Implementasi Project-Based Learning Berbasis Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Kesadaran Geosains Siswa SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acim, A., Maysuri, T., & Sopacua, J. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sma Negeri 3 Maluku Tengah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 566–580. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32918
Aqodiah, A., Astini, B. I., & Hasanah, N. (2023). Teachers’ Perceptions in Educational Concepts (Study on Independent Learning Application at MIN 1 Mataram). Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education, 1, 320. https://doi.org/10.24235/sicee.v1i0.14626
Azizah, S. N., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Tentang Dinamika Kelompok Belajar Kelas Tinggi pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 3048–3064. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11104
Baskara, G. W., & Yudiana, K. (2021). Tes Tertulis Berbasis HOTS pada Pembelajaran IPA Menggunakan Google Form Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 416–423. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39223
Bawadi, T. H., Ahman, E., Kurniawati, S., Sutarni, N., & Prasetio, B. (2025). Langkah Strategis Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 133–144. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i1.3750
Dewi Widya Ningsih. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Berbasis Project Base Learning Dalam Mencapai Tujuan Kurikulum Merdeka. Jurnal Silatene Sosial Humaniora, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.53611/xhfatr80
Dinda R, S., & Atmojo, S. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V SD NEGERI 1 PADOKAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 48–57. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.399
Farizi Aqfi, & Yahfizham Yahfizham. (2024). Studi Literatur: Menelusuri Model-Model Pembelajaran yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 142–152. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i3.73
Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13
Feronika, A., Putri, A., Adrias, A., Syam, S. S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Padang, U. N. (2025). Penggunaan Metode Sempoa dalam Meningkatkan Mental Aritmatika untuk Mengatasi Fobia Matematika Siswa SD. April.
Handayani, N. W. P., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Model Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 221. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3235
Hasanah, N., Verliyanti, V., & Rokhimawan, M. A. (2020). Profesionalisme Guru Menanamkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Ipa Pada Siswa Kelas V MI MA’ARIF BEGO. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 1. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a1.2020
I Kadek Tediana Saputra, I Wayan Lasmawan, & I Wayan Kertih. (2024). The Influence of the Problem Based Learning Model Based on Subak Local Wisdom on Social Studies Learning Outcomes for Class V Elementary School Students. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 14(2), 485–491. https://doi.org/10.37630/jpi.v14i2.2085
Iashania, Y., Fidayanti, N., Fridtriyanda, A., N.S.P. Tanggara, D., Saptawartono, Murati, F., Ariyantho, D., Hendra Wiryanto, Y., Taruna, Y., & Indrajaya, F. (2024). Pengenalan Ilmu Kebumian untuk Siswa di SMA Negeri 2 Palangka Raya. Diteksi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.36873/diteksi.v2i1.12970
Khariri, K., Arwanih, E. Y., Amanah, A., Larasati, M. D., Antonjaya, U., Angka, R. N., Handayani, N., Saputro, A. R. A., Saputro, A. R. A., Tuah, A. D., Amanda, C. R., Utami, M. P., Andriany, S. Y., Louisa, M., & Laksono, A. B. (2023). Sosialisasi Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan Penyakit Berbasis Lingkungan di Kelurahan Panjunan Kota Cirebon. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 110–124. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4398
King, C. (2008). Geoscience education: an overview. Studies in Science Education, 44(2), 187–222. https://doi.org/10.1080/03057260802264289
Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian, 9(1), 1–111.
Miterianifa, M., & Mawarni, M. F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Lingkungan dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 7(1), 68–73. https://doi.org/10.24246/juses.v7i1p68-73
Muliana. (2024). Muliana GH Dosen Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(April), 1062–1071.
Nufus, H. (2021). Penggunaan Lingkungan Sekolah sebagai Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTs. Al-Islahussibyan Dopang Gunung Sari. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 44–55. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i1.30
Semken, S., Ward, E. G., Moosavi, S., & Chinn, P. W. U. (2017). Place-Based Education in Geoscience: Theory, Research, Practice, and Assessment. Journal of Geoscience Education, 65(4), 542–562. https://doi.org/10.5408/17-276.1
Suhartingsih. (2012). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 131–142.
Syafril, Mas’ad, & Nuraini. (2022). Urgensi Pendidikan Karakter Toleransi Sebagai Penunjang Program Pariwisata Halal Lombok-NTB. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(1), 105–114. http://journal.ummat.ac.id/index.php/geography
Ulya, A., Windah Astuti, R., & Sarifa Aqidatul Islamiyyah, S. (2023). Konsep Dasar IPS dan Implementasinya di Sekolah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(2), 225–237. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i2.29970
Zalukhu, B. S., & Zalukhu, R. P. S. (2024). Analisis Rendahnya Minat Baca dan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan Dan Teknik, 1(3), 1–6. https://doi.org/10.70134/identik.v1i3.50
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v10i1.31254
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: +62 82341630271
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE