Peran Guru dalam Memfasilitasi Proses Belajar dan Perkembangan Peserta Didik di MI Nurul Islam Sukosari Lumajang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Denzin, N. K. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi 4). Jakarta: PT. Renika Cipta
Depdiknas. (2007). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2007). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Haryanto, D., & Azmi, S. (2021). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Dampak terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 35-42.
Hidayatullah, M. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Implikasi Terhadap Akhlak Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 58-63.
Ma’rufah, A. (2022). Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah: Perspektif Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 56-71.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moh. Uzer Usman. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noddings, N. (2021). The Ethics of Care in Education: A Transformative Approach to Learning and Teaching. Teachers College Press.
Nugroho, H. (2011). Pendidikan Karakter: Peran Guru dalam Pembentukan Pribadi Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sari, R., Fadila, N., & Putri, A. (2020). Strategi Pengajaran Kreatif Menghadapi Keterbatasan Sumber Daya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 11(3), 45-52.
Setiawan, D. (2021). Peran Guru dalam Bimbingan Sosial dan Emosional Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 91-104.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2020). Motivasi dan Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Pearson Education.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistyo, D., & Arianto, B. (2020). Dukungan Emosional Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru, 10(3), 102-115.
Suyanto. (2009). Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan dan Efektif. Jakarta: Depdiknas.
Wati, A. (2019). Peran Guru dalam Menyelesaikan Konflik Sosial di Kalangan Siswa. Jurnal Studi Pendidikan, 13(2), 77-89.
Yin, R. K. (2011). Penelitian Studi Kasus: Desain dan Metode (Edisi ke-4). Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v10i1.28814
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: +62 82341630271
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE