Dampak Kecerdasan Buatan Terhadap Metode Pembelajaran Di Sekolah Dasar
Abstract
Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah memberikan dampak yang signifikan dalam transformasi berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi AI terhadap metode pembelajaran di sekolah, dengan fokus pada manfaat, tantangan, dan implikasi bagi tenaga pendidik serta peserta didik. Melalui studi literatur dan analisis konseptual, penelitian ini menemukan bahwa penerapan AI dalam pembelajaran dapat meningkatkan personalisasi proses belajar, efisiensi evaluasi, serta memperluas akses terhadap sumber belajar. Di sisi lain, penerapan AI juga memunculkan tantangan berupa ketimpangan akses teknologi, potensi ketergantungan pada sistem otomatisasi, serta isu etika terkait privasi dan penggunaan data siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan strategis dan kebijakan yang tepat, pemanfaatan AI berpotensi mendukung terwujudnya model pembelajaran yang lebih adaptif, inklusif, dan berbasis data di lingkungan pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan kebijakan dan praktik pembelajaran berbasis AI yang berorientasi pada penguatan kualitas pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmed, M. I. B., Alotaibi, R. B., Al-Qahtani, R. A., Al-Qahtani, R. S., Al-Hetela, S. S., Al-Matar, K. A., Al-Saqer, N. K., Rahman, A., Saraireh, L., Youldash, M., & Krishnasamy, G. (2023). Deep Learning Approach to Recyclable Products Classification: Towards Sustainable Waste Management. Sustainability (Switzerland), 15(14), 1–16. https://doi.org/10.3390/su151411138
Feny Rita Fiantika, Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Haryani, H., Erawati, W., Hadi, S. W., & Priatno, P. (2021). Pelatihan Aplikasi Google Classroom sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring pada TPQ Darul Hikmah Depok. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 120–125. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.634
Hutson, J., & Ceballos, J. (2023). Rethinking Education in the Age of AI: The Importance of Developing Durable Skills in the Industry 4.0. Journal of Information Economics, 1(2), 26–35. https://doi.org/10.58567/jie01020002
Ifenthaler, D., & Schumacher, C. (2023). Reciprocal issues of artificial and human intelligence in education. Journal of Research on Technology in Education, 55(1), 1–6. https://doi.org/10.1080/15391523.2022.2154511
Kaplan, A., & Haenlein, M. (2019). Siri, Siri, in my hand: Who’s the fairest in the land? On the interpretations, illustrations, and implications of artificial intelligence. Business Horizons, 62(1), 15–25. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2018.08.004
Kountur, R. (2003). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. PPM.
Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Buatan dan Teknologi Pendidikan terhadap Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran Mahasiswa di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 851–858. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863
Mira Lestari, Kurnia M, Zakir, S., Aulia Gusli, R., Gurun Aua, J., Putiah, K., Banuhampu, K., & Bukittinggi, K. (2024). Penerapan AI dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMAN 3 Bukitinggi. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 277–289. https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/view/434
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar, 122–125. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id
Sari, H. L., Maryaningsih, & Asnawati. (2023). PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 BENGKULU UTARA. Community Development Journal, 4(2), 4551–4557.
Setiawi, A. P., Patty, E. N. S., & Making, S. R. M. (2024). Dampak Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 680–684. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/826
Syuhada, S. A., Siregar, D., Jumardi, A., Nabbil, S., Al Ayubi, Z. S., Prasetyo, D., Tauri, D. S., Firdaus, B., & Albaras, M. R. (2024). Dampak AI Pada Proses Belajar Mengajar Di Era Digital. APPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 20–24.
Theophilou, E., Koyutürk, C., Yavari, M., Bursic, S., Donabauer, G., Telari, A., Testa, A., Boiano, R., Hernandez-Leo, D., Ruskov, M., Taibi, D., Gabbiadini, A., & Ognibene, D. (2023). Learning to Prompt in the Classroom to Understand AI Limits: A Pilot Study. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 14318 LNAI(July), 481–496. https://doi.org/10.1007/978-3-031-47546-7_33
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v10i1.30586
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: +62 82341630271
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE