Tinjauan Pustaka Tentang Pemanfaatan Permainan Tradisional Congklak Sebagai Media Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah
Abstract
Penelitian ini adalah analisis literatur yang menggunakan metode Tinjauan Literatur Sistematis (TLS), dengan tujuan untuk mengkaji pemanfaatan permainan tradisional Congklak sebagai alat etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan aritmatika di kalangan siswa sekolah dasar. Sumber literatur yang diteliti diambil dari berbagai database terindeks, yaitu Google Scholar, Scopus, ERIC, ResearchGate, DOAJ, dan Garuda, dengan rentang waktu publikasi dari tahun 2018 sampai 2025. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan Congklak memiliki potensi yang besar sebagai media etnomatematika dalam pendidikan matematika, karena permainan ini menggabungkan berbagai konsep seperti aritmatika, geometri, serta cara berpikir logis dan strategis yang membantu pengembangan kemampuan aritmatika siswa. Selanjutnya, penelitian terdahulu menunjukkan bahwa penggunaan Congklak dapat meningkatkan semangat, keterlibatan aktif, dan kemampuan non-kognitif, seperti berpikir kritis, komunikasi, serta kerja sama. Media yang berbasis Congklak dan sudah divalidasi oleh ahli terbukti praktis serta efisien ketika digunakan di kelas, sehingga skema ini pantas dijadikan pilihan pembelajaran yang relevan, menyenangkan, dan bernilai budaya. Untuk studi di masa mendatang, disarankan agar melibatkan sampel yang lebih beragam, menerapkan desain eksperimental dengan kelompok kontrol, dan menggunakan instrumen penilaian yang mencakup aspek kognitif dan afektif. Di samping itu, penggabungan Congklak dengan teknologi digital serta pengembangannya dalam mata pelajaran lain seperti ilmu sosial, seni, budaya, dan pendidikan karakter berpotensi untuk memperluas kontribusi terhadap pendidikan modern.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 45–54.
Amalia, N., & Murtono, M. (2024). Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia 5 - 6 Tahun. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(2), 149–158. https://doi.org/10.25273/jems.v12i2.21868
Amanda Nurul Putri Rambe, Cindy Aulia Br Ginting, Indah Novita, Winata Syahputra Saragih, Elvi Mailani, & Nur Rarastika. (2024). Strategi Inovatif Pembelajaran FPB dan KPK dengan Menggunakan Media Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(1), 162–169. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i1.1490
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Kajian Etnomatematika Nilai-Nilai Karakter Serta Aspek Kognitif Melalui Permainan Congklak Pada Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional 100 Tahun Tamansiswa, 19–30.
Ardi Afriansyah, Dikdik Baehaqi Arif, & Kireida Rona Islam. (2024). Development of Civics Learning through COLAKTRA (Congklak Nusantara) Innovation as a Traditional Game-Based Learning Media. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.93
Azmi, N. (2024). Pola Pemikiran Matematika Tradisional dalam Tata cara “Meugoe” Masyarakat Aceh: Studi Etnomatematika. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–11.
Dilla AT, S. H., Ashari, N., Muliana, S., & Tadzkirah, T. (2024). Pengembangan Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 860–872. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.816
Habibi, M. I. (2025). Integrasi Budaya dalam Pembelajaran Matematika : Tinjauan Pustaka Sistematis tentang Pendekatan Etnomatematika. 6(2), 438–451.
Hariyadi, A., Rasyad, A., Rondhi S, W., Santoso N, D., & Najikhah, F. (2024). Enhancing Numeracy Skills in Elementary Students through the Traditional Congklak Game: A Study in Kudus. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(3), 3501–3514. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5613
Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253–260. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25623
Hidayat, M. A., Zahra, S., Rahmadati, R., Ferdiyansyah, A., & Aniswati. (2025). Identifikasi Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran JiGaMon Berbasis Monopoli pada Pembelajaran IPS Kelas 5 SDN Sungai Miai 5. Jurnal Cahaya Edukasia, 3(2), 92–97. https://doi.org/10.63863/jce.v3i2.79
Iffah, R. D. L., Subanti, S., Usodo, B., & Nurhasanah, F. (2025). Systematic literature review: Ethnomathematics research in Indonesia. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 10(1), 15–27. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v10i1.5621
Jannah, M., Suryandari, K., Nurjanah, S., Muhtadin, L., Maftuhah Hidayati, Y., & Desstya, A. (2023). Analisis Etnomatematik Dalam Permainan Congklak Sebagai Media Pembelajaran Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3818–3821. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8669
Jurinih, J., Suryana, Y., & Ganda, N. (2022). Penggunaan Media Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pembagian Bilangan Cacah di SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1056–1061. https://doi.org/10.22460/collase.v5i6.12267
Kamasyani, R., & Ain, S. Q. (2024). Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN 115 Pekanbaru. Journal of Citizen Research and Development, 1(2), 389–400. https://doi.org/10.57235/jcrd.v1i2.3439
Matulessy, A., Ismawati, I., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834
Musaropah, U., Ayu Zita Sari, N., Hermawan, T., Nasruddin, M., Yogyakarta Wonosari, S., & Cokroaminoto Yogyakarta, U. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Congklak Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bagi Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Intersections, 7(1), 2022.
Nataliya, P. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMTON, 03(02), 343–358. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3536/4069
Novia Anadia, Arini Emha Balqis, Umi Farihah, & Indah Wahyuni. (2025). Implementasi Permainan Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(4), 155–164. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i4.2214
Nuraisyah, Kurnia, R., Herman, Herlina, Bactiar, Y., & Hajerah. (2025). Innovative educational congklak media in prasiaga scout activities: stimulating critical thinking and social skills in early childhood. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 11(2), 53–64. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v11i2.84752
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Nurinayah, Firdaus, A. M., & Hadaming, H. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 3(2), 81–90.
Purwanti, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak (TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Jmece, 01(01), 45–54.
Qomariyah, I. (2021). Pengembangan Media Cogan (Congklak Bilangan) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi KPK dan FPB (R&D di Kelas IV MI Al-Khairiyah Lebak Kelapa Kota Cilegon) Development Of COGAN (Cogklak Number) to Improve Concepts Understanding on KPK Materials a. Jurnal Kependidikan Dasar, 8(2), 133–148.
Sahrunayanti, S., Dema, M., & Wahyuningsih, W. (2023). Pemanfaatan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 433–446. https://doi.org/10.54082/jupin.182
Sajida, F., Arjudin, A., & Fauzi, A. (2024). Pengembangan Media Congklak Matematika Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi KPK dan FPB Kelas V SDN 38 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2331–2338. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2788
Saleh, M. S., Syahruddin, Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin. (2023). Media Pembelajaran. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran
Saputra, H. (2024). Perkembangan Berpikir Matematis pada Anak Usia Sekolah Dasar. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 53–64.
Science, E. (2022). 焦念志 1 , 严 威 2 1. 47(2), 3922–3923.
Sihotang, N. (2022). Penerapan Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 60–67.
Siregar, A. R., Pakpahan, A. F. H., Siregar, E. B., Giawa, F., Siregar, J. M., Ramadhani, N., Matondang, N. H., Karo, N. H. B., Simarmata, P. S. B., & Hasibuan, R. P. (2024). Etnomatematika sebagai sarana penguatan budaya lokal melalui kurikulum merdeka belajar. Prosiding MAHASENDIKA III, 44–57. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/download/8841/6553/21316
Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2018). Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 119–128. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.107
Sopie Halimah, Aziza Fajriah, Vaniatul Lativa, Ema Lestari, & Friska Agustina Silaban. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Congklak di Kelurahan Srengseng Sawah. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(4), 108–119. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i4.161
Suryani, A., Pamuji, D. Y., Nugroho, Y., & Agwinanda, A. (2024). Development of Congklak Media on Wuxing Radical Material For Chinese Language Education Students at Semarang State University. Longda Xiaokan: Journal of Mandarin Learning and Teaching, 7(2), 48–60. https://doi.org/10.15294/longdaxiaokan.v7i2.9463
Tusolihah, N., Ali Misri, M., & Nursuprianah, I. (2022). Ethnomathematics Eksploration of The Traditional Game of Congklak. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 11(2), 203. https://doi.org/10.24235/eduma.v11i2.10300
Widiya Putri, F., & Dahlan, Z. (2023). Effectiveness of Using the Congklak Game in Improving the Numeracy Skills of Grade 1 Elementary School/MI Students. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 5347–5356. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7241
Wulandari, R., Hariastuti, R. M., & Listiwikono, E. (2024). Etnomatematika Permainan Tradisional Nusantara Dalam Kajian Literatur. Differential: Journal on Mathematics Education, 2(2), 126–140. https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.277
Yuliana, S. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v10i2.35634
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: +62 82341630271
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE


