Kebijakan Pesantren Ramah Anak (PRA): Studi pada role-model PRA di Pondok Pesantren Alhamdulillah Rembang

Syafiqoh Zuhda Samiyah Zainabiyyi

Abstract


Pesantren ramah anak (PRA) merupakan konsep pendekatan yang bisa digunakan dalam upaya menanggulangi problematika pengelolaan lembaga pendidikan. Penerapan konsep ramah anak di lembaga pendidikan berimplikasi pada pengelolaan lembaga pendidikan yang lebih baik pada banyak aspek. Pondok Pesantren (PP.) Alhamdulillah merupakan role-model pesantren ramah anak di Jawa Tengah. Distingsi dengan penelitian dengan tema serupa yakni kajian secara praktis pengelolaan pesantren yang ramah anak ditinjau kebijakan yang diimplementasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini menghasilkan konsepsi; 1) Formulasi kebijakan PRA, 2) Implementasi kebijakan PRA dan 3) Dampak pengelolaan PRA pada Pondok Pesantren. Pada setiap tahapan, dijelaskan prosedur kebijakan dalam pengelolaan PRA yang berfokus pada; 1) Sumber Daya Manusia PP, 2) Kurikulum , 3) Sarana Prasarana dan 4) Pelayanan dengan prinsip dasar pemenuhan hak anak (inklusif, non-diskriminatif, partisipatif, perlindungan kesehatan fisik dan psikologis dan kesejahteraan santri). Temuan pada situs penelitian dikonstruksi sebagai best-practices pengelolan PRA di Pondok Pesantren sebab dielaborasikan dengan acuan teknis PRA dari pemerintah sehingga bisa digeneralisir bagi pondok pesantren secara umum.

Keywords


Pesantren Ramah Anak; Kebijakan Pendidikan; Hak Anak

Full Text:

PDF

References


Suyitno. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif : Konsep, Prinsip dan Operasionalnya (A. Tanzeh, Ed.; 1st ed.). Akademia Pustaka.

Abidin, Z., & Fauzi Hamzah, A. (2022). Manajemen Pendidikan Ramah Anak dalam Lembaga Pendidikan Islam. 3, 1055–1062. http://jurnaledukasia.org

Aedi, U., & Amaludin, A. (2022). Modernisasi Sistem Manajemen Pesantren Dengan SIAP(Sistem Informasi Administrasi Pesantren) Pada Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin. Journal of Islamic Management, 2(2), 96–106. https://doi.org/10.15642/jim.v2i2.830

Awaliyah, R. R., Kosim, A., & Waluyo, K. E. (2022). Pengelolaan Bimbingan Dan Konseling Di MTS Assuruur Islamic Boarding School. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5263–5271. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2977

Bafaqih, H., & Sa’adah, U. L. (2023). Pesantren Ramah Santri, Respons Mencegah Kekerasan Di Pesantren. Jurnal Leverage Engagement Empowerment of Community (Leecom), 4(2), 165–172. https://doi.org/10.37715/leecom.v4i2.3510

Baharun, H., Wibowo, A., & Hasanah, S. N. (2021). Kepemimpinan Perempuan Dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak. QUALITY, 9(1), 87. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10109

Bastomi, H. (2019). PENDIDIKAN PESANTREN DALAM PANDANGAN KH. MAâ€TMSHUM AHMAD LASEM. Insania Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 177–200. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.2826

Damanik, A. S., Situmorang, M. S., Nisa, K., Khotimah, N., & Nur, F. (2023). Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).

Darajah, N. I. (2021). Peran Manajemen Pendidikan Terhadap Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Jumlah Santri Baru Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Peron Limbangan Kendal. Ji, 1(2), 136–153. https://doi.org/10.62509/ji.v1i2.43

Eviningrum, S. (2023). Sosialisasi Pesantren Ramah Anak dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Satuan Pesantren Se-Kabupaten Madiun. Abdimas Indonesian Journal, 3(2), 13–18. https://doi.org/10.59525/aij.v3i2.316

Farhani. (2021). PENDIDIKAN ISLAM RAMAH ANAK (STUDI PERLINDUNGAN ANAK DAN PEMENUHAN HAK ANAK DI PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIEN). UINJakarta.

Fidiawati. (2024, November 14). Fenomena Pelaporan Guru Disebabkan Cara Pandang Profesi Pendidik. RRI.Co.Id . https://www.rri.co.id/daerah/1119534/fenomena-pelaporan-guru-disebabkan-cara-pandang-profesi-pendidik

Firdaus, A., Hadi, S., Ardhi, S., Azhari, S., Hadi, A., Mariana, S., & Amisah. (2023). Pelatihan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di Ponpes Al Buhori Praya Lombok Tengah. Kreasi Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 499–509. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.749

Hamzah, A. F., & Fajri, B. (2024). Pesantren Ramah Perempuan Dan Anak Di Indonesia: (Studi Pada Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur dan Boarding School Education Mu’allimat, Muhammadiyah, Yogyakarta). Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam , 5(2), 399–418. https://doi.org/10.58401/TAKWILUNA.V5I2.1828

Hasanah, U., Ahmad, U., Yogyakarta, D., Diponegoro, A. M., Mauli, B., & Bustam, R. (n.d.). PESANTREN RAMAH SANTRI PERSPEKTIF PSIKOLOGI HUMANISTIK (Studi Kasus di Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta) Wantini 2 Djamaludin Perawironegoro 4.

Hotifah, Y. (2019). Persepsi Santri Terhadap Eksistensi Penolong Sebaya Berbasis Kearifan Lokal Pesantren. Indonesian Psychological Research, 1(2), 24–35. https://doi.org/10.29080/ipr.v1i2.178

Inayati, I. N., Saputra, T., Hasanah, F., Fatmawati, N., Lutfiana, N., Maula, R., Wiyanta, U. A., Chotimah, Q., Ramadani, R., & Noura, N. (2025). Penguatan Pemahaman Dan Solidaritas Santri Dalam Mewujudkan Pesantren Ramah Anak Di Pp Assalam Jambewangi Blitar. 3(1), 1–10. https://doi.org/10.56997/abdiandaya.v3i1.2062

Kholifah, E. P., Setiawan, F., & Fitri, N. L. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 164–174. https://doi.org/10.46773/MUADDIB.V4I2.362

Kusumawati, I., & Nurfuadi, N. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern. Pendidik., 2(01), 1–7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293

Ma`arif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BERKARAKTER: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto. Tadris Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635

Maghfiroh, L. (2018). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH MELALUI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA. In Jurnal Studi Pendidikan Islam (Vol. 1, Issue 1).

Mahmudi, M., Abdulah, F. S. P., & Hayat. (2024). Implementasi Kebijakan Pondok Pesantren Ramah Anak: Tantangan dan Peluang di Era Modern. Jejaring Administrasi Publik, 16(2), 131–143. https://doi.org/10.20473/jap.v16i2.65651

Maslahah, W., & Lestari, Rr. H. S. (2022). Program Penguatan Psikologis Santri Dalam Kehidupan Sosial Di Pesantren Melalui Sosialisasi Santri Milenial Anti Bullying. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1459–1472. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1713

Nafisah, L., Aryani, A. A., Parmasari, D. H., & Rizqi, Y. N. K. (2025). Pelatihan Manajemen Pos Kesehatan Pesantren Pada Santri Husada Sebagai Upaya Peningkatan Layanan Kesehatan Di Pesantren. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 40–50. https://doi.org/10.24198/kumawula.v8i1.54530

Nashiruddin, A., & Yuliana, A. (2022). Implementasi Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini di RA Hidayah Tayu Kabupaten Pati. 1(2). https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1

Natsir, A., & Zulmuqim, Z. (2023). Evaluasi Program Pesantren Ramah Anak Model CIPP Di Provinsi Sumatera Barat. 1(1), 66. https://doi.org/10.30983/surau.v1i1.6375

Norman, E., Pahlawati, E., Satika, D., & Feviasari, H. (2024). Pelatihan Manajemen Pesantren Berbasis Asrama Untuk Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Dan Pembinaan Santri. Pandalungan, 2(1), 110–115.

https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i1.1927

Norman, E., Paramansyah, A., Pahlawati, E., & Mutaqim, I. (2024). Penguatan Sistem Manajemen Berbasis Teknologi Di Pesantren Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Pandalungan, 3(1), 176–182. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v3i1.1928

Nurlaela, N., A., Muh. M., & Arifin, S. (2023). STRATEGI MENGATASI KEKERASAN TERHADAP ANAK MELALUI PESANTREN RAMAH ANAK. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1257–1264. https://doi.org/10.55681/NUSRA.V4I4.1835

Oktavia, L. S., Nurhidayati, N., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Pendidikan: Kerangka, Proses Dan Strategi. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 95. https://doi.org/10.29210/3003909000

Rahmanudin, I., YAKIN, P. A., & UMAM, M. K. (2024). Implementation of Child-Friendly Pesantren in an Effort to Prevent Violence Against Students in Islamic Boarding Schools. Knowledge Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 4(3), 78–87. https://doi.org/10.51878/knowledge.v4i3.3427

Rifa’i, M. T. D. A., Zahra, F., Abdurrahman, A., & Saad, M. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berorientasi Pada Pembentukan Karakter. Trilogi Jurnal Ilmu Teknologi Kesehatan Dan Humaniora, 2(2), 126–136. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2708

Saini, M. (2020). Model Pengembangan Pesantren Ramah Anak Sebagai Upaya Deradikalisasi Keagamaan Sejak Dini. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 2, 73–91. http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin

Shodiqoh, S. (2023, November 9). Luncurkan Pesantren Ramah Anak, Waryono Ingin Pesantren jadi Lembaga Nyaman untuk Belajar - jatengdaily.com. https://jatengdaily.com/2023/luncurkan-pesantren-ramah-anak-waryono-ingin-pesantren-jadi-lembaga-nyaman-untuk-belajar/#google_vignette

Sholihah, M., & Noer Laela, F. (2021). PENGGUNAAN NEGATIVE REINFORCEMENT SEBAGAI MODEL POLA ASUH DALAM MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TPQ DAARUL QUR’AN WONOSARI. 11(1), 78–93.

Subur, S., Nugroho, I., & Nanang Qasim, M. (2019). Konsep SRA (Sekolah Ramah Anak) Dalam Membentuk Budaya Islami di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 128–136. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v10i2.3120

Sukaesih, R., Wasliman, L., & Dianawati, E. (2023). Implementasi Madrasah Ramah Anak dalam Membina Karakter Siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8–16.

Sutini, S., & Dinurriyah, I. S. (2025). Pendampingan Penerapan Disiplin Positif Dan Pemenuhan Hak Anak Dalam Mewujudkan Madrasah Dan Pesantren Ramah Anak. Jurnal Solma, 14(1), 724–735. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17709

Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/2097

Syarif, S., Suaeb, S., & Akhyar, A. (2023). Kebijakan Pengembangan Mutu Pendidikan Islam Dalam Perpektif Manajemen Dan Sumber Daya. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4419

Wahyudin, U. R., Permana, H., Nurlailasari, E., & Mustofa, T. (2021). Sosialisasi Model Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Di Pondok Pesantren Syekh Quro Kabupaten Karawang. Abdi Dosen Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 220. https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.865

Wasilah, N., Marno, M., Nur, M. A., Soleh, A., & Handayani, N. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10964–10971. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3582

Winarsih, S. (2019). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. International Conference of Moslem Society, 1, 124–135. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2409

Zarkasyi, H. F. (2015). Modern Pondok Pesantren: Maintaining Tradition in Modern System. Tsaqafah, 11(2), 223. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.267

Zibbat, M., & Hariri, A. (2024). Eksistensi Pendidikan Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Nasional Berdasarkan Undang-Undang Pesantren. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 11(1), 103–117. https://doi.org/10.31102/alulum.11.1.2024.103-117

Muttaqin, A. (2024, September 22). Puluhan Warga Geruduk Ponpes di Trenggalek Tuntut Penuntasan Kasus Asusila Detik.Com. https://www.detik.com/jatim/berita/d-7552373/puluhan-warga-geruduk-ponpes-di-trenggalek-tuntut-penuntasan-kasus-asusila

DEPUTI BIDANG PARTISIPASI MASYARAKAT. (2017). PETUNJUK TEKNIS PESANTREN RAMAH ANAK. KEMNTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA.

Iranda, A. (2024, December 12). Mencegah pelaporan guru, meningkatkan sinergi dengan orang tua siswa - ANTARA News. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/4525795/mencegah-pelaporan-guru-meningkatkan-sinergi-dengan-orang-tua-siswa

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENGASUHAN RAMAH ANAK DI PESANTREN, Pub. L. No. 1262, 1 (2024).

Lumbanrau, R. E. (2024, February 29). “Aku takut, mama tolong cepat jemput”, santri di Kediri tewas diduga dianiaya - Mengapa terulang lagi kekerasan di pesantren? Bbc News.Com. https://www.bbc.com/indonesia/articles/c0vjeq20d8po

Wulandari, T. (2024, December 27). 573 Kasus Kekerasan di Sekolah dan Pesantren di 2024, JPPI: Naik 100% dari 2023. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7705564/573-kasus-kekerasan-di-sekolah-dan-pesantren-di-2024-jppi-naik-100-dari-2023




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v10i1.31751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ibtidaiy Stats

Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesiap-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: +62 82341630271

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE