : Rineka Pustaka.
Purwanto Ngalim, 2012, Teknik-Teknik Dan Evaluai Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
SI dan SKL, 2006, Permendiknas,Jakarta : Sinar Grafika.
Slameto, 2010, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya,Jakarta : PT Raneka Cipta.
Sukarta, 2015, Kuliah Akhlak,Mataram: Lembaga Pengajian Dan Pengalaman Islam.
Suprijiono Agus, 2016, Model- Model Pembelajaran, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suprijiono Agus, 2011, Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Mappanyompa. (2020). Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Atematika Siswa , Ibtida’iy Journal PGMI, 4 (2), 104-110.
Susanto Ahmad, 2016, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar,Jakarta : Prenadamedia Group.
Sukarta, 2015, Kuliah Akidah, Mataram: Lembaga Pengajian Dan Pengalaman Islam
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i1.2628
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE